Tentang Perjalanan …

Aku melimbang ke ngarai Awwab saat matahari membakar peluh anak-anak unta. Kulihat sutrah-mu masih menancap di atas tanah, di depan iftirasy-mu yang begitu sunyi … sedang rakaat-rakaatmu telah usai menggenapkan waktu duhamu …

 

Kau lantas berpaling dari sunyi tasyahudmu … mengorak sila ke arahku dan bersandar di dekat qirbah-mu. Aku pun bertanya tentang gigil yang menjalari sekujurmu, juga tentang isak tangis yang mendahului kata-katamu …

 

Aku memikirkan perjalanan yang jauh, katamu … sedang akhir kehidupan itu teramat samar dan tersembunyi. Aku tak tahu dengan kafan apa para malaikat akan menyelimuti ruhku saat mendaki langit. Namun, dia yang menuai ruh itu bernama Maut … begitulah yang termaktub dalam kedua wahyu yang suci … bukan Izra-il sebagaimana yang kau dengar dari lisan penduduk gunung dan lembah …

 

Renungkan keadaan tulang belakangmu jika Rabb semesta menyingkapkan betis-Nya sebelum jembatan itu terbentang … dan renungkan kekekalanmu saat kematian menjadi kambing yang disembelih di antara dua tempat yang kekal …

 

Ah, anganku meranggas saat kau menularkan gigil lewat udara yang menampung huruf-huruf suaramu. Aku melepuh oleh ucapan kematian yang kau hidangkan di atas abu dan pasir. Sungguh telah nyata terjatuhku di depan kedua matamu yang menangis … bahkan telah tersisih kecongkakan hati hingga ke batas takut …

 

Kau sungguh seperti langit yang tak pernah menggurui bumi …

 

 Bandung, 14 November 2010

–HENDRA WIBAWA IBN TATO WANGSA WIDJAJA—

48 comments on “Tentang Perjalanan …

  1. hwwibntato says:

    jaraway said: nah.. sutrah apa bang?

    sutrah itu penghalang/pembatas di depan orang yang shalat …bisa saja itu berupa dinding, tiang, atau tonggak kayu misalnya … he he he …

  2. jaraway says:

    hwwibntato said: sutrah itu penghalang/pembatas di depan orang yang shalat …bisa saja itu berupa dinding, tiang, atau tonggak kayu misalnya … he he he …

    oiyaaaa.. bener2 pelupa deh fajar…. hohoho..

  3. hwwibntato says:

    jaraway said: koq pak syam bilang ini sunnah yang banyak ditinggalkan?

    ya, shalat dengan bersutrah itu wajib hukumnya … -mayoritas ulama mengatakan sunah saja-misalnya: jika saya shalat rawatib ba’da atau qabla di masjid, maka saya harus mendekat ke dinding atau tiang. Boleh juga saya menyimpan sesuatu setinggi kurang-lebih satu hasta (misalnya tas) di depan saya sebagai sutrah …*banyak orang meninggalkan/mengabaikan sutrah ini. Mereka shalat di masjid tanpa menyimpan sutrah di depannya …

  4. jaraway says:

    hwwibntato said: ya, shalat dengan bersutrah itu wajib hukumnya … -mayoritas ulama mengatakan sunah saja-misalnya: jika saya shalat rawatib ba’da atau qabla di masjid, maka saya harus mendekat ke dinding atau tiang. Boleh juga saya menyimpan sesuatu setinggi kurang-lebih satu hasta (misalnya tas) di depan saya sebagai sutrah …*banyak orang meninggalkan/mengabaikan sutrah ini. Mereka shalat di masjid tanpa menyimpan sutrah di depannya …

    *manggut2.. ini juga salah satu alasan fajar punya temen baik yang namanya ransel.. hahaha..

  5. hwwibntato says:

    jaraway said: ini maksudnya gimana bang?

    ya, di akhirat nanti, Allah akan mendatangkan kematian dalam bentuk seekor kambing. Kambing itu diletakkan di antara surga dan neraka, lalu dikatakan kepada ahli surga dan ahli nereka, “Kalian tahu apakah ini?”mereka menjawab, “Iya, itu adalah kematian.”setelah itu kambing itu disembelih, lalu dikatakan, “Setelah hari ini tidak akan ada lagi kematian.”wallahu a’lamu …

  6. hwwibntato says:

    jaraway said: tentang menyingkap betisNya itu ada di surah apa bang? *lupaaaaaaa.. *dong dong dong

    itu di atas sudah saya sebutkan …surah al-Qalam: 42 …he he he …

  7. jaraway says:

    hwwibntato said: itu di atas sudah saya sebutkan …surah al-Qalam: 42 …he he he …

    astaghfirullaah..ih fajar ni ah..payah.. gini ni kalo ga diapaliin..

  8. hwwibntato says:

    jaraway said: kedua wahyu? apa aja bang?quran dan?kalau sunnah kan bukan wahyu to.. trus.. satu lagi apa dunk?

    kedua wahyu itu adalah al-quran dan sunnah …

  9. jaraway says:

    hwwibntato said: kedua wahyu itu adalah al-quran dan sunnah …

    sunnah juga wahyu?

  10. hwwibntato says:

    jaraway said: ih fajar ni ah..payah.. gini ni kalo ga diapaliin..

    ha ha ha …*ngikik gulung-gulung … he he he …

  11. hwwibntato says:

    jaraway said: *manggut2.. ini juga salah satu alasan fajar punya temen baik yang namanya ransel.. hahaha..

    nah, tinggi ransel itu sepertinya sudah mencukupi …setidaknya sudah setinggi sandaran pelana di belakang unta … he he he …

  12. hwwibntato says:

    jaraway said: sunnah juga wahyu?

    ya, tidaklah yang diucapkan oleh beliau itu kecuali wahyu ang diwahyukan …وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَى (3) إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْيٌ يُوحَى (4Dan Tidaklah yang diucapkannya itu (menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)” (QS An-Najm:3-4).menurut para salaf, sunnah juga termasuk wahyu … wallahu a’lamu …

  13. jaraway says:

    hwwibntato said: ya, tidaklah yang diucapkan oleh beliau itu kecuali wahyu ang diwahyukan …وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَى (3) إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْيٌ يُوحَى (4Dan Tidaklah yang diucapkannya itu (menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)” (QS An-Najm:3-4).menurut para salaf, sunnah juga termasuk wahyu … wallahu a’lamu …

    *manggut2.. baru ngeh sekarang.. aiiiiihh.. dong dong dong.. ga telitiq ternyata super paraaaaaahh..

  14. jaraway says:

    jangan bosen ditanyain ya bang.. =D*nyengiiir lebar..

  15. hwwibntato says:

    jaraway said: *manggut2..baru ngeh sekarang..aiiiiihh.. dong dong dong..ga telitiq ternyata super paraaaaaahh..

    tata cara shalat tak ada di dalam al-Quran …jika sunnah bukan wahyu, maka cara shalat -termasuk bacaan shalat- kita pun bukanlah berasal dari wahyu …maka, jelaslah bahwa sunnah itu wahyu …tak ada dajjal dalam al-Quran, namun kita meyakini bahwa dajjal itu akan datang di akhir zaman. Jika itu bukan wahyu, mana mungkin kita percaya …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s