Belajar …

Aku memastikan pensil-pensilku telah sempurna kuraut sebelum memasuki majelismu, berangin-angin sejenak di luar pintumu untuk mengeringkan peluh dari penat perjalananku. Tak ada yang memaksaku untuk berpayah-payah menempuh jalan dan menapaki undak-undakan batu yang berlumut itu, kecuali karena hak ilmu dan keutamaannya …

Ilmu itu didatangi, demikianlah menurut ucapan dan perbuatan para pendahulu kami … dan aku telah menuliskannya pada selembar kertas selain mengikatnya dalam ingatan …

Kau menandai lembar-lembar halaman yang kau perlukan dengan penanda kertas, lalu menyampaikan setiap bab dengan suara dan sikap tawadhu’. Seperti biasa, kau pun menyertakan senyum meski tak pernah menggubah tawa di majelismu … sementara kami hampir selalu tertunduk walau tak ada burung di atas kepala kami …

Katamu, kearifan itu tergantung pada kedekatan akal dengan ilmu … yakni kedekatan dengan dua perkara yang agung, kitabullah dan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka belajarlah! Karena satu generasi yang terlahir tidaklah membawa pengetahuan ketika keluar dari rahim ibu-ibu mereka …

 

وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالأبْصَارَ وَالأفْئِدَةَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ :٧٨

Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati agar kamu bersyukur. (QS. an-Nahl:78)

Lalu kau pun membacakan sabda yang agung dari manusia yang paling mulia shallallahu ‘alaihi wa sallam:

إِنَّمَا الْعِلْمُ بِالتَّعَلُّمِ وَالْحِلْمُ بِالتَّحَلُّمِ وَمَنْ يَتَحَرَّ الْخَيْرَ يُعْطه وَمَنْ يَتَوَقَّ الشَّرَ يُوقه

Sesungguhnya ilmu itu hanya diperoleh dengan belajar, dan kesabaran diperoleh dengan berlatih sabar. Barang siapa menapaki jalan kebaikan, dia akan diberi. Barang siapa yang menjaga diri dari kejahatan, dia akan dijauhkan dari kejahatan itu. (Silsilah Ash-Shahihah no. 342)

 

Di akhir pelajaran hari itu, kau memberi nasihat atas permintaanku. Bentangkanlah dadamu untuk ilmu dan hormatilah ahli ilmu, katamu … lalu rendahkan hatimu terhadap saudara-saudaramu dan jalinlah persahabatan, karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda …

 

اَلمُؤْمِنُ مَأْلَفَةٌ وَلاَ خَيْرَ فِيْمَنْ لاَ يَأْلَفُ وَلاَ يُؤْلَفُ

Orang mukmin itu tempat persahabatan. Tiada kebaikan sedikit pun pada diri orang yang tidak bersahabat dan tidak bisa dijadikan sahabat.” (Silsilah Ash-Shahihah no. 426)

 

Bandung, 27 Maret 2011

–HENDRA WIBAWA IBN TATO WANGSA WIDJAJA—

131 comments on “Belajar …

  1. vivfee says:

    *terdiam*dahsyaaaat kak hen,hehehe…

  2. hwwibntato says:

    vivfee said: *terdiam*dahsyaaaat kak hen,hehehe…

    wah, terima kasih, Vivi …*ikut terdiam setelah berterima kasih … he he he …

  3. nurfirman40 says:

    Blog pertama yang firman baca setelah sembuh dari sakit…..ngeri…..nasihat yang bagus Mas Hendra….benar sekali tiada yg tahu erti kesabaran kecuali orang yg sabar.

  4. hwwibntato says:

    nurfirman40 said: Blog pertama yang firman baca setelah sembuh dari sakit…..ngeri…..nasihat yang bagus Mas Hendra….benar sekali tiada yg tahu erti kesabaran kecuali orang yg sabar.

    saya senang sekali Firman kembali dan mampir di di sini …terima kasih, teman … semoga Allah menyembuhkanmu dengan kesembuhan yang tak menyisakan penyakit …

  5. aldicools90 says:

    Wah…jadi inget ma teguran dari pa2…

  6. hwwibntato says:

    aldicools90 said: Wah…jadi inget ma teguran dari pa2…

    ditegur papa karena malas belajar, ya … he he he …

  7. aldicools90 says:

    hwwibntato said: ditegur papa karena malas belajar, ya … he he he …

    Hehehe..Ya kk…Kok tau sih….Jd malu ne…heheheh

  8. hwwibntato says:

    aldicools90 said: Hehehe..Ya kk…Kok tau sih….Jd malu ne…heheheh

    he he he …

  9. nurfirman40 says:

    Firman kembali membaca…..rasanya belum puas membaca semalam sekilas….kali ini membaca dengan pelan pelan dan memahami erti yg tersurat…inshallah……selamat petang Mas Hendra…..salam dari ku Firman

  10. hwwibntato says:

    nurfirman40 said: Firman kembali membaca…..rasanya belum puas membaca semalam sekilas….kali ini membaca dengan pelan pelan dan memahami erti yg tersurat…inshallah……selamat petang Mas Hendra…..salam dari ku Firman

    terima kasih Firman mau membaca kembali tulisan ini …semoga tulisan ini bisa menjadi nasihat buat saya untuk selalu giat belajar …selamat siang, teman … dan salam juga kuucapkan buatmu …

  11. nurfirman40 says:

    Iya ya mas hendra sama sama……hari ini firman senang banget kerana hari ini hari jumaat…rasanya tenang sekali di hati ini……walaupun gak dapat bersama bersolat jumaat di masjid tapi hati firman mau aja ke sana bersama mereka yg sujud….di masjid…..

  12. hwwibntato says:

    nurfirman40 said: Iya ya mas hendra sama sama……hari ini firman senang banget kerana hari ini hari jumaat…rasanya tenang sekali di hati ini……walaupun gak dapat bersama bersolat jumaat di masjid tapi hati firman mau aja ke sana bersama mereka yg sujud….di masjid…..

    iya, ya … Firman mendapat keringanan untuk tidak melakukan shalat jum’at karena sakit …tak apa, asal hatimu tetap semangat … he he he …

  13. avicena1986 says:

    postingan Mas selalu membuat saya ‘berpikir’ dalam.*saya suka ini. sangat mudah dimengerti bahasanya. but…cukup menantang peng-amalannya ^____^v

  14. hwwibntato says:

    avicena1986 said: postingan Mas selalu membuat saya ‘berpikir’ dalam.

    berpikir kayak pertanyaanmu tentang qn cinta itu, ya? he he he …*berpikir dalam … he he he …

  15. hwwibntato says:

    avicena1986 said: *saya suka ini. sangat mudah dimengerti bahasanya. but…cukup menantang peng-amalannya ^____^v

    iya, benar … suka malas kalau mau belajar itu, ya … he he he …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s