Seandainya tak ada lafzhul jalalah pada beratus-ratus halaman tulisanmu, niscaya setiap helai kertasnya telah kujadikan bungkus makanan. Tak bisa tidak, harus kunyalakan api malam ini. Sekadar memperbuat apa yang dulu diperbuat oleh Ka’ab terhadap surat dari seorang raja -juga sebagaimana perbuatan ‘Amr putra al-‘Ash di Iskandariyah …

Seandainya tak ada lafzhul jalalah pada beratus-ratus halaman tulisanmu, niscaya setiap helai kertasnya telah kujadikan bungkus makanan. Tak bisa tidak, harus kunyalakan api malam ini. Sekadar memperbuat apa yang dulu diperbuat oleh Ka’ab terhadap surat dari seorang raja -juga sebagaimana perbuatan ‘Amr putra al-‘Ash di Iskandariyah …

Bandung, 27 Februari 2012

–Hendra Wibawa ibn Tato Wangsa Widjaja–

Advertisements

115 comments on “Seandainya tak ada lafzhul jalalah pada beratus-ratus halaman tulisanmu, niscaya setiap helai kertasnya telah kujadikan bungkus makanan. Tak bisa tidak, harus kunyalakan api malam ini. Sekadar memperbuat apa yang dulu diperbuat oleh Ka’ab terhadap surat dari seorang raja -juga sebagaimana perbuatan ‘Amr putra al-‘Ash di Iskandariyah …

  1. nikinput says:

    jaraway said: Ka’ab bin Malik radliyallahu anhu itu salah seorang sahabat yang tertinggal dari perang tabuk..

    oh ya… ya… jadi inget. Ka’ab rhadiyallahu anhu ini juga seorang sahabat yang teguh memegang prinsip bahwa kaum muslimin nggak boleh menumpuk harta meskipun sudah dizakati. jadi kalau punya harta harus segera diinfakkan, sampai sampai sewaktu meninggal kain kafannya tidak cukup untuk menutupi kakinya. cmiiw.

  2. lailatulqadr says:

    badaisuci said: ambil tunjangan pensiun ya..?

    Hehe… Koq tahu siy??? Pengalaman ya???

  3. jaraway says:

    nikinput said: oh ya… ya… jadi inget. Ka’ab rhadiyallahu anhu ini juga seorang sahabat yang teguh memegang prinsip bahwa kaum muslimin nggak boleh menumpuk harta meskipun sudah dizakati. jadi kalau punya harta harus segera diinfakkan, sampai sampai sewaktu meninggal kain kafannya tidak cukup untuk menutupi kakinya. cmiiw.

    he.. fajar malah ga tau tentang itu.. tentang kisah kematian ka’ab belum pernah baca/ denger dari ustadz.. hee.. *ntar coba cari lagi.. cuma yang fajar inget shahabat rasulullaah yang wafat kain kafannya tak cukup untuk menutupi tubuhnya (saking zuhudnya) ada 2 orang setauq..mush’ab bin umair dan Hamzah sang paman nabi radliyallaahuanhumaa

  4. jaraway said: Ka’ab bin Malik radliyallahu anhu itu salah seorang sahabat yang tertinggal dari perang tabuk..karena terlena “mempersiapkan perbekalan”hehehe.. dan akhirnya sepulang pasukan ke madinah semua yang tidak ikut memberi “apologi2″nya kepada rasulullaah shallallaahu ‘alayhi wassalam namun ka’ab ini tidak memberikan alasan apapunkarena dia jujur.. padahal dia seorang diplomat ulung, yang jago berdiplomasi.. kalopun mau mencari2 alasan bisa saja tapi dia menyadari kesalahannya dan hanya diam.akhirnya di’iqob rosulullaah untuk semua orang mendiamkannya..dan di sela2 didiamkan para sahabat2 dan rasulullaah itu ada “tawaran suaka” dari raja ghassan untuk bergabung ke sana. toh juga oleh umat muslim didiemin..tapi dia tetap teguh akan keimanan & ketaatan.. jadi dibakarlah surat raja itutrus .. akhirnya di hari ke 50ada ayat turun berupa ampunan Allaah kepadanya..dan dia sangat senang sampai memberikan satu2nya baju yang ia pakai kepada yang mengabarinya atas ayat yang turun itu.. hehehekisah kejujuran yang indah dan begitu menginspirasi..nah, amr bin ash itu.. salah satu sahabat juga diplomat & panglima perang ulung juga.. hehehejagoan lah kalo strategi perang.. seperti dijelaskan bang hendra bahwa amr bin ash ga membakar surat, tapi :’Amr bin ‘Ash membakar kitab-kitab perpustakaan Iskandariyah di perapian berdasarkan perintah ‘Umar bin al-Khaththab, yaitu kitab-kitab filsafat dan kitab-kitab lain-lain …*(sebagaimana dijelaskan di kitab Syaikh Masyhur Hasan Alu Salman -semoga Allah menjaganya- yang berjudul “Kutub Hadzara’ Mihhal ‘Ulama) … wallahu a’lamu …wah.. bang hend ayo bikin jurnal tentang ka’ab dan ‘amr bin ash.. seru tuh kisah2nya *halah.. ehehehelama ga bikin jurnal to.. hahaha

    MasyaAllah… Terima kasih atas penjelasannya Fajar :)***Benar2 harus mencari tempat duduk yang nyaman. Banyak sekali yang berilmu disini… ^__^***Lanjutkaaaan .

  5. jaraway says:

    yuniezalabella said: Terima kasih atas penjelasannya Fajar :)***Benar2 harus mencari tempat duduk yang nyaman.

    sama2 bu guru Yuni.. =)ikuuuut.. cari tempat duduk yang nyaman buat makan es krim goreng *loh *tetep.. =D

  6. jaraway says:

    hwwibntato said: ayo, segera bikin jurnal, Fajar … he he he …*menunggu jurnalmu …

    yeeee.. yang dimnta bikin tu bang hend.. malah *pentung

  7. jaraway says:

    hwwibntato said: jazakillah khairan …

    wa anta fajazaakallaahu khoyr

  8. jaraway says:

    hwwibntato said: kitab Syaikh Masyhur Hasan Alu Salman -semoga Allah menjaganya- yang berjudul “Kutub Hadzara’ Mihhal ‘Ulama

    baca dimana bang? *mupeng

  9. hwwibntato says:

    jaraway said: yeeee..yang dimnta bikin tu bang hend.. malah *pentung

    he he he …

  10. hwwibntato says:

    jaraway said: baca dimana bang? *mupeng

    dibacain teman di tempat ngaji … he he he …

  11. rhedina says:

    hwwibntato said: ha ha ha …ku areng oge teu nanaon, Teh Dewi … he he he …

    eh tapi leres nya Kang, upami ku areng langkung raos tah si Kambing iga teh :D*nyam..nyam..milarian anduk* ;))

  12. hwwibntato says:

    rhedina said: eh tapi leres nya Kang, upami ku areng langkung raos tah si Kambing iga teh :D*nyam..nyam..milarian anduk* ;))

    leres pisan … he he he …

  13. nurinautami says:

    jaraway said: maaf ya nuri ikut nimbrung.. hehehemenurut fajar di sini bang hendra bukan sedang berandai-andai..tapi sedang menyiratkan kegeraman tingkat benua -halah- terhadap beratus-ratus halaman tulisan itu (dua buku dalam satu malam itu) dengan bahasa tingkat tingginya.. ekekeke.. mungkin kalo ni qn diubah ke bahasa fajar gini nih”coba aja kagak ada lafzhul jalalah di buku ni..udah takbejek2, injek2.. deh ah.. “ahahaha..*kejem.. =))

    Hahaha… Terima kasih ya Mas fajar :DKemarin malem sich sempet mikir: kata pengandaiannya mungkin supaya lebih jelas saja qnnya 🙂

  14. jaraway says:

    nurinautami said: Mas fajar 😀

    nuri ga ngira saya laki2 kan? *mringiiis.. =D

  15. nurinautami says:

    jaraway said: seperti sebuah nasihat yang fajar pernah dapet”Buku itu seperti teman duduk yang berpengaruh pada jiwamu, maka pilihlah buku yang baik sebagaimana kau diperintahkan memilih teman yang baik”nah.. buku ini yang berharga hanya lafzhul jalalah yang ada di dalamnya..jadi karena itu untuk menghancukannya hanya boleh dengan cara dibakar..

    Wah Nasehat yang bagus, dapet dari riwayat mana? (cuma pengen tau, kalo ga ada gpp tetap nasehat yang bagus) Terima kasih ya penjelasannya , Jazakillah khoiron katsiron 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s