Semangat di Bumi Hijau …

Kutemukan secarik kertas yang terselip di antara deretan buku tua yang telah menguning. Tiada yang tertulis pada kertas itu selain nukilan semangat:

تَأخَرْتُ أسْتَبْقِي الحياةَ فلمْ أجِدْ *** لنفسِي حياة ًمِثلَ أنْ أتَقَدَمَا

Aku berlari ke belakang untuk mengekalkan kehidupan, namun tak kudapati kehidupan (hakiki) bagi jiwaku semisal jika kubergerak ke depan (hingga syahid melawan musuh-musuhku) …

 مَنْ لمَ ْيَمُتْ غَبْطَةً يَمُتْ هَرَمًا *** اَلْمَوْتُ كَأْسٌ وَالْمَرْءُ ذَائِقُهَا

Siapa tak mati dalam kegagahan, niscaya mati dalam kelemahan. Sungguh kematian itu ibarat air di gelas, dan setiap orang kan mereguknya …

Tak tertera tanggal pada kertas itu, dan aku menduga bait-bait itu dinukil oleh si pemilik kertas pada masa perjuangan –atau aku menduga si penukil itu pernah melewati masa-masa perjuangan di ardhul khadhra’, bumi pertiwi yang hijau ini … wallahu a’lamu …

 

Bandung, 14 Juni 2012

–HENDRA WIBAWA IBN TATO WANGSA WIDJAJA—

72 comments on “Semangat di Bumi Hijau …

  1. hwwibntato says:

    ha ha ha …di gambar itu ada lima jari …hayo tebak jari mana yang dipakai … he he he …

  2. blogxuchi says:

    hwwibntato said: ha ha ha …di gambar itu ada lima jari …hayo tebak jari mana yang dipakai … he he he …

    sepertinya ga bisa nebak klo cuma liat jarinya doang bang…. keknya mesti liat tkp nya jg sekalian

  3. cawah says:

    semangat juga bang hend…..*ngaterin bajigur warna hijau 😀 #apahubungannya XD

  4. cawah says:

    hwwibntato said: Siapa tak mati dalam kegagahan, niscaya mati dalam kelemahan. Sungguh kematian itu ibarat air di gelas, dan setiap orang kan mereguknya

    smoga ending qt nanti dlm keadaan yg kegagahan ya bang hend…

  5. cawah says:

    itu poto tangannya ampe berdarah-darah gitu

  6. hwwibntato says:

    wah, itu hanya siasatmu saja untuk bisa menguasai up*l yang bertebaran … ha ha ha …

  7. hwwibntato says:

    cawah said: semangat juga bang hend…..*ngaterin bajigur warna hijau 😀 #apahubungannya XD

    wah, kalau warnanya hijau sih bukan bajigur, Catur …itu namanya cingcau … he he he …

  8. hwwibntato says:

    cawah said: smoga ending qt nanti dlm keadaan yg kegagahan ya bang hend…

    semoga kita mendapat karunia akhir yang baik, Catur …aamiin …

  9. hwwibntato says:

    cawah said: itu poto tangannya ampe berdarah-darah gitu

    iya, diwarnai, dong … he he he …

  10. blogxuchi says:

    hwwibntato said: wah, itu hanya siasatmu saja untuk bisa menguasai up*l yang bertebaran … ha ha ha …

    hah? ngup*l bisa sampe bertebaran ya bang?? itu saking banyaknya atau saking hebohnya hadeh hadeh… penting banget deh neh komentar up*l di panjang2in maklum ya bang, lama ga nemu tempat ngup*l, peminatnya berkurang sih

  11. hwwibntato says:

    ha ha ha …*ngakak …kok si M0m0n tega-teganya ngomongin up*l … he he he …kan malu sama yang lain … wkwkwkwk …

  12. jampang says:

    perjuangan…. 🙂

  13. hwwibntato says:

    jampang said: perjuangan…. 🙂

    iya, perjuangan … he he he …

  14. saya copas catatannya bang Hend 😀

  15. hwwibntato says:

    srikandilangit said: saya copas catatannya bang Hend 😀

    iya, boleh …*tersenyum … he he he …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s