Sujudkah Mu’adz kepada Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam?

Sumber: http://www.sahab.net/home/?p=727

قال الإمام ابن ماجه رحمه الله في “سننه” (1853):

حدثنا أزهر بن مروان، حدثنا حماد بن زيد ، عن أيوب، عن القاسم الشيباني، عن عبد الله بن أبي أوف، قال : (لما قدم معاذ من الشام, سجد للنبي صلى الله عليه وسلم، قال: ما هذا يا معاذ ؟ قال: أتيت الشام, فوافقتهم يسجدون لأساقفتهم وبطارقتهم، فوددت في نفسي أن نفعل ذلك بك، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: فلا تفعلوا، فإني لو كنت آمرا أحدا أن يسجد لغير الله، لأمرت المرأة أن تسجد لزوجها، والذي نفس محمد بيده، لا تؤدي المرأة حق ربها حتى تؤدي حق زوجها، ولو سألها نفسها وهي على قتب لم تمنعه).

Imam Ibnu Majah –rahimahullah– berkata dalam kitab Sunan-nya (1853):

Telah mengabarkan kepada kami Azhar bin Marwan, telah mengabarkan kepada kami Hammad bin Zaid, dari Ayyub dari al-Qasim asy-Syaibani, dari ‘Abdullah bin Abu Aufa, dia berkata:

Tatkala Mu’adz tiba dari Syam, dia bersujud kepada Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam. Nabi pun bertanya, “Apa ini, wahai Mu’adz?” Mu’adz menjawab, “Aku datang ke Syam dan kudapati orang-orang di sana bersujud kepada Asaqifah (para uskup) dan Bathariqah (para panglima perang) sehingga hatiku berkeinginan agar kami pun melakukannya kepadamu.” Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– bersabda, “Jangan kalian lakukan hal itu! Sesungguhnya, seandainya aku boleh memerintahkan seseorang untuk bersujud kepada selain Allah, niscaya kuperintahkan perempuan untuk bersujud kepada suaminya. Demi (Allah) yang jiwa Muhammad –shallallahu ‘alaihi wa sallam- berada di tangan-Nya, tidaklah seorang istri (dianggap) telah menunaikan hak Rabb-nya sebelum dia menunaikan hak suaminya. Kalau pun suaminya itu meminta kepadanya dalam keadaan di atas hewan tunggangan, maka dia tak boleh menolaknya.”

 

قال الشيخ العلامة المحدث ربيع بن هادي حفظه الله تعالى:

حديث معاذ -رضي الله عنه- في سجوده للنبي صلى الله عليه وسلم ،لم يصح إسناده ولا يصحّ معناه.

Asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali –hafizhahullah ta’ala– berkata:

Hadits Mu’adz –radhiyallahu ‘anhu– tentang sujudnya kepada Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam– tidaklah shahih sanadnya, tidak shahih pula maknanya …   

 

1- أما من جهة معناه فإنه لم يثبت أنه ذهب إلى الشام في حياة النبي وإنما الثابت ذهابه إلى الشام في عهد عمر بن الخطاب -رضي الله عنه – ومات بالطاعون هناك ، وفي الحديث (حين رجوعه من اليمن) وهو لم يذهب إلى اليمن إلا في آخر حياة النبي صلى الله عليه وسلم ، ومات النبي صلى الله عليه وسلم وهو باليمن، حيث لم يعد إلا في خلافة أبي بكر -رضي الله عنه.

ثم هو من كبار الصحابة وفقهائهم الكبار بعيد جداً أن يكون بهذه الدرجة من الجهل.

ومن جهة المتن ففيه اختلاف سيأتي بيانه.

 

Pertama:

Adapun dari segi makna, sesungguhnya tidaklah benar bahwa Mu’adz bin Jabal pergi ke negeri Syam pada masa kehidupan Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam. Yang benar, Mu’adz bin Jabal pergi ke negeri Syam pada masa (kekhalifahan) ‘Umar bin al-Khaththab –radhiyallahu ‘anhu– dan wafat di sana ketika terjadi wabah penyakit tha’un. Sedangkan dalam hadits lain (dengan matan), “Tatkala Mu’adz kembali dari Yaman,” maka Mu’adz tidaklah (diutus) pergi ke Yaman kecuali di akhir masa kehidupan Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam– yang mana beliau –shallallahu ‘alaihi wa sallam– wafat ketika Mu’adz bin Jabal masih berada di Yaman. Mu’adz sendiri tidaklah kembali (ke Madinah) dari Yaman kecuali pada masa kekhalifahan Abu Bakr –radhiyallahu ‘anhu.

Mu’adz bin Jabal itu termasuk sebagai jajaran ulama dan fuqaha’ di kalangan shahabat, sungguh sangat jauh kedudukannya dari derajat kebodohan seperti itu. Sedangkan dari segi matan, maka di dalamnya terdapat perbedaan yang penjelasannya akan dikemukakan selanjutnya …

 

2- وأما من جهة الإسناد ففيه نكارة، ومداره على القاسم بن عوف الشيباني ضعّفه يحيى بن سعيد القطان وشعبة كما أشار إلى ذلك القطان وقال أبو حاتم:“مضطرب الحديث، ومحلّه عندي الصدق” ، وقال النسائي : “ضعيف”، وذكره ابن حبان في “الثقات”، وقال الذهبي في “الكاشف” : “مختلف في حاله”، وقال الحافظ: “صدوق يغرب”.

انظر ترجمته في “تهذيب التهذيب” (8/326-327) و“الكامل” لابن عدي(6/ 37) و“الميزان” للذهبي (3/376) و”الكاشف” للذهبي و”التقريب” للحافظ ابن حجر.

 

Kedua:

Adapun dari segi sanad, di dalamnya ada yang diingkari (ditolak) dan itu berporos pada al-Qasim bin Auf asy-Syaibani. Yahya bin Sa’id al-Qaththan dan Syu’bah telah melemahkannya sebagaimana hal itu telah diisyaratkan oleh al-Qaththan, dan Abu Hatim berkata, “Mudhtharib al-hadits, dan menurutku dia jujur,”  dan an-Nasa’i berkata, “Dha’if,” dan Ibnu Hiban menyebutkannya di dalam ats-Tsiqat. Adz-Dzahabi berkata dalam al-Kasyaf, “Diperselisihkan tentangnya,” sedangkan al-Hafizh berkata, “Jujur, suka meriwayatkan hadits gharib.”

Lihatlah biografinya di dalam Tahdzib at-Tahdzib (8/326-327), al-Kamil karya Ibnu Hadi (6/37), al-Mizan karya adz-Dzahabi (3/376), al-Kasyaf karya adz-Dzahabi, dan at-Taqrib karya al-Hafizh Ibnu Hajar …

  

وقد روى هذا الحديث أحمد (4/381) من طريق إسماعيل ابن عليَّة عن أيوب عن القاسم بن عوف الشيباني عن عبد الله بن أبي أوفى قال: قدم معاذ اليمن أو قال الشام، فرأى النصارى تسجد لبطارقتها وأساقفتها، فَرَوَّأ في نفسه أن رسول الله أحقّ أن يُعَظَّم، فلمّا قدم قال: يا رسول الله! رأيت النصارى تسجد لبطارقتها وأساقفتها فروّأتُ في نفسي أنك أحقّ أن تعظم فقال : (لو كنت آمراً أحداً أن يسجد لأحد لأمرت المرأة أن تسجد لزوجها)

 

Ahmad meriwayatkan hadits ini (4/381) dari jalan Ismail bin ‘Ulayyah dari Ayyub dari al-Qasim bin Auf asy-Syaibani, dari ‘Abdullah bin Abi Aufa, dia berkata:

Mu’adz tiba dari negeri Yaman –atau dia mengatakan negeri Syam, di sana dia melihat kaum Nasrani bersujud kepada Bathariqah (para panglima perang) dan Asaqifah (para uskup), lalu dia pun berbatin bahwa Rasulullah lebih berhak untuk diagungkan. Maka tatkala Mu’adz tiba (di Madinah), dia pun berkata, “Wahai Rasulullah, aku melihat kaum Nasrani bersujud kepada Bathariqah dan Asaqifah sehingga aku pun berbatin bahwa dirimu lebih berhak untuk diagungkan.” Maka Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– bersabda, “Seandainya aku boleh memerintahkan seseorang untuk bersujud kepada selain Allah, niscaya kuperintahkan perempuan untuk bersujud kepada suaminya.”

 

ورواه أحمد عن وكيع عن الأعمش عن أبي ظبيان عن معاذ بن جبل قال : يا رسول الله! رأيت رجالاً باليمن يسجد بعضهم لبعض أفلا نسجد لك قال : (لو كنت آمراً بشراً أن يسجد لبشر لأمرت المرأة أن تسجد لزوجها)

ورواه من طريق ابن نمير سمعت أبا ظبيان يحدث عن رجل من الأنصار عن معاذ بمعناه . المسند (4/277)

 

Ahmad (juga) meriwayatkannya dari Waki’ dari al-A’masy dari Abu Zhabyan, dari Mu’adz bin Jabal, dia berkata, “Wahai Rasulullah, aku melihat orang-orang Yaman saling bersujud satu sama lain. Apakah kami boleh bersujud kepadamu?” Maka Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– pun bersabda, “Seandainya aku boleh memerintahkan seseorang untuk bersujud kepada selain Allah, niscaya kuperintahkan perempuan untuk bersujud kepada suaminya.” Beliau juga meriwayatkan dari jalan Ibnu Numair yang mendengar hadits Abu Zhabyan dari seorang lelaki Anshar dari Mu’adz yang semakna dengan itu. (al-Musnad: 4/277)

فالحديث من طريق القاسم وأبي ظبيان ليس فيه أن معاذاً سجد للنبي وإنما فيه عرض السجود للرسول ثم ردّ الرسول ذلك.

 

Maka hadits dari jalan al-Qasim dan Abu Zhabyan tidaklah terdapat di dalamnya (kisah) bahwa Mu’adz bersujud kepada Nabi, melainkan hanya sekedar meminta pertimbangan untuk bersujud kepada Rasul yang kemudian hal itu ditolak oleh Rasul …

 

هذا مضمون هذا الحديث من هذين الوجهين، ومع ذلك فالحديث من طريق القاسم قد أعلّه أبو حاتم بالاضطراب، انظر “العلل” لابنه ( 2/253) وكذلك أعلّه الدار قطني في “علله” ( 6/37-38) .

 

Inilah kandungan hadits dari kedua riwayat tersebut, yang bersamaan dengan itu, maka hadits dari jalan al-Qasim ini telah diterangkan ‘illat (cacatnya) berupa idhthirab oleh Abu Hatim -lihat kitab al-‘Ilal karya Ibnu Abi Hatim. Demikian juga dengan ad-Daraquthni, beliau telah menjelaskan ‘illat al-Qasim dalam kitab ‘Ilal-nya (6/37-38) …

وأعلّ حديث أبي ظبيان بالاختلاف في إسناده ثم بالانقطاع؛ لأن أبا ظبيان لم يسمع من معاذ، انظر “العلل” (6/39-40).

 

Dan ad-Daraquthni juga menjelaskan tentang cacat hadits Abu Zhabyan berupa adanya perbedaan dalam sanadnya kemudian juga ‘inqitha’ (terputus sanadnya) karena Abu Zhabyan itu tidak mendengar hadits dari Mu’adz –lihat al-‘Ilal (6/39-40) …

 

وأما التصريح بأن معاذاً سجد للنبي صلى الله عليه وسلم ، فرواه ابن ماجة حديث (1853) وابن حبان في صحيحه حديث (4171) والبيهقي (7/292) من طرق عن حماد بن زيد عن القاسم الشيباني عن عبد الله بن أبي أوفى به، وفيه سجد معاذ للنبي الحديث فمدار هذه الطرق على القاسم الشيباني.

 

Adapun penjelasan bahwa Mu’adz bersujud kepada Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam– diriwayatkan oleh Ibnu Majah pada hadits (1853), Ibnu Hiban dalam kitab Shahih-nya pada hadits (4171), al-Baihaqi (7/292), dari jalan Hammad bin Zaid, dari al-Qasim asy-Syaibani, dari ‘Abdullah bin Abu Aufa, maka jalan sanadnya berporos pada al-Qasim asy-Syaibani …

وذكر الدار قطني في “علله” (6/37-39) له طرقاً أخرى منها ما سبق.

ومنها عنه عن زيد ابن أرقم عن معاذ.

ومنها عنه عن عبد الرحمن ابن أبي ليلى عن أبيه عن معاذ.

ومنها عن عبد الرحمن بن أبي ليلى عن أبيه عن صهيب عن معاذ.

ثم قال : والاضطراب فيه من القاسم بن عوف.

 

Dan ad-Daraquthni telah menyebutkan dalam kitab ‘Ilal-nya (6/37-39) jalan lain dari al-Qasim, di antaranya dari al-Qasim dari Zaid bin Arqam dari Mu’adz. Juga dari al-Qasim dari ‘Abdurrahman bin Abi Laila dari ayahnya dari Mu’adz. Juga dari al-Qasim dari ‘Abdurrahman bin Abi Laila dari ayahnya dari Shuhaib dari Mu’adz. Kemudian ad-Daraquthni mengatakan, “Idhthirab di dalamnya dari al-Qasim bin Auf.”

فهذا حال هذا الحديث المنسوب إلى معاذ فيه عدة علل:

1-الأولى : ضعف القاسم بن عوف الشيباني.

2-الثانية : اضطرابه في الأسانيد.

3-الاختلاف في المتن.

4-الانقطاع في إسناد أبي ظبيان بينه وبين معاذ.

5-الاختلاف عليه، ونحن نستبعد وقوع مثل هذا من هذا الصحابي الفقيه الجليل معاذ ابن جبل -رضي الله عنه.

Maka keadaan hadits yang disandarkan kepada Mu’adz ini memiliki sejumlah cacat, yaitu:

Pertama: kelemahan perawi al-Qasim bin Auf asy-Syaibani …

Kedua: Idhthirab-nya (keguncangannya) dalam sanad …

Ketiga: Perbedaan dalam matan …

Keempat: Keterputusan sanad antara Abu Zhabyan dan Mu’adz (Abu Zhabyan tidaklah mendengar dari Mu’adz –pent) …

Kelima: perselisihan tentangnya; dan kami menganggap mustahil perbuatan seperti itu dilakukan oleh shahabat mulia nan faqih, Mu’adz bin Jabal –radhiyallahu ‘anhu

 

وما كان كذلك لا يبنى عليه حكم شرعي فضلاً عن عقيدة.

أما حديث (لو كنت آمراً أحداً أن يسجد لأحد الخ) فهو حديث ثابت إن شاء الله بمجموع طرقه عن أبي هريرة وأنس وعائشة . راجع “الإرواء” للعلامة الألباني (7/54-55).

 

Jika demikian perihalnya (hadits tentang sujud Mu’adz), maka tidaklah dibangun hukum syariat berdasarkan hadits ini, terutama tentang masalah akidah …

Adapun redaksi hadits, “Seandainya aku boleh memerintahkan seseorang untuk bersujud kepada selain Allah, niscaya kuperintahkan perempuan untuk bersujud kepada suaminya. Demi (Allah) yang jiwa Muhammad –shallallahu ‘alaihi wa sallam- berada di tangan-Nya, tidaklah seorang istri (dianggap) telah menunaikan hak Rabb-nya sebelum dia menunaikan hak suaminya. Kalau pun suaminya itu meminta kepadanya dalam keadaan di atas hewan tunggangan, maka dia tak boleh menolaknya,” maka redaksi hadits ini tsabit, insya Allah, dengan keseluruhan jalannya dari Abu Hurairah, Anas bin Malik, dan juga Aisyah –silakan merujuk kitab al-Irwa’ karya al-‘Allamah al-Albani (7/54-55) …

 

—————————————-

*Tambahan: menurut sebagian ulama, hadits tentang sujud Mu’adz bin Jabal kepada Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– ini berderajat hasan berdasarkan jalan-jalan riwayat yang banyak; disertai pula dengan perbedaan pendapat mengenai jenis (sifat) sujud Mu’adz bin Jabal kepada Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam, apakah merupakan sujud ibadah ataukah sujud tahiyyah (penghormatan) … –pent … wallahu a’lamu

 

Bandung, 22 Oktober 2012

-HENDRA WIBAWA IBN TATO WANGSA WIDJAJA–

Advertisements

51 comments on “Sujudkah Mu’adz kepada Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam?

  1. Novi Kurnia says:

    Panjaaanggg… untung bacanya via email. hehehe

  2. Novi Kurnia says:

    Jadi ada yang nambahi perilaku sujud sahabat muadz bin jabal rhadiyallahu anhu, ya.

  3. Novi Kurnia says:

    Tentang di atas hewan tunggangan itu shahih, ya. Beratnya jadi istri. Alhamdulillahirabbil alamien.

    • tipongtuktuk says:

      iya, begitulah …
      laki-laki dan perempuan memikul tanggung jawab dalam syariat yang mulia ini …

      • Novi Kurnia says:

        jadi manusia memang berat

      • tipongtuktuk says:

        takut sekali kalau memikirkan pertanggungjawaban kita kelak …
        -menunduk …

      • Novi Kurnia says:

        *garuk garuk dahi

      • tipongtuktuk says:

        *manggut-manggut … he he he …

      • Togop says:

        Adakah kira kira sebagai timbal baliknya,apa saja kewajiban seorang lelaki terhadap isteri/keluarganya. Lelaki macam apa yang harus dipatuhi ( sampai diandaikan harus disujudi segala dan….urusan diatas hewan tunggangan itu ) isterinya, karena diluar sana tak berbilang banyaknya lelaki gak jelas yang sedikit2 menuntut hal itu ( keharusan perempuan ta’at pada lelaki ) sementara mereka sendiri hanyalah pecundang.
        Sedikit sekali yang membahas sebaliknya dari konsep yang terkenal itu “ARRIJALU QOWWAMUUNA ALANNISA’ ” . terima kasih…moblajar.com

      • tipongtuktuk says:

        iya, laki-laki harus baik kepada istrinya … wajib bertanggung jawab sesuai syariat …
        kalau tidak begitu, laki-laki seperti itu harus dinasihati … -saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran …

        iya, sama … saya moblajar.com juga … he he he …

  4. jadi ini hadis lengkapnya dari potongan yang ini :

    Sesungguhnya, seandainya aku boleh memerintahkan seseorang untuk bersujud kepada selain Allah, niscaya kuperintahkan perempuan untuk bersujud kepada suaminya.

    terimakasih share-nya ya Mas Hen

    • tipongtuktuk says:

      potongan (redaksi) hadits yang di-quote sama Bunda itu shahih, Bunda … karena ada riwayat yang menyebutkan redaksi itu dari Aisyah, Abu Hurairah, dan Anas bin Malik -radhiyallahu ‘anhum- tanpa menyebutkan cerita sujud …

      adapun yang tidak shahih alias lemah, yaitu kisah tentang sujudnya Mu’adz bin Jabal kepada nabi …

      begitu kurang lebih, Bunda …

  5. n0bita says:

    Nerjemahin panjang segini brp jam bang? Bkin hilang selera makan -.-“

  6. matahari_terbit says:

    owh.. imam ibnu majah tu tulisan ‘arabnya gitu yah.. baru ngeh *manggut2

  7. matahari_terbit says:

    العلامة المحدث
    itu artinya paan bang?

  8. matahari_terbit says:

    “Seandainya aku boleh memerintahkan seseorang untuk bersujud kepada selain Allah, niscaya kuperintahkan perempuan untuk bersujud kepada suaminya. Demi (Allah) yang jiwa Muhammad –shallallahu ‘alaihi wa sallam- berada di tangan-Nya, tidaklah seorang istri (dianggap) telah menunaikan hak Rabb-nya sebelum dia menunaikan hak suaminya. Kalau pun suaminya itu meminta kepadanya dalam keadaan di atas hewan tunggangan, maka dia tak boleh menolaknya,”

    redaksi hadits ini, Rasulullaah berkata ke siapa bang? Muadz kah? atau ke shahabat yang lain?

    • tipongtuktuk says:

      redaksi tersebut ada dalam hadits dari Anas, Abu Hurairah, dan juga ‘Aisyah …
      tak ada kisah tentang sujud di dalamnya, tetapi langsung ucapan nabi tersebut … wallahu a’lamu …

      حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ حَدَّثَنَا النَّضْرُ بْنُ شُمَيْلٍ أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَوْ كُنْتُ آمِرًا أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ لِأَحَدٍ لَأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا

      Telah menceritakan kepada kami Mahmud bin Ghailan, telah menceritakan kepada kami an-Nadlr bin Syumail telah menghabarkan kepada kami Muhammad bin ‘Amr dari Abu Salamah dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Jikalau saya boleh memerintahkan seseorang untuk bersujud kepada orang lain, niscaya aku perintahkan seorang istri bersujud kepada suaminya.” (HR. Tirmidzi)

      Dan yang ini (di bawah) dari ‘Aisyah):

      حَدَّثَنَا عَفَّانُ ، قَالَ : نَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ ، قَالَ : أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ زَيْدٍ ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ ، عَنْ عَائِشَةَ ، قَالَتْ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” لَوْ كُنْتُ آمِرًا أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ لِأَحَدٍ ؛ لَأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا ، وَلَوْ أَنَّ رَجُلًا أَمَرَ امْرَأَتَهُ أَنْ تَنْتَقِلَ مِنْ جَبَلٍ أَحْمَرَ إلَى جَبَلٍ أَسْوَدَ ، أَوْ مِنْ جَبَلٍ أَسْوَدَ إلَى جَبَلٍ أَحْمَرَ كَانَ نَوْلُهَا أَنْ تَفْعَلَ

  9. matahari_terbit says:

    “berderajat hasan berdasarkan jalan-jalan riwayat yang banyak”

    itu istilahnya hasan lii ghairihi bukan bang? *koq lupa lagiii fajar ni ah.. payah

  10. matahari_terbit says:

    naaah.. jadi malah pengen tanya tentang ini..

    ayat si surah al-baqarah 43

    وَأَقِيمُواْ الصَّلاَةَ وَآتُواْ الزَّكَاةَ وَارْكَعُواْ مَعَ الرَّاكِعِينَ

    “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’ ”

    bagian akhirnya itu bang.. ruku’lah beserta orang2 yang ruku’
    itu kenapa disebutkan setelah shalat dan zakat?
    dan tidak ‘termasuk’ dalam dirikan shalat

    apa ‘istimewanya’ ruku’ di ayat ini sehingga ‘disebutkan tersendiri?

  11. matahari_terbit says:

    maksud fajar yang hadits dari abu hurairah & ‘aisyah itu Bang..
    justru ga kesebut nama mu’adz di situ.. hehe

  12. matahari_terbit says:

    “kalau Fajar menemukan penjabarannya, nanti kasih tahu saya, ya …”

    insyaAllaah =D

    • tipongtuktuk says:

      semangat … he he he …

    • tipongtuktuk says:

      وَأَقِيمُواْ الصَّلاَةَ وَآتُواْ الزَّكَاةَ وَارْكَعُواْ مَعَ الرَّاكِعِينَ

      “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang ruku.” (QS. al-Baqarah: 43)

      Penyebutan kalimat “rukuklah beserta orang-orang yang ruku” itu memberikan faidah tersendiri, yaitu tentang bimbingan terhadap kaum muslimin agar mereka shalat secara berjamaah setelah menyebutkan tentang kewajiban shalat dan zakat. Penyebutannya dengan lafaz ‘rukuk’ karena rukuk merupakan salah satu di antara rukun-rukun shalat, akan tetapi maksudnya adalah shalat itu sendiri, dan barangkali –wallahu a’lamu- penyebutan ini merupakan bab إطلاق الجزء وإرادة الكلّ (menyebutkan sebagian daripadanya namun maksudnya adalah keseluruhannya, yakni menyebutkan rukuk namun maksudnya adalah shalat) …

      قال البغوي: (واركعوا مع الراكعين) أي صلوا مع المصلين محمد صلى الله عليه وسلم وأصحابه وذكر بلفظ الركوع لأنه ركن من أركان الصلاة (تفسير البغوي)

      Al-Baghawi berkata: (Firman Allah, “Dan rukukah beserta orang-orang yang ruku.”), yaitu shalatlah bersama orang-orang yang shalat, (yakni bersama) Muhammad –shallallahu ‘alaihi wa sallam- dan para shahabatnya, dan disebutkan dengan lafazh ‘rukuk’ karena rukuk itu merupakan salah satu rukun dari rukun-rukun shalat … (tafsir al-Baghawi).

      قال ابن كثير: (واركعوا مع الراكعين) أمرهم أن يركعوا مع الراكعين من أمة محمد صلى الله عليه وسلم … وقد استدل كثير من العلماء بهذه الآية على وجوب الجماعة (تفسير ابن كثير)

      Ibnu Katsir berkata: (Firman Allah, “Dan rukukah beserta orang-orang yang ruku.”), yakni memerintahkan mereka untuk rukuk bersama orang-orang yang rukuk dari umat Muhammad –shallallahu ‘alaihi wa sallam … dan sungguh banyak dari kalangan ulama yang berdalil dengan ayat ini atas wajibnya shalat berjamaah (Tafsir Ibnu Katsir).

      قال الإمام الشوكاني: وقوله مع الراكعين فيه الإرشاد إلى شهود الجماعة والخروج إلى المساجد. (فتح القدير)

      Imam asy-Syaukani berkata, “Dan firman Allah (beserta orang-orang yang ruku), di dalamnya terdapat bimbingan untuk menghadiri shalat secara berjamaah dan pergi menuju masjid. (Fath al-Qadir)

      Dari ayat di atas (rukuklah bersama orang yang rukuk), para ulama menyimpulkan tentang adanya perintah untuk shalat berjamaah. Sebagian di antara mereka menyatakan bahwa shalat berjamaah itu sunnah muakad, sedangkan sebagian lainnya menyatakan bahwa shalat berjamaah itu wajib … -dan pendapat yang benar adalah yang menyatakan wajibnya shalat berjamaah … wallahu a’lamu …

  13. matahari_terbit says:

    wahaha.. puas deh ngacak2 lapaknya bang hend.. setelah berhasil ‘bangkit dari kuburan’
    haghaghag..

    bentar lagi ngilang lagi.. wekekek =))

    makasii ya bang hend.. =)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s