Jika Kau Kembali ke Negerimu …

jika kau kembali

Ini nasihat yang indah dari Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali –hafizhahullah– kepada para penuntut ilmu, nasihat yang beliau sisipkan di antara kalimat-kalimat jawaban beliau mengenai salah satu permasalahan fikih -yang para ulama berbeda pendapat dalam hal tersebut dari sejak dulu hingga sekarang …

 

**
*

 

Syaikh Rabi’ bin Hadi bin Muhammad ‘Umair al-Madkhali –hafizhahullah

Dari sini: http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=95242

 

 

هل تصححون حديث ابن عمر في رفع اليدين في صلاة الجنازة مرفوعا؟

 

Syaikh Rabi’ bin Hadi –hafizhahullah– ditanya:

Apakah kalian menshahihkan kemarfu’an hadits Ibn ‘Umar mengenai mengangkat kedua tangan dalam shalat jenazah?

 

الشيخ: إن شاء الله، هذا علله الدارقطني وتابعه الحافظ ابن حجر وحسنه الشيخ ابن باز وأجرينا عليه دراسة ووجدنا أنّه في درجة الحسن أو يصل إلى درجة الصحة، لأنّ الذي رفعه وهو عمر بن شبّة. قال الدار قطني: خالفه غيره،  ودرسنا هذه المخالفة فلم نجدلها تأثيراً على رواية عمر ابن شبّة.

 

Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali menjawab:

Insya Allah, ad-Daruquthni menjelaskan alasannya (yakni: alasan tentang kemauqufannyapent) dan al-Hafizh Ibn Hajar mengikutinya (yakni: menganggapnya mauquf juga di kitab at-Talkhis al-Khabirpent). Syaikh Ibn Baz menganggapnya hasan. Kami juga telah meneliti hadits tersebut dan mendapati bahwa hadits tersebut berderajat hasan atau sampai kepada derajat shahih karena perawi yang memarfu’kannya adalah ‘Umar bin Syaibah. Imam ad-Daruquthni berkata, “Para perawi lain menyelisihi ‘Umar bin Syaibah.”

Kami telah meneliti penyelisihan ini namun kami tak menemukan pengaruh (dari penyelisihan itu) terhadap riwayat ‘Umar bin Syaibah, (dengan alasan):

 

أولا: لم يسمّ الدار قطني هؤلاء المخالفين.

ثانيا: هو -يعني ابن شبّة- ثقة أو صدوق، الظاهر أنّه ثقة. فالحديث ثابت -إن شاء الله- وقد عضده آثار، منها أثر عبد الله بن عمر وعمر ابن عبد العزيز وبعض السلف وهذا مما يتقوى به الحديث سواءً كان مرسلا أو فيه شيء من الضعف فكيف إذا كان ثابتا.

 

Pertama: Imam ad-Daruquthni tidak menyebutkan para perawi yang menyelisihi riwayat ‘Umar bin Syaibah.

Kedua: ‘Umar bin Syaibah itu perawi yang tsiqah atau shaduq, yang tampak dia adalah tsiqah. Dengan demikian, hadits tersebut tsabit, insya Allah, dan dibantu pula oleh beberapa atsar, di antaranya adalah atsar ‘Abdullah bin ‘Umar, atsar ‘Umar bin ‘Abd al-‘Aziz, dan atsar beberapa salaf lainnya, dan ini termasuk hal yang bisa memperkuat hadits, baik karena mursal maupun karena di dalamnya terdapat kelemahan, apalagi kalau hadits (yang diperkuat) itu tsabit.

 

الشيخ الألباني شيخنا -رحمه الله، لكن منهج السلف أنّ الحق أكبر من الشخص كائنا من كان، هذا الألباني حبيبنا و شيخنا وله جهود عظيمة، ولكن إذا أخطأ نرد خطأ ولا نقبله، و نرده بأدب واحترام.

 

Syaikh al-Albani adalah guru kami, semoga Allah merahmati beliau. Akan tetapi (menurut) manhaj salaf, kebenaran itu lebih besar daripada tokoh, siapa pun orangnya. Al-Albani adalah orang yang kami cintai, guru kami yang memiliki kesungguhan yang besar (dalam penelitian ilmiah), namun apabila beliau salah, kami pun membantah kesalahannya dan tidak menerimanya, dan kami membantahnya dengan adab dan penghormatan yang baik.

 

الحديث علله الدارقطنبي بالوقف، تعارض الوقف والرفع هنا ماذا تفعل إذا تعارض الرفع و الوقف؟ ننظر إلى الأدلة فنرجح ما ترجحه الأدلة. هنا تعارض الوقف والرفع فوجدنا أن الرفع أرجح من الوقف ّوعضّده آثار، عن عبد الله بن عمر -رضي الله عنهما- نفسه كان يرفع يديه إذا صلى على الجنازة، ووجدنا الأحاديث التي تعلّق بها الشيخ الألباني ضعيفة جدا وهي مذكورة في السنن للدارقطني -رحمه الله- منها: حديث أبي هريرة فيه ضعف شديد وحديث عبد الله بن عباس فيه ضعف شديد أيضاً وهي لا تقاوم حديث ابن عمر -رضي الله عنه- وما سانده من الآثار.

 

Hadits Ibn ‘Umar itu dijelaskan ‘illah-nya oleh ad-Daruquthni sebagai hadits mauquf. Di sana terdapat pertentangan antara riwayat yang mauquf dengan riwayat yang marfu’. Apa yang akan kauperbuat jika terdapat pertentangan di antara yang mauquf dengan yang marfu’? Kita memeriksa dalil-dalinya dan memilih dalil yang lebih unggul. Dalam hal ini terdapat pertentangan di antara riwayat yang mauquf dengan riwayat yang marfu’, lalu kami dapati bahwa riwayat yang marfu’ lebih unggul dari riwayat yang mauquf, dan itu diperkuat pula oleh beberapa atsar, (di antaranya atsar) dari ‘Abdullah bin ‘Umar sendiri –radhiyallahu ‘anhuma, beliau mengangkat kedua tangannya apabila shalat jenazah. Malahan kami mendapati hadits-hadits yang dijadikan pegangan oleh Syaikh al-Albani –rahimahullah– (sebagai penunjang bagi pendapatnya) merupakan hadits-hadits yang sangat lemah, dan semua itu disebutkan di kitab as-Sunan karya ad-Daruquthni –rahimahullah, di antaranya adalah hadits Abu Hurairah yang dha’f syadid (sangat lemah), juga hadits ‘Abdullah bin ‘Abbas yang juga dha’f syadid. Semua itu tidak bisa menandingi hadits Ibn ‘Umar –radhiyallahu ‘anhu– beserta atsar-atsar yang menguatkannya.

 

وأنا كنت قديماً آخذا بمذهب الشيخ الألباني- رحمه الله- ثمّ درست الحديث فغيرت رأيي، فصلّى ليلة إلى جانبي -رحمه الله- في المسجد النبوي خارج المسجد، صلينا على جنازة فكان لا يرفع وأنا أرفع و أنا بجنبه فقلت له: شيخنا كنت على رأيك ثم خالفتك فيه، قال: طيّب، فأعطيته بعض حججي وأدلتي فتقبلها بأدبه واحترامه -رحمه الله- وبعد ذلك أشار إليّ في كتابه الجنائز فقال: ورأى بعض الأفاضل كذا وكذا , هذا إشارة إلى تنبيهي أنا.

 

Aku sendiri dulu berpendapat dengan pendapat Syaikh al-Albani –rahimahullah, namun kemudian aku berubah pendirian setelah menelaah hadits (dalam masalah ini). Pada suatu malam, Syaikh al-Albani –rahimahullah– pernah shalat di sampingku. (Waktu itu) kami shalat jenazah di bagian luar masjid Nabawi. Beliau tidak mengangkat tangan (selain takbirah al-ihram sajapent) sedangkan aku mengangkat tangan (pada semua takbir –pent), dan aku berdiri di samping beliau. (Seusai shalat), aku berkata kepada beliau, “Guru, dulu aku berpegang dengan pendapatmu kemudian (sekarang) aku berlainan pendapat denganmu dalam masalah ini.”

Syaikh al-Albani menjawab, “Baik.”

Aku lantas mengemukakan sebagian argumentasi dan dalil-dalilku kepada beliau, dan beliau menerimanya dengan adab dan penghormatannya yang baik, semoga Allah merahmatinya. Setelah itu, beliau mengisyaratkan kepadaku (akan ucapan beliau) yang terdapat di kitabnya al-Jana-iz, beliau berkata, “Sebagian ulama berpendapat begini dan begitu,” dan (ucapannya ini) merupakan isyarat kepada argumentasi yang kukemukakan.

 

ثم رأيت الشيخ محمد عبد الوهاب الوصابي -حفظه الله- لا يرفع فناقشته فصمّم على رأيه فجئنا هنا إلى المكتبة ودرسنا الحديث، حتّى وصل هو نفسه إلى الحكم بالصحة لحديث عمر بن شيبة.

 

Kemudian (pada waktu yang lain), aku melihat Syaikh Muhammad ‘Abd al-Wahhab al-Washabi –hafizhahullah– tidak mengangkat tangan (pada saat shalat jenazah –pent). Aku pun berdiskusi dengannya namun dia berteguh hati dengan pendapatnya. Kami pun mendatangi perpustakaan untuk mempelajari hadits (mengenai masalah ini) hingga akhirnya dirinya (Syaikh Muhammad ‘Abd al-Wahhab al-Washabi) sampai pada keputusan tentang keshahihan hadits ‘Umar bin Syaibah (yakni: perawi yang riwayatnya memarfu’kan hadits Ibn ‘Umar –pent).

 

أهل الحديث يدورون مع الحقّ -إن شاء الله- مع المحبة والاحترام لبعضهم بعض، والخلافات بينهم ليست خصومة إذا كان معهم على العقيدة والمنهج ثمّ أخطأ فلا يخرج عن دائرة الأجر، المجتهد إن أصاب فله أجران وإن أخطأ فله أجر واحد، ولهذا نرى أهل حديث من فجر التاريخ يختلفون في مثل هذه المسائل وينتقدون المقالات والأشخاص لكن بأدب واحترام بدون سب، بدون تحقير بدون شتم لأنّ قصدهم النّصيحة وبيان الحق.

 

Ahli hadits itu berjalan bersama kebenaran, insya Allah, dengan menyertakan kecintaan dan penghormatan terhadap sesama mereka. Perselisihan pendapat di antara mereka bukanlah permusuhan. Jika ada yang keliru di antara mereka, sementara mereka berada di atas akidah dan manhaj yang satu, maka tidaklah kekeliruan itu mengeluarkannya dari lingkaran pahala. Seorang mujtahid, apabila benar mendapatkan dua pahala, namun jika keliru, dia mendapatkan satu pahala. Oleh karena itu, kita melihat para ahli hadits -dari semenjak terbit fajar sejarah- berselisih pendapat dalam masalah-masalah semisal ini. Mereka mengkritik makalah-makalah dan individu-individu, namun tentu saja dengan adab dan penghormatan yang baik tanpa menghina, memandang rendah, dan mencaci maki karena tujuan mereka adalah nasihat dan menjelaskan kebenaran.

 

وأخيراً: نوصيكم بتقوى الله، وطلب العلم الجاد بتوسع وصبر وجلد، ثم العمل بما تعلمونه وتطبيق ذلك في حياتكم ونشر ذلك. فكل واحد منكم إذا رجع إلى بلده يصدق عليه قول الله تبارك وتعالى:

 

Terakhir, kami wasiatkan kepada kalian untuk bertakwa kepada Allah, menuntut ilmu yang baik secara mendalam, sabar, dan tabah kemudian mengamalkan apa yang kalian ketahui, mengejawantahkannya dalam kehidupan, serta menyebarluaskannya. Setiap orang dari kalian, apabila dia kembali ke negerinya, hendaklah dia menepati firman Allah tabaraka wa ta’ala berikut:

 

(فلولا نفر من كل فرقة منهم طائفة ليتفقهوا في الدِّين ولينذروا قومهم إذا رجعوا إليهم لعلَّهم يحذرون)

 

Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya. (QS. at-Taubah: 122)

 

المبتدعة غير فقهاء وغير ناصحين بل هم غشّاشون، ويرجعون إلى أمتهم فيزيدونهم فسادا. وأنتم ارجعوا مصلحين، طبقوا هذه الآية وما في معناها. وأنتم تعرفون فضل طالب العلم وأنّ الملائكة تضع أجنحتها لطالب العلم رضىً بما يصنع واحترموا العلم واحترموا الملائكة، وما أظنها تضع أجنحتها لأهل البدع والأهواء أبدا لأنّ هذا من التعاون على الإثم والعدوان وحاشاهم من ذلك. افهموا هذا، وحافظوا على هذه المزية وادعوا الله عز وجل أن يرضى عنكم، والملائكة تحبكم، ويرفع الله درجاتكم.

 

Mubtadi’ (ahli bid’ah) bukanlah orang-orang faqih dan bukan pula orang-orang yang memberi nasihat. Bahkan mubtadi’ itu adalah orang-orang yang melakukan tipu daya (memalingkan manusia dari kebenaran). Mereka kembali (pulang) kepada kaum mereka lalu menambahkan kerusakan kepada kaum mereka. Adapun kalian, kembalilah sebagai orang-orang yang melakukan perbaikan. Ejawantahkan ayat ini beserta makna yang terkandung di dalamnya. Kalian pun tahu tentang keutamaan penuntut ilmu, bahwasanya malaikat merendahkan sayap-sayapnya kepada penuntut ilmu karena mereka rela terhadap apa yang diperbuat oleh penuntut ilmu. Hormatilah ilmu hormatilah malaikat. Aku yakin, selamanya malaikat tidak akan merendahkan sayap-sayapnya kepada ahli bid’ah dan pengikut hawa nafsu karena hal tersebut termasuk tolong-menolong dalam dosa dan permusuhan, dan malaikat  berlepas diri dari hal itu. Kalian pahamilah hal ini dan jagalah keutamaan ini! Aku berdoa kepada Allah ‘Azza wa Jalla agar Dia meridai kalian, agar malaikat mencintai kalian, dan semoga Allah meninggikan derajat-derajat kalian.

 

قال تعالى: (يرفع الله الذين آمنوا منكم والذين أوتوا العلم درجات).

 

Allah ta’ala berfirman, “… niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS. al-Mujadilah: 11)

 

هذا الوعد لا يتناول أهل البدع،  و إياكم ومحدثات الأمور فإنّ كل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة. ولا تنسوا ما قاله الإمام أحمد في ابن أبي قتلية لما قال: (أهل الحديث قوم سوء)!! قال أحمد: (زنديق، زنديق) ودخل وأقفل الباب. قال ابن تيمية: لأنّه عرف مغزاه.

 

Janji ini tidak akan diterima oleh ahli bid’ah. Waspadalah kalian dari perkara-perkara muhdats (perkara baru dalam agama), karena setiap muhdats itu bid’ah dan setiap bid’ah itu sesat. Janganlah kalian lupa akan apa yang diucapkan oleh Imam Ahmad tentang Ibn Qatilah yang mengatakan, “Ahli hadits itu kaum yang buruk!” Imam Ahmad berkata, “Dia ini zindiq, dia ini zindiq.” Imam Ahmad pun masuk ke dalam rumah dan mengunci pintu. Ibn Taimiyah berkata, “Karena Imam Ahmad memahami maksud ucapan Ibn Qatilah.”

 

هو يطعن في أهل الحديث وأهل السنة لإسقاط السنة، فكم من إنسان يدعي أنّه على السنة وهو يطعن في أهل السنة أهل الحديث والتوحيد فاحذروا هؤلاء واحرصوا على أن ترضوا الله في عملكم وأن تخلصوا فيه حتى تحترمكم الملائكة وتضع لكم أجنحتها لأنّ العلم هو العلم النبوي الذي جاء به محمد صلى الله عليه و سلم فمن طلبه لوجه الله وأخلص فيه يلقى هذه الكرامة من الله وهذا الإكرام و الاحترام. ومن له هوى فهذا يُسخط الله تبارك وتعالى -نسأل الله العافية.

 

Ibn Qatilah mencela ahli hadits dan ahlu sunnah untuk merobohkan as-Sunnah. Berapa banyak orang mengaku bahwa dirinya berdiri di atas Sunnah namun pada kenyataannya dia mencela ahlu sunnah, ahli hadits dan tauhid. Maka berhati-hatilah kalian terhadap mereka, bersemangatlah menggapai keridaan Allah dalam amal-amal kalian, ikhlaslah kalian di dalam amal-amal kalian sehingga malaikat pun menghormati kalian dan merendahkan sayap-sayapnya untuk kalian karena ilmu itu adalah ilmu nabawi yang datang melalui Muhammad –shallallahu ‘alaihi wa sallam. Barang siapa yang mencarinya karena Allah semata dengan ikhlas, niscaya dia akan mendapatkan kemuliaan ini dari Allah, dan ini adalah pemuliaan dan penghormatan. Dan barang siapa yang mendasarkannya kepada hawa nafsu, niscaya dia mendapatkan kemurkaan Allah tabaraka wa ta’ala –kita memohon keselamatan kepada Allah.

 

نحن مع الحقّ والذي يخطئ حتى من علماء السنة لا نقبل خطأه، نحن نقبل الحقّ، لكن ليس بالسفاهة والطيش والعداء ولكن بالأدب والاحترام والصدق والإخلاص.

 

Kita (harus) bersama kebenaran. Adapun orang yang keliru, sekali pun dia dari kalangan ulama Sunnah, tidaklah kita terima kekeliruannya. Kita menerima kebenaran saja. Akan tetapi  tidak dengan kebodohan kita bersikap, tidak dengan gegabah kita bersikap, tidak juga dengan permusuhan. Kita bersikap dengan penuh adab, penghormatan, jujur, dan ikhlas.

وفقكم الله وسدد وخطاكم وثبتنا وإيّاكم على السنة. وجّنبنا وإيّاكم الفتن ما ظهر منها وما بطن. إنّ ربّنا لسميع الدعاء. وصلى الله على نبيّنا محمد وعلى آله وصحبه وسلّم.

 

Semoga Allah memberikan taufiq kepada kalian dan meluruskan langkah kalian. Semoga Allah meneguhkan kami dan kalian di atas Sunnah, menjauhkan kami dan kalian dari fitnah-fitnah yang tampak maupun yang samar. Sesungguhnya Rabb kita benar-benar mendengar doa. Dan semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada nabi kita Muhammad, kepada keluarganya, juga kepada para shahabatnya …

 

Bandung, 7 Februari 2013

–HENDRA WIBAWA IBN TATO WANGSA WIDJAJA–

Advertisements

82 comments on “Jika Kau Kembali ke Negerimu …

  1. bentaar.. puyeng lama2 ngeliat di lappy..
    heu… keknya musti diprint atu2 ni.. buat tanya2.. hahaha

  2. كائنا من كان itu artinya gimana bang? di situ artinya siapa pun orangnya ya?
    نرد itu membantah ya?

  3. علله itu apa bang?
    ‘illah juga apaan?
    فنرجح ما itu apa?
    tarjih itu memilih yang lebih unggul ya bang artinya?
    نفسه itu apa?
    تقاوم itu (kalian) semua itu menandingi, bukan?

  4. oiya.. dha’if jiddan ama dha’f syadid itu bedanya gimana bang?

  5. فغيرت رأيي ini apaaa artinya bang? fajar lupaaa ayyi.. *dung2.. hehehe
    bedanya حججي ama تنبيهي gimana bang? sama2 argumen gitu nerjemahinnya.. *bener ga si? hee
    الأفاضل itu apa, koq diterjemahin ulama? =D

    sabar ya bang hend yaa

    • tipongtuktuk says:

      iya, itu artinya pendapatku berubah …
      Syaikh Rabi’ tadinya mengikuti pendapat Syaikh al-Albani, tapi setelah beliau menelaah lagi hadits dalam masalah mengangkat tangan dalam takbir shalat jenazah, maka beliau berubah pikiran dan mejadi berbeda dengan pendapat Syaikh al-Albani …
      itu terjemahan saya saja, maksudnya, apa yang ditunjukkan oleh Syaikh al-Albani kepada Syaikh Rabi’ itu, merupakan isyarat kepada ucapan para ulama yang berpendapat seperti apa yang diutarakan oleh Syaikh Rabi’ kepada Syaikh al-Albani … wallahu a’lamu …

  6. yaaaaaaaaaaaah.. udah jam 9 belum seleseeeee ngetik pertanyaaaannyaaaa……

    besok lanjut deh insyaAllaah..
    *pulang jadi labu..
    *cemberut geret koper..
    haahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s