Lantas Siapa yang Menamainya Tahun Kesedihan?

'am al-huzn

الشيخ محمد بن عبد الله العوشن

Syaikh Muhammad bin ‘Abdullah al-‘Ausyan

Dari kitab: Ma Sya’a wa lam Yatsbut fi as-Sirah an-Nabawiyah (67-69)

 

عرف العام العاشر من البعثة عند المتأخرين بعام الحزن، ذلك أن هذا العام قد شهد وفاة أم المؤمنين خديجة رضي الله عنها وأبي طالب عم رسول الله صلى الله عليه وسلم وكان بين وفاتيهما أيام يسيرة، وذكروا أنه صلى الله عليه وسلم لشدة حزنه سمى هذا العام عام الحزن. فهل صح ذلك؟

 

Dikenal di kalangan muta-akhirin bahwa tahun kesepuluh dari masa pengutusan Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam– itu sebagai “Tahun Kesedihan”. Hal itu dikarenakan pada tahun tersebut Ummul Mukminin Khadijah –radhiyallahu ‘anha– dan Abu Thalib, paman Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– wafat. Jarak waktu kematian keduanya sangatlah dekat. Mereka menyebutkan bahwa lantaran begitu dalamnya kesedihan beliau –shallallahu ‘alaihi wa sallam– sampai-sampai beliau menamai tahun itu dengan sebutan Tahun Kesedihan. Lantas apakah hal tersebut sahih?

 

لم تَردْ هذه التسمية في شيء من الأحاديث الصحيحة، بل ولا الضعيفة، ولا في شيء من كتب السيرة وشروحها، كسيرة ابن إسحاق وشرحها للسهيلي، ولم يذكر هذا اللفظ ـ فيما أعلم ـ أحد ممّن كتب في السيرة كابن القيم والذهبي وابن كثير، ولا غيرهم من شرّاح الأحاديث كالنووي وابن حجر رحمه الله، قال الشيخ الساعاتي رحمه الله في (الفتح الرباني): “وكان رسول الله صلى الله عليه وسلم يسمي ذلك العام عام الحزن كذا في المواهب اللدنية.” ]١[

 

Penamaan tersebut tidak ada sama sekali dalam hadits-hadits yang sahih, bahkan tidak ada pula di dalam hadits yang lemah. Tidak ada juga di dalam kitab-kitab sirah dan syarahsyarah-nya seperti Sirah Ibn Ishaq dan syarah-nya karya as-Suhaili. Penamaan (Tahun Kesedihan) ini –sejauh pengetahuanku- tidak pernah disebutkan oleh seorang pun ulama yang menulis sirah seperti Ibn al-Qayyim, adz-Dzahabi, dan Ibn Katsir. Tidak juga disebutkan oleh selain mereka dari kalangan pemberi syarah hadits seperti an-Nawawi dan Ibn Hajar –rahimahullah, sedangkan Syaikh as-Sa’ati –rahimahullah– berkata di kitab al-Fath ar-Rabbani, Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- menyebut tahun itu dengan Tahun Kesedihan, demikian yang terdapat di dalam kitab al-Mawahib al-Laduniyah.” [1]

 

[1] al-Fath ar-Rabbani (20/226).

 

وقال الشيخ الألباني في تعقيبه على البوطي في قوله: (ولقد أطلق النبي صلى الله عليه وسلم على هذا العام (عام الحزن) لشدة ما كابد فيه من الشدائد في سبيل الدعوة) قال رحمه الله: “من أي مصدر من المصادر الموثوقة أخذ الدكتور هذا الخبر؟ وهل إسناده – إن كان له إسناد- مما تقوم به الحجة؟ فإني بعد مزيد البحث لم أقف عليه … والمصدر الوحيد الذي رأيته قد أورده إنما هو القَسْطَلّاني في (المواهب اللدنية) فلم يزد على قوله: (فيما ذكره صاعد) وصاعد هذا هو ابن عبيد البجلي كما قال الزرقاني في شرحه عليه فما حال صاعد هذا؟ إنه مجهول لا يُعرف، ولم يوثقه أحد، بل أشار الحافظ]۲[ إلى أنه ليّن الحديث إذا لم يتابع، كما هو حاله في هذا الخبر. على أن قول القسطلاني: (فيما ذكره صاعد) يُشعر أنه ذكره معلقًا بدون إسناد فيكون معضلًا، فيكون الخبر ضعيفًا لا يصح، حتى ولو كان صاعد معروفًا بالثقة والحفظ، وهيهات هيهات ]٣[“.أ. هـ كلام الألباني.

 

Syaikh al-Albani berkata dalam bantahannya terhadap al-Buthi yang mengatakan, Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam- memberikan sebutan terhadap tahun ini dengan Tahun Kesedihan karena kesedihan hati beliau di dalamnya berupa kesukaran-kesukaran di jalan dakwah,” dan Syaikh al-Albani –rahimahullah– berkata, “Dari sumber mana Doktor ini (yakni al-Buthi) mengambil kabar tersebut? Dan apakah sanadnya –jika memang ada sanadnya- kuat untuk menopang hujjah? Saya sendiri, setelah meneliti lebih dalam, tidaklah menemukan sumbernya … dan sumber rujukan satu-satunya yang saya ketahui menyebutkan (istilah Tahun Kesedihan) hanyalah al-Qasthalani di kitab al-Mawahib al-Laduniyah. Di situ al-Qasthalani mengatakan: ‘(menurut yang disebutkan oleh Sha’id),’ tanpa memberikan keterangan lainnya. Adapun Sha’id, dia itu adalah Ibn ‘Ubaid al-Bajali sebagaimana yang dikatakan oleh az-Zarqani dalam syarahnya terhadap kitab tersebut. Lantas bagaimana kedudukan Sha’id ini? Dia itu seorang yang majhul, tidak diketahui. Tak ada seorang ulama pun yang menguatkan Sha’id. Bahkan al-Hafizh [2] memberikan isyarat bahwa Sha’id itu seorang yang layyin al-hadits (perawi lemah) jika tak diikuti oleh perawi lainnya sebagaimana halnya dengan kabar mengenai Tahun Kesedihan ini. Tentang ucapan al-Qasthalani: ‘(menurut yang disebutkan Sha’id),’ diketahui bahwa dia menyebutkannya secara mu’allaq tanpa sanad sehingga riwayat tersebut mu’dhal (dua perawi atau lebih gugur dari sanadnya). Dengan demikian, kabar tersebut lemah, tidak sahih. Bahkan, jika pun Sha’id itu seorang yang diketahui tsiqah dan kuat hafalannya, (tetap saja hadits itu lemah karena banyak perawi gugur dari sanad) … sungguh jauh, sungguh jauh.” [3] –selesai ucapan Syaikh al-Albani …

 

[2] yakni Ibn Hajar; beliau berkata di kitab at-Taqrib mengenai Sha’id, “Maqbul.” Hanya saja tertera dalam mukadimah at-Taqrib bahwa dirinya diperikan maqbul itu jika memiliki muttabi’, sedangkan jika tidak ada muttabi’, maka dia itu layyin al-hadits.

[3] Difa’ ‘an al-Hadits wa as-Sirah (halaman 18).

 

ومن ناحية المتن فيبعد أن يسميه الرسول صلى الله عليه وسلم أو أحد من أصحابه بذلك، وقد مرّ عليه صلى الله عليه وسلم والمسلمون من المحن والشدائد الكثير، قبل الهجرة وبعدها، فقد روى الشيخان عن عائشة رضي الله عنها أنها قالت للنبي صلى الله عليه وسلم: هل أتى عليك يوم كان أشد من يوم أحد؟ قال: ” لقد لقيت من قومك ما لقيت، وكان أشد ما لقيت منهم يوم العقبة، إذا عرضت نفسي على ابن عبد ياليل بن عبد كُلال فلم يجبني إلى ما أردت، فانطلقت وأنا مهموم على وجهي فلم استفق إلا وأنا بقرن الثعالب …” الحديث ]٤[

 

Sedangkan dari segi matan, maka sungguh jauh (kemungkinannya) bahwa Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– atau salah seorang dari para shahabat menamainya dengan nama itu. Sungguh Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– dan kaum Muslimin telah melewati banyak sekali ujian dan kesukaran, baik sebelum hijrah maupun setelahnya. Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari ‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha– bahwa dirinya bertanya kepada Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Pernahkah kau mengalami hari yang lebih berat dari hari Uhud?” Beliau menjawab, “Aku pernah mengalami kesulitan yang kuterima dari kaummu. Itulah kesulitan paling berat yang kuterima dari mereka pada hari al-‘Aqabah. Aku meminta (bantuan) kepada Ibn ‘Abd Yalil bin ‘Abd Kulal namun dia tak menerima permintaanku. Aku pun berlalu meninggalkannya dengan wajah yang murung dalam kesedihan. Aku tak menyadari (keadaan diri dan sekelilingku) kecuali setelah aku berada di Qarn ats-Tsa’alib …” [4]

 

[4] al-Bukhari (6/312 –al-Fath); Muslim (12/153 –an-Nawawi).

 

وفي قصة بعثه صلى الله عليه وسلم سبعين رجلًا من أصحابه يُسَمَّون بالقرّاء إلى أحياء من سُليم فقتلوهم، قال أنس رضي الله عنه فما رأيته وَجَد على أحدٍ ما وجد عليهم ]٥[  حتى كان من شدة حزنه -صلى الله عليه وسلم- عليهم أنه مكث شهرًا كاملًا يدعو على قاتليهم، قال أنس رضي الله عنه “دعا النبي صلى الله عليه وسلم على الذين قَتلوا أصحاب بئر معونة ثلاثين صباحًا حين يدعو على رِعْل ولحيان وعُصية عصت الله ورسوله.” ]٦[

 

Dan dalam kisah pengutusan tujuh puluh orang al-Qurra’ (penghafal dan pembaca al-Quran) oleh Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– kepada kabilah Bani Sulaim yang kemudian para al-Qurra’ itu dibunuh, Anas bin Malik –radhiyallahu ‘anhu– berkata, “Belum pernah aku melihat beliau –shallallahu ‘alaihi wa sallam- marah kepada seseorang melebihi kemarahan beliau kepada mereka.” [5] Sampai-sampai karena besarnya kesedihan beliau –shallallahu ‘alaihi wa sallam (atas hal itu), beliau mendoakan (kebinasaan) bagi para pembunuh itu selama sebulan penuh. Anas –radhiyallahu ‘anhu– berkata, “Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam- mendoakan kebinasaan bagi kaum yang membunuh para shahabat di Bi’r Ma’unah selama tiga puluh hari, beliau mendoakan kebinasaan untuk kabilah Ri’l, Lihyan, dan ‘Ushayyah yang durhaka terhadap Allah dan rasul-Nya.” [6]

 

[5] al-Bukhari (6/272 –al-Fath)

[6] al-Bukhari (7/389 –al-Fath)

 

وكانت هذه الحادثة المؤلمة التي قُتل فيها سبعون رجلًا، من الصحابة من قرّائهم قد وقعت في أوائل العام الرابع للهجرة، وسبقها بفترة قصيرة حادثة أخرى تُعرف بماء الرجيع لعشرة من الصحابة منهم: خُبيب بن عدي وعاصم بن ثابت وزيد بن الدثِّنة ومرثد بن أبي مرثد وغيرهم رضي الله عنهم، وكان رسول الله صلى الله عليه وسلم والمسلمون قد أصيبوا في شوال من العام الثالث للهجرة (غزة أحد) باستشهاد سبعين رجلًا كان منهم: حمزة بن عبد المطلب عم رسول الله صلى الله عليه وسلم، ومصعب بن عمير، وأنس بن النضر، وعبد الله بن عمرو بن حرام (والد جابر)، واليمان (والد حذيفة)، وعبد الله بن جُبيرٍ أمير الرماة يومها، وغيرهم رضي الله عنهم بل شُجّ رأسه صلى الله عليه وسلم وكُسِرت رَباعيته ودمي وجهه الشريف. ]۷[

 

Peristiwa yang sangat menyakitkan tersebut, yang di dalamnya sebanyak tujuh puluh orang dari kalangan shahabat penghafal al-Quran dibunuh, terjadi pada awal-awal tahun keempat Hijrah, dan sebelumnya dalam jarak waktu yang dekat, telah terjadi pula peristiwa lain yang dikenal dengan peristiwa ar-Raji’ yang menimpa sepuluh orang shahabat yang di antaranya adalah Khubaib bin ‘Adi, ‘Ashim bin Tsabit, Zaid bin ad-Datsinah, Martsad bin Abi Martsad, dan selain mereka –radhiyallahu ‘anhum. Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– dan kaum Muslimin pun tertimpa tragedi pada bulan Syawwal tahun ketiga Hijrah, yakni perang Uhud dengan gugurnya tujuh puluh orang shahabat yang di antaranya adalah Hamzah bin ‘Abd al-Muthalib (paman Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam), Mush’ab bin ‘Umair, Anas bin Nadhr, ‘Abdullah bin ‘Amr bin Haram (ayah Jabir bin ‘Abdullah), al-Yaman (ayah Hudzaifah), ‘Abdullah bin Jubair (pemimpin para pemanah pada hari Uhud), juga selain mereka –radhiyallahu ‘anhum, bahkan Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– pun terluka kepalanya, pecah gigi depannya, dan berdarah pula wajahnya yang mulia. [7]

 

[7] Muslim (12/148 –an-Nawawi)

 

كل تلك الحوادث وقعت في أقل من ستة أشهر، واستُشهد خلالها ما يقارب من مائة وخمسين صحابيًا رضي الله عنهم ولم يُنقل أنه صلى الله عليه وسلم -على شدة حزنه- سمّاه بأي اسم يدل على الحزن أو نحوه”.

 

Semua peristiwa itu terjadi setidaknya dalam enam bulan, telah gugur di dalam peristiwa-peristiwa itu sedikitnya seratus lima puluh orang shahabat –radhiyallahu ‘anhum. Akan tetapi tidaklah ditemukan adanya dalil (yang menyebutkan) bahwa -dengan kesedihan beliau yang mendalam- itu, beliau menamai (tahun terjadinya peristiwa-peristiwa tersebut) dengan nama yang menyiratkan kesedihan atau yang semisalnya … 

 

Bandung, 24 Februari 2013

–HENDRA WIBAWA IBN TATO WANGSA WIDJAJA–

Advertisements

28 comments on “Lantas Siapa yang Menamainya Tahun Kesedihan?

  1. Pertamax. baru baca…panjang banget tapi suka…..jugak

  2. Novi Kurnia says:

    wowwooowwwww! Udah posting lagi 😮 sebenarnya pekerjaan kang hendra di kambing soen atau penerjemah, ya? *curiga*

  3. Novi Kurnia says:

    nah, kalau ini pelajaran zaman SMP ^^ kok begitu, ya. Hmmmm, ntar dibaca ulang siangan dikit.

  4. Novi Kurnia says:

    Hanya satu orang yg meriwayatkannya, tapi kenapa begitu top, ya.

  5. Novi Kurnia says:

    Ternyata banyak peristiwa yang lebih menyedihkan Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam dan semuanya tentang umat Islam .

    • tipongtuktuk says:

      ujian yang paling berat itu adalah ujian yang dihadapi para Nabi -shalawatullah ‘alaihim- … kemudian orang-orang setelah para Nabi sesuai dengan kadar agamanya … wallahu a’lamu …

  6. itu tulisan apa di gambarnya? *ga jelas

  7. wah iyaaaaaaaaaaaaa.. dulu juga pas baca hadits tentang rasulullah mendoakan kebinasaan bagi kaum yang membunuh para shahabat di Bi’r Ma’unah selama tiga puluh hari ntu kepikiran juga.. bukannya beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam lebih sediih ya di sini..
    trus hadits yang ada yang lebih menyedihkan dari Uhud..
    nah ini kan lebih parah.. hemm..
    ternyaaataaa..

  8. trus kalo tentang isra’ mi’raj itu menghibur rasulullah karena ‘tahun kesedihan’ itu.. gimana bang?

    • tipongtuktuk says:

      bagaimana bunyi kisah/riwayatnya, Fajar?

      • weh.. lupa jawab yang ini
        fajar lupa bunyi kisahnya gimana
        pernah baca kalo isra’ mi’raj itu merupakan hadiah untuk pelipur lara tahun kesedihan itu
        keknya fajar baca d buku shirah tentang isra’ mi’raj ini.. tapi lupa buku apa..
        hee.. pinjem sih.. *kebiasaaan… =D

      • tipongtuktuk says:

        tampaknya itu hanyalah asumsi dari orang menulis tulisan tersebut -wallahu a’lamu- sebab penyebutan ‘amul Huzni itu sendiri tidak ada di dalam sirah, hadits, juga riwayat-riwayat dari shahabat …

        dengan demikian penyebutan Isra Mi’raj sebagai “hiburan” atas kesedihan atau atas “tahun kesedihan” itu hanyalah asumsi dari si penulis saja …

  9. bukan fajar bang.. bukaaaan *ngejawab tulisan di judul.. hihihi *kumat geje

  10. jampang says:

    selama ini mikirnya memang begitu…. lagi2 tertipu 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s