Tidaklah ‘Umar Menyingkap Selubung Betis Ummu Kultsum …

singkap

Berikut ini salah satu di antara kisah-kisah yang tidak benar berkaitan dengan ‘Umar bin al-Khaththab –radhiyallahu ‘anhu … kisah yang rapuh, lemah, tidak tegak di atas pijakan yang kuat …

 

*

**

 

Syaikh ‘Ali Hasyisy al-Mishri –hafizhahullah

Dari kitab: al-Qashash al-Wahiyah halaman 67-71

 

أولا: متن القصة

رُوِيَ عن أبي جعفر قال: “خطب عمر بن الخطاب إلى علي ابنته أم كلثوم فذكر له صغرها، فقيل له إنه ردك فعاوده، فقال له علي: أبعث بها إليك فإن رضيت فهي امرأتك، فأرسل بها إليه، فكشف عن ساقيها فقالت: أرسل، لولا أنك أمير المؤمنين لصككت عينيك” وفي رواية “للطمت عينيك”.

 

Pertama: MATAN (Redaksi Kisah)

 

Diriwayatkan dari Abu Ja’far, dia berkata:

‘Umar bin al-Khaththab mengajukan pinangan kepada ‘Ali (untuk memperistri) putri ‘Ali, Ummu Kultsum. ‘Ali pun menyebutkan bahwa Ummu Kultsum masih kecil, lalu dikatakan kepada ‘Umar, “Sesungguhnya ‘Ali menolak pinanganmu.” Maka ‘Umar pun mengajukan lagi pinangan. ‘Ali berkata kepada ‘Umar, “Aku akan mendatangkannya kepadamu, Jika dia rela, maka dia menjadi istrimu.” Maka ‘Ali pun mendatangkan Ummu Kultsum kepada ‘Umar, lalu ‘Umar menyingkap (pakaian) Ummu Kultsum (untuk melihat) betisnya. Ummu Kultsum pun berkata, “Lepaskan! Kalau saja kamu bukan Amir al-Mukminin, niscaya telah kuhantam kedua matamu!”

 

ثانيا: التخريج

هذه القصة أخرجها سعيد بن منصور في “سننه” (١/١٤۷)، وعبد الرزاق في “المصنف (٦/١٦٣) من طريق سفيان عن عمرو بن دينار عن أبي جعفر قال: فذكره.

 

Kedua: TAKHRIJ (Sumber Pemberitaan Kisah)

Kisah tersebut dikeluarkan oleh Sa’id bin Manshur di kitab Sunan-nya (1/147), juga ‘Abd ar-Razzaq di kitab al-Mushannaf (6/173) dari jalan Sufyan, dari ‘Amr bin Dinar, dari Abu Ja’far, dia berkata: … -lalu menyebutkan kisah di atas.

 

ثالثًا: التحقيق

القصة: واهية وعلتها الانقطاع

 

Ketiga: TAHQIQ (Penelitian atas Validitas Kisah)

Kisah tersebut rapuh, dan yang menjadi penyakitnya adalah al-Inqitha’ (keterputusan sanad).

 

١- أبو جعفر أورده الحافظ ابن حجر في “التهذيب” (۹/٣١١ (قال: محمد بن علي بن الحسين بن علي بن أبي طالب الهاشمي أبو جعفر الباقر أمه بنت الحسن بن علي بن أبي طالب.
ثم نقل عن ابن البرقي قوله: “كان مولده (يعني أبا جعفر) سنة ست وخمسين.

 

(1) Abu Ja’far, dia disebutkan oleh al-Hafizh Ibn Hajar di kitab at-Tahdzib (9/311), “Muhammad bin ‘Ali bin al-Husain bin ‘Ali bin Abu Thalib al-Hasyimi, Abu Jafar al-Baqir. Ibunya adalah putri dari al-Hasan bin ‘Ali bin Abu Thalib,” kemudian Ibn Hajar menukil ucapan Ibn al-Barqi, “Dia dilahirkan –yakni Abu Ja’far- pada tahun lima puluh enam.”

 

۲- قال الحافظ في “التقريب” (۲/٥٤):

“عمر بن الخطاب بن نُفَيل … القرشي أمير المؤمنين مشهور، جم المناقب استشهد في ذي الحجة سنة ثلاث وعشرين.”

 

(2) Al-Hafizh Ibn Hajar berkata di kitab at-Taqrib (2/54), “’Umar bin al-Khaththab bin Nufail … al-Qurasyi Amir al-Mukminin, terkenal, berbudi pekerti agung, mati syahid pada bulan Dzul Hijjah tahun dua puluh tiga.”

 

٣- بالمقارنة بين تاريخ مولد أبي جعفر، وبين تاريخ وفاة عمر رضي الله عنه نجد أن أبا جعفر ولد بعد موت عمر رضي الله عنه بثلاث وثلاثين سنة من هذا الانقطاع يتبين عدم صحة القصة.

 

(3) Dengan memperbandingkan waktu kelahiran Abu Ja’far dengan waktu wafat ‘Umar –radhiyallahu ‘anhu, kita dapati bahwa Abu Ja’far baru dilahirkan tiga puluh tiga tahun kemudian setelah ‘Umar –radhiyallahu ‘anhu– wafat. Keterputusan ini menjelaskan tiadanya sisi kesahihan kisah tersebut.

 

٤- فائدة:

قال الإمام النووي في “التقريب” (۲/٣٤۹ تدريب):

“النوع الستون: التواريخ والوفيات: هو فن مهم به يعرف اتصال الحديث وانقطاعه، وقد ادعى قوم الرواية عن قوم فنُظِرَ في التاريخ فظهر أنهم زعموا الرواية عنهم بعد وفاتهم بسنين”.

 

(4) Faidah: al-Imam an-Nawawi berkata di kitab at-Taqrib (2/349 –Tadrib):

Sisi Keenam puluh: at-Tawarikh al-Wafayat, hal ini merupakan aspek yang penting yang dengannya akan diketahui kebersambungan hadits atau keterputusannya. Suatu kaum telah mengaku meriwayatkan hadits dari kaum lain namun setelah dicermati dalam tarikh ternyata jelas bahwa mereka hanya mengaku-aku saja setelah bertahun-tahun lamanya kaum (yang mereka maksud) itu wafat.

 

٥- وأبو جعفر أورده الإمام ابن أبي حاتم في كتابه “المراسيل” ترجمه (٣٤۰) حيث قال:

“محمد بن علي بن الحسين بن علي بن أبي طالب أبو جعفر”.

أخبرنا محمد بن حمويه بن الحسن قال: سمعت أبا طالب يعنى: أحمد بن حميد يقول: سألت أحمد بن حنبل عن محمد بن علي، سمع من أم سلمة شيئًا؟

قال: لا يصح أنه سمع.

قلت: فسمع من عائشة؟

فقال: لا!! ماتت عائشة قبل أم سلمة”.

ثم قال ابن أبي حاتم: “سمعت أبي يقول: “أبو جعفر محمد بن علي لم يلق أم سلمة” اه.

قلت: وأم سلمة، قال الحافظ ابن حجر في “التقريب” (۲/٦١۷): “هي هند بنت أبي أمية بن المغيرة بن عبد الله بن عمر بن المغيرة بن مخزوم المخزومية، أم سلمة، أم المؤمنين، تزوجها النبي صلى الله عليه وسلم بعد أبي سلمة سنة أربع وقيل ثلاث، وعاشت بعد ذلك ستين سنة، ماتت سنة اثنتين وستين.”

 

(5) Dan Abu Ja’far telah disebutkan oleh al-Imam Ibn Abi Hatim di dalam kitabnya al-Marasil (340) yang mengatakan, “Muhammad bin ‘Ali bin al-Husain bin ‘Ali bin Abi Thalib, Abu Ja’far.”

Telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Hammawaih bin al-Hasan, dia berkata: aku mendengar Abu Thalib -yakni  Ahmad bin Humaid- berkata:

Aku bertanya kepada Ahmad bin Hanbal tentang Muhammad bin ‘Ali (yakni Abu Ja’far –pent), “Apakah dia mendengar dari Ummu Salamah?” Ahmad bin Hanbal menjawab, “Tidak benar bahwa dia mendengar dari Ummu Salamah.” Aku bertanya lagi, “Apakah dia mendengar dari ‘Aisyah?” Ahmad bin Hambal menjawab, “Tidak! ‘Aisyah wafat sebelum Ummu Salamah.”

Kemudian Ibn Abi Hatim berkata: Aku mendengar ayahku berkata, “Abu Ja’far Muhammad bin ‘Ali tidaklah bertemu dengan Ummu Salamah.”

 

Aku (Syaikh ‘Ali Hasyisy) katakan, al-Hafizh Ibn Hajar berkata tentang Ummu Salamah di kitab at-Taqrib (2/617), “Dia adalah Hindun binti Abi Umayyah bin al-Mughirah bin ‘Abdullah bin ‘Umar bin al-Mughirah bin Makhzum al-makhzumiyah, Ummu Salamah, bunda kaum Mukminin. Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam- menikahinya setelah Abu Salamah wafat pada tahun keempat Hijriyah, dan ada yang mengatakan pada tahun ketiga. Ummu Salamah masih terus hidup selama enam puluh tahun setelah itu, dan wafat pada tahun enam puluh dua Hijriyah.”

 

قلت: ولم يصح له السماع من أم سلمة فكيف بعمر رضي الله عنه الذي مات قبل أم سلمة بتسع وثلاثين سنة. من هذا يتبين أن القصة واهية.

 

Aku katakan, tidak sahih bahwa Abu Ja’far mendengar dari Ummu Salamah. Lantas bagaimana (mungkin dia mendengar) dari ‘Umar –radhiyallahu ‘anhu– yang telah wafat tiga puluh sembilan tahun sebelum Ummu Salamah. Dari sini jelaslah bahwa kisah di atas lemah.

 

رابعا: طريق آخر

أخرجه عبد الرزاق في “المصنف” (٦/١٦٣) من طريق ابن جريج قال: سمعت الأعمش يقول: خطب عمر فذكر القصة.

 

Keempat: Jalur Periwayatan Lain

Dikeluarkan oleh ‘Abd ar-Razzaq di kitab al-Mushannaf (6/163) dari jalan Ibn Juraij, dia berkata: aku mendengar al-A’masy berkata, “’Umar mengajukan pinangan …,” lalu dia menyebutkan kisah tersebut.

 

خامسًا: التحقيق

الأعمش: هو سليمان بن مهران الأسدي الكاهلي. مولاهم أبو محمد الكوفي الأعمش.

نقل الحافظ ابن حجر في “التهذيب” (٤/١۹۷):) عن الخليلي أنه قال: “وقول ابن المنادي الذي سلف أن الأعمش أخذ بركاب أبي بكرة الثقفي غلط فاحش لأن الأعمش ولد إما سنة (٦١) أو سنة (٥۹) على الاختلاف في ذلك وأبو بكرة مات سنة إحدى أو اثنتين وخمسين فكيف يتهيأ أن يأخذ بركاب من مات قبل مولده بعشر سنين أو نحوها”. اه

قلت فكيف بعمر بن الخطاب رضي الله عنه والذي مات سنة ثلاث وعشرين أي قبل مولد الأعمش بثماني وثلاثين سنة.

ولذلك قال الإمام السيوطي في “التدريب” (١/۲۰٥): “مرسلات أبي إسحق الهمداني، والأعمش، والتيمي، ويحيى بن أبي كثير شبه لا شيء”.

قلت: وهذا الانقطاع شر من مجهول العين ومجهول الحال فهو مردود بالاتفاق بين العلماء وذلك للجهل بحال وعين الراوي المحذوف.

 

Kelima: TAHQIQ (Penelitian atas Validitas Kisah)

Al-A’masy adalah Sulaiman bin Mihran al-Asadi al-Kahili, maula mereka Abu Muhammad al-Kufi al-A’masy.

Ibn Hajar menukil di kitab at-Tahdzib (4/197): dari al-Khalili bahwasanya dia berkata, “Dan ucapan Ibn al-Munadi yang telah lalu bahwa al-A’masy memegang tali kekang unta Abu Bakrah ats-Tsaqafi merupakan kekeliruan yang buruk karena al-A’masy itu dilahirkan pada tahun enam puluh satu atau bisa jadi tahun lima puluh sembilan -terdapat perbedaan pendapat mengenai hal itu- sedangkan Abu Bakrah meninggal pada tahun lima puluh satu atau tahun lima puluh dua. Maka bagaimana mungkin al-A’masy memegang tali kekang orang yang telah meninggal sepuluh tahun sebelum dirinya dilahirkan atau sekitar itu.”

Aku katakan, lantas bagaimana pula dengan ‘Umar bin al-Khaththab –radhiyallahu ‘anhu– yang meninggal pada tahun dua puluh tiga, yakni tiga puluh delapan tahun sebelum al-A’masy dilahirkan.

Terhadap hal itu, al-Imam as-Suyuthi berkata di kitab at-Tadrib (1/205), “Riwayat-riwayat mursal Abu Ishaq al-Hamdani, al-A’masy, at-Taimi, dan Yahya bin Abi Katsir sama-sama tiada apa-apanya (lemah/tidak bisa dijadikan sandaran –pent).”

Aku katakan, dan ini merupakan al-inqitha’ (keterputusan) yang buruk tersebab majhul al-‘ain sekaligus majhul al-hal , dan tentu saja riwayat pun jadi tertolak menurut kesepakatan ulama lantaran tidak diketahui tentang siapa dan bagaimana keadaan si periwayatnya.

 

سادسًا: تراجع الشيخ الألباني رحمه الله

لئلا يتقَوّل علينا متقول أو يتوهم واهم بأن القصة صحيحة مغترًا بأن الشيخ الألباني رحمه الله أوردها في السلسلة “الصحيحة” (١/١٥٦)، (١/١٥۸).

نقول: إن الشيخ الألباني رحمه الله، وجزاه الله عن الإسلام والمسلمين خير الجزاء تراجع عن ذلك في “السلسلة الضعيفة” (٣/٤٣٣-٤٣٤)، حيث قال:

 

Keenam: Syaikh al-Albani –rahimahullah– Mengoreksi Pendapatnya

Supaya orang tidak menuduh kami membuat kebohongan dan menganggap kami membuat-buat keragu-raguan dan teperdaya dengan alasan bahwa kisah tersebut sahih dan telah disebutkan oleh Syaikh al-Albani –rahimahullah– di kitab as-Silsilah ash-Shahihah (1/157-158), maka kami katakan, sesungguhnya Syaikh al-Albani -semoga Allah merahmatinya dan memberikan sebaik-baik balasan atas jasanya terhadap Islam dan kaum Mulsimin- telah mengoreksi sendiri pendapatnya (sebelumnya beliau menganggap sahih hadits tersebut lalu mengoreksinya –pent) dan menjelaskannya di kitab as-Silsilah adh-Dha’ifah (3/433-434) dengan mengatakan:

 

(١) تنبيه: كنت ذكرت في المصدر المذكور يعني “سلسلة الأحاديث الصحيحة” (١/١٥٦) نقلا عن “تلخيص الحبير” لابن حجر العسقلاني (ص۲۹١-۲۹۲) من الطبعة الهندية رواية عبد الرزاق، وسعيد بن  منصور وابن أبي عمر، عن سفيان عن عمرو بن دينار عن محمد بن علي بن الحنفية أن عمر خطب إلى علي ابنته أم كلثوم …  القصة، وفيها أن عمر رضي الله عنه كشف عن ساقِها.

 

(1) Peringatan: dulu aku telah menyebutkan di dalam kitab Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah (1/156) dengan menukil dari  Talkhish al-Habir karya Ibn Hajar al-‘Asqalani (halaman 291-292) terbitan al-Hindiyah, riwayat ‘Abd ar-Razzaq, Sa’id bin Manshur, dan Ibn Abi ‘Umar, dari Sufyan dari ‘Amr bin Dinar dari Muhammad bin ‘Ali bin al-Hanafiyah, “Bahwasanya ‘Umar mengajukan pinangan kepada ‘Ali (untuk memperistri) putrinya, Ummu Kultsum …,” dan di dalamnya disebutkan bahwa ‘Umar –radhiyallahu ‘anhu– menyingkap (pakaian) Ummu Kultsum (untuk melihat) betisnya.

 

(۲) وقد اعتبرتها يومئذ صحيحة الإسناد، اعتمادًا مني على ابن حجر -وهو الحافظ الثقة- وقد أفاد أن راويها هو ابن الحنفية، وهو أخو أم كلثوم، وأدرك عمر ودخل عليه.

 

(2) Pada saat itu aku menganggap sanad riwayat tersebut sahih dengan bersandar kepada (ucapan) Ibn Hajar -yang merupakan al-Hafizh lagi tsiqah– yang memberikan penjelasan bahwa si periwayat (kisah tesebut) adalah Ibn al-Hanafiyah -yang merupakan saudara lelaki dari Ummu Kultsum- yang mendapati masa ‘Umar dan bertemu dengan ‘Umar.

 

(٣) فلما طبع “مصنف عبد الرزاق” بتحقيق حبيب الرحمن الأعظمي، ووقفت على إسنادها فيه (١۰/١۰٣٥۲) تبين لي أن في السند إرسالا وانقطاعا، وأن قوله في “التلخيص”: “… ابن الحنفية” خطأ لا أدري سببه، فإنه فى “المصنف …”: “… عمرو بن دينار عن أبي جعفر قال: …

وكذلك هو عند سعيد بن منصور (٣رقم ٥۲۰) كما ذكر الشيخ الأعظمي.

 

(3) Ketika Mushannaf ‘Abd ar-Razzaq dicetak, dengan tahqiq Habib ar-Rahman al-A’zhami, aku berhenti pada sanad kisah tersebut (10/10352), menjadi jelaslah bagiku bahwa sanadnya mursal dan inqitha’, (dengan demikian) ucapan Ibn Hajar di kitab at-Talkhis yang mengatakan, “… Ibn al-Hanafiyah,” merupakan kekeliruan yang tak kuketahui sebabnya, karena sesungguhnya di dalam kitab al-Mushannaf, sanadnya adalah, “… ‘Amr bin Dinar dari Abu Ja’far, dia berkata ….” Seperti itu juga menurut Sa’id bin Manshur (3/520) sebagaimana yang dikatakan oleh Syaikh al-A’zhami.

 

(٤) وعليه فراوي القصة ليس ابن الحنفية، لأن كنيته أبو القاسم، وإنما هو محمد بن علي بن الحسين بن علي بن أبي طالب كما تقدم؛ لأنه هو الذي يكني بأبي جعفر، وهو الباقر.
وهو من صغار التابعين، روى عن جديه الحسن والحسين وجد أبيه علي بن أبي طالب مرسلا كما في “التهذيب” وغيره.

 

(4) Dengan demikian periwayat kisah tersebut bukanlah Ibn al-Hanafiyah karena nama kun-yah Ibn al-Hanafiyah adalah Abu al-Qasim. Periwayat kisah tersebut adalah Muhammad bin ‘Ali bin al-Husain bin ‘Ali bin Abi Thalib sebagaimana yang telah lalu, karena Muhammad bin ‘Ali inilah yang memiliki nama kun-yah Abu Ja’far al-Baqir. Dia termasuk kalangan tabi’in shighar dan meriwayatkan dari kedua kakeknya, yaitu al-Hasan dan al-Husain, juga dari kakek ayahnya, yaitu ‘Ali bin Abi Thalib, secara mursal sebagaimana dijelaskan di kitab at-Tahdzib dan kitab lainnya.

 

(٥) فهو لم يدرك عليا بَلْه عمر، كيف وقد ولد بعد وفاته بأكثر من عشرين سنة، فهو لم يدرك القصة يقينا، فيكون الإسناد منقطعا.

 

(5) Abu Ja’far tidaklah mendapati masa kehidupan ‘Ali (bin Abi Thalib), apalagi ‘Umar. Bagaimana tidak, sebab Abu Ja’far dilahirkan lebih dari dua puluh tahun setelah ‘Ali wafat. Oleh karena itu, tidaklah Abu Ja’far mendapatkan kisah secara pasti sehingga sanad kisah tersebut munqathi’.

 

(٦) فرأيت من الواجب علي -أداءً للأمانة العلمية- أن أهتبل هذه الفرصة وأن أبين للقراء ما تبين لي من الانقطاع. والله تعالى هو المسئول أن يغفر لنا ما زلت به أقلامنا، ونَبَت عن الصواب أفكارنا، إنه خير مسئول”. اه.

 

(6) Maka aku memandang, termasuk sebagai hal yang wajib bagi diriku -menyampaikan amanat ilmiyah- pada kesempatan ini untuk menjelaskan kepada para pembaca tentang apa yang telah jelas bagiku mengenai keterputusan sanad kisah ini. Dan Allah ta’ala, Dia-lah yang dimintai untuk mengampuni kekeliruan yang kami tuliskan lewat pena-pena kami, juga pemikiran-pemikiran kami yang tidak sesuai dengan kebenaran. Sesungguhnya Allah adalah sebaik-baik yang dimintai permohonan … (selesai ucapan Syaikh al-Albani –pent).

 

قلت: هذا هو تراجع الشيخ الألباني رحمه الله سائلا الله المغفرة لأن هذا الأمر عظيم، يحسبه من لا دراية له بهذا العلم هينا. فكيف بالأحداث الذين لا دراية لهم بهذا الفن من قصاص ووعاظ والذين يستخفون العوام بالقصص الواهية التي عندما نبين ضررها ونكشف عوارها يغضبون ويتألمون وإنا لله وإنا إليه راجعون.

 

Aku katakan, inilah sikap rujuk Syaikh al-Albani seraya memohon ampunan kepada Allah lantaran besarnya perkara ini, sementara orang-orang yang tak memiliki ilmu di bidang ini menganggap bahwa perkara (hadits dan kisah) ini hanyalah hal yang remeh. Lantas bagaimana halnya dengan cerita-cerita dari orang-orang yang tak memiliki ilmu pada bidang ini dari kalangan para pendongeng dan para pemberi nasihat, juga kalangan orang-orang yang membodoh-bodohi orang awam dengan kisah-kisah yang lemah yang apabila kami jelaskan dampak buruk dari kisah-kisah lemah itu serta kami singkap kelemahan-kelemahannya, mereka pun lantas marah dan sakit hati, wa inna lillahi wa inna ilaihi raji’un

 

فلماذا لا يرجعون تائبين مستغفرين متأسين بمحدث الديار الشامية رحمه الله وبما أورده الإمام الذهبي رحمه الله في “الميزان” (٤/٩٧) في ترجمة مسروح أبي شهاب نقلا عن ابن أبي حاتم قال: “سألت أبي عن مسروح، وعرضت عليه بعض حديثه فقال:”يحتاج إلى توبة من حديث باطل رواه عن الثوري. قال الذهبي: إي والله، هذا هو الحق، إن كل من روى حديثا يعلم أنه غير صحيح، فعليه التوبة أو يهتكه”. اه.

 

Mengapakah mereka tidak kembali sebagai orang-orang yang menyesali (kesalahan), sebagai orang yang memohon ampun (kepada Allah), serta bersikap rujuk seperti sikap rujuknya muhaddits negeri Syam –rahimahullah, juga bersikap seperti apa yang disebutkan oleh al-Imam adz-Dzahabi –rahimahullah– di kitab al-Mizan (4/97) tentang Masruh Abi Syihab dengan menukil dari Ibn Abi Hatim:

Ibn Abi Hatim berkata, “Aku bertanya kepada ayahku tentang Masruh seraya menunjukkan kepada ayah sebagian hadits Masruh.” Ayahku menjawab, “Ia perlu bertobat dari hadits batil yang dia riwayatkan dari ats-Tsauri.”

Imam adz-Dzahabi berkata, “Demi Allah, ini merupakan kebenaran. Sesungguhnya setiap orang yang telah meriwayatkan hadits, lalu mengetahui bahwa ternyata hadits itu tidak shahih, maka dia wajib untuk bertobat atau menjelaskan kelemahannya.”

 

(يا أيها الذين آمنوا كونوا قوامين بالقسط شهداء لله ولو على أنفسكم أو الوالدين والأقربين) -النساء: ١٣٥

 

“Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biar pun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. (QS. an-Nisa’: 135)

 

هذا ما وفقني الله إليه وهو وحده من وراء القصد.

 

Inilah yang –semoga Allah memberi taufik kepadaku terhadap tulisan ini, dan Dia-lah satu-satunya yang menjadi tujuan …

 

———————

*Catatan dari saya: kisah di atas tidaklah benar, namun pernikahan ‘Umar bin al-Khaththab dengan Ummu Kultsum binti ‘Ali memang terjadi. Ummu Kultsum binti ‘Ali wafat pada hari yang sama dengan putranya, yaitu Zaid bin ‘Umar bin al-Khaththab … –radhiyallahu ‘anhum

 

Bandung 27 April 2013

–HENDRA WIBAWA IBN TATO WANGSA WIDJAJA–

Advertisements

22 comments on “Tidaklah ‘Umar Menyingkap Selubung Betis Ummu Kultsum …

  1. jaraway says:

    maaaiiin.. eh ada postingan.. hehehe =D

  2. jaraway says:

    hadeeeh..
    banyak bener ya kisah dusta tentang ‘Umar.. *geleng2..

  3. Novi Kurnia says:

    Waaahhhh… dho’if. Belum pernah dengar kisah ini kecuali saat ini. Rupanya begitu, ya. *manggut-manggut

    **lho? fotonya pemandangan?

  4. jampang says:

    baru tahu ada kisah (bohong) ini…. terima kasih, kang

  5. thetrueideas says:

    nah..ternyata gak valid tuh

  6. saya pribadi tidak percaya kisah itu, beliau seorang yang teguh, Insya Allah terjaga ahlaknya ya Mas

  7. umarfaisol says:

    dari isinya saja sudah jelas ingin menjatuhkan nama baik Umar.

  8. hramad01@gmail.com says:

    saya curiga sebenanrya riwayat itu juga bukan dirawikan oleh imam Abu Jafar al Baqir. Imam Muhammad al Baqir ibn Ali Zainal Abidin ibn Hussein ibn ali bin Abi Thalib adalah seorang imam besar ahlusunnah dari golongan ahlulbayt. Beliau, dan putranya, imam Jafar as Shiddiq, tidak pernah berkata-kata selain yang baik terhadap Abu Bakr dan Umar. saya kira “hadist” tersebut sengaja dinisbatkan kepada imam al Baqir oleh kaum rafidhah

    • tipongtuktuk says:

      ya, beliau -rahimahullah- adalah seorang ahl as-Sunnah …

      hanya saja saya belum menemukan ucapan ulama yang membahas tentang “kemungkinan kesengajaan penisbatan sanad ini” kepada beliau … wallahu a’lamu …

  9. Adam says:

    baru tahu nih kalau tidak benar
    jazakallahu khoir bang udah membagikan ilmunya

  10. Hanggono says:

    Ini situs yang cerdas, kritis, saya suka. Terima kasih bung Tipongkulubutuk…. eh Tipongketubruk… (pokoknya Tipong apa gitu lah)…. duh buat nama kok susah banget sih 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s