Ummu Habibah Putri Abu Sufyan dan Tilam Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam …

ummu habibah

Berikut ini adalah sebuah kisah rapuh yang bertutur tentang Ummu Habibah –radhiyallahu ‘anha– dan ayahnya, Abu Sufyan –radhiyallahu ‘anhu. Ummu Habibah sengaja melipat tilam Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– agar tak diduduki oleh ayahnya yang kala itu masih musyrik …

 

*

**

 

 الشيخ علي حشيش المصرى –حفظه الله-

القصص الواهية –الجزء الثانى (ص١٦١-١٦٦)

Asy-Syaikh ‘Ali Hasyisy al-Mishri –hafizhahullah

Al-Qashsash al-Wahiyah –Juz kedua- (halaman 161-166)

 

أولاً: متن القصة

رُوِي عن الزهري قال: لما قدم أبو سفيان بن حرب المدينة جاء إلى رسول الله – صلى الله عليه وسلم – وهو يريد غزو مكة فكلمه أن يزيد في هدنة الحديبية فلم يُقبل عليه رسول الله – صلى الله عليه وسلم -، فقام فدخل على ابنته أم حبيبة، فلما ذهب ليجلس على فراش النبي – صلى الله عليه وسلم – طوته دونه فقال: يا بنية، أرغبت بهذا الفراش عني أم بي عنه؟ فقالت: بل هو فراش رسول الله – صلى الله عليه وسلم – وأنت امرؤ نجس مشرك. فقال: يا بنية لقد أصابك بعدي شر.

 

PERTAMA: MATAN (REDAKSI KISAH)

Diriwayatkan dari az-Zuhri, dia berkata:

Ketika Abu Sufyan bin Harb sampai di Madinah, dia mendatangi Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam – yang bermaksud memerangi Mekah. Abu Sufyan meminta agar Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– memperpanjang perjanjian gencatan senjata al-Hudaibiyah, namun beliau –shallallahu ‘alaihi wa sallam– menolaknya. Abu Sufyan pun beranjak dan mendatangi rumah putrinya, Ummu Habibah. Tatkala Abu Sufyan masuk dan hendak duduk di atas tilam Nabi –shallallahi ‘alaihi wa sallam, Ummu Habibah melipat tilam itu agar tak diduduki oleh ayahnya. Abu Sufyan berkata, “Wahai putriku, apakah kau lebih mengutamakan tilam itu daripadaku ataukah lebih mengutamakanku daripada tilam itu?  Ummu Habibah pun berkata, “Bahkan ini adalah tilam Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam, sementara kau seorang musyrik yang najis.” Abu Sufyan berkata, “Wahai putriku, keburukan benar-benar telah menimpamu selepas berpisah denganku.”

 

ثانيًا: التخريج:

الخبر الذي جاءت به هذه القصة الواهية أخرجه ابن سعد في الطبقات (۸/۷٩) قال: «أخبرنا محمد بن عمر، حدثنا محمد بن عبد اللَّه عن الزهري قال: لما قدم أبو سفيان بن حرب…القصة».

 

KEDUA: TAKHRIJ (SUMBER PERIWAYATAN KISAH)

Kabar yang memuat kisah rapuh ini dikeluarkan oleh Ibn Sa’d di kitab ath-Thabaqat (8/79), dia mengatakan: telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin ‘Umar, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdillah dari az-Zuhri, dia berkata, “Tatkala Abu Sufyan bin Harb tiba di …-kisah.”

 

وأخرجه ابن عساكر في التاريخ (۷٩/١٥۰) قال: أخبرنا أبو عمر الخزاز، أخبرنا أحمد بن معروف، أخبرنا أبو علي الفقيه، حدثنا محمد بن سعد، أخبرنا محمد بن عمر به.

وأورده الحافظ ابن حجر في «الإصابة» (۷/٦٥٣) نقلاً عن ابن سعد بنفس السند.

وأورده الحافظ الذهبي في «السير» (۲/۲۲۲- ۲۲٣) بصيغة التضعيف التي تدل على عدم صحة القصة.

 

Dikeluarkan juga oleh Ibn ‘Asakir di kitab at-Tarikh (79/150), dia mengatakan, “Telah mengabarkan kepada kami Abu ‘Umar al-Khazzaz, telah mengabarkan kepada kami Ahmad bin Ma’ruf, telah mengabarkan kepada kami Abu ‘Ali al-Faqih, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Sa’d, telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin ‘Umar dengannya.”

Al-Hafizh Ibn Hajar menyebutkannya di kitab al-Ishabah (7/653), menukil dari Ibn Sa’d dengan sanad yang sama. Al-Hafizh adz-Dzahabi juga menyebutkannya di kitab as-Siyar (2/222-223) dengan shighah at-tadh’if yang menunjukkan ketidaksahihan kisah tersebut.

 

 ثالثًا: التحقيق:

القصة واهية، حيث إن ما أخرجه ابن سعد به سقط في الإسناد وطعن في الراوي وبيان ذلك:

محمد بن عمر: أورده الإمام المزي في «تهذيب الكمال» (١۷/٩۷/٦۰٩۰) وقال: «محمد بن عمر بن واقد الواقدي الأسلمي أبو عبد اللَّه المدني روى عنه كاتبه محمد بن سعد.. وآخرون».

١- قال البخاري في «الضعفاء الصغير» ترجمة (٣٣٤): «محمد بن عمر الواقدي متروك الحديث».

۲- قال النسائي في «الضعفاء والمتروكين» (ت٥٣١): «محمد بن عمر الواقدي، متروك الحديث».

قلت: وهذا المصطلح عند الإمام النسائي له معناه، يتبين ذلك من قول ابن حجر في «شرح النخبة» (ص۷٣): «مذهب النسائي أن لا يترك حديث الرجل حتى يجتمع الجميع على تركه». اهـ.

٣- أورده ابن أبي حاتم في «الجرح والتعديل» (۸/۲۰/٩۲) وقال:

 

KETIGA: TAHQIQ (PENELITIAN AKAN VALIDITAS KISAH)

Kisah tersebut rapuh karena ada yang gugur dalam sanad yang dikeluarkan oleh Ibn Sa’d dan kritik terhadap perawi. Penjelasan akan hal itu (sebagai berikut):

Muhammad bin ‘Umar, disebutkan oleh Imam al-Mizzi di kitab Tahdzib al-Kamal (17/97/6090) dengan mengatakan, “Muhammad bin ‘Umar bin Waqid al-Waqidi al-Aslami, Abu ‘Abdillah al-Madani, meriwayatkan darinya juru tulisnya, Muhammad bin Sa’d … dan yang lainnya.”

 

(1) Imam al-Bukhari berkata di kitab adh-Dhu’afa’ ash-Shaghir, tarjamah (334), “Muhammad bin ‘Umar al-Waqidi matruk al-hadits.”

(2) Imam an-Nasa’i berkata di kitab adh-Dhu’afa’ wa al-Matrukin, tarjamah (531), “Muhammad bin ‘Umar al-Waqidi, matruk al-hadits.”

Aku katakan, istilah tersebut memiliki pengertian tersendiri bagi Imam an-Nasa’i, hal itu terjelaskan melalui ucapan Ibn Hajar di kitab Syarh an-Nukhbah (halaman 73), “Imam an-Nasa’i berpendapat bahwa seorang perawi tidaklah ditinggalkan haditsnya sampai semua ulama sepakat untuk meninggalkannya.”

(3) Ibn Abi Hatim menyebutkannya di kitab al-Jarh wa at-Ta’dil (8/20/92), dia berkata:

 

أ- «سألت أبي عن محمد بن عمر الواقدي المدني فقال: متروك».

ب- حدثنا يونس بن عبد الأعلى قال لي الشافعي: كتب الواقدي كذب.

جـ- حدثنا أحمد بن سلمة النيسابوري حدثنا إسحاق بن منصور قال: قال أحمد بن حنبل: كان الواقدي يقلب الأحاديث، يلقي حديث ابن أخي الزهري على معمر ونحو هذا.

قال إسحاق بن راهويه كما وصف وأشد لأنه عندي ممن يضع الحديث.

د- أخبرنا أبو بكر بن خيثمة فيما كتب إليّ قال: سمعت يحيى بن معين يقول: «لا يكتب حديث الواقدي، ليس بشيء». اهـ.

٤- قال ابن عدي في «الكامل» (٦/۲٤١، ۹۸/١۷١۹): «هذه الأحاديث التي أمليتها للواقدي والتي لم أذكرها كلها غير محفوظة، ومن يروى عنه الواقدي من الثقات فتلك الأحاديث غير محفوظة عنهم إلا من رواية الواقدي والبلاغ عنه، ومتون أخبار الواقدي غير محفوظة وهو بيّن الضعف». اهـ.

٥- وأورده ابن حبان في «المجروحين» (٢/٢۹٠) وقال: «محمد بن عمر بن واقد الواقدي الأسلمي المدني كان ممن يحفظ أيام الناس وسيرهم وكان يروي عن الثقات المقلوبات وعن الأثبات المعضلات حتى ربما سبق إلى القلب أنه كان المتعمد لذلك كان أحمد بن حنبل يكذبه.

ثم أخرج عن علي بن المديني أنه قال: «الواقدي يضع الحديث».

قلت: والواقدي يروي هذا الخبر عن ابن أخي الزهري، وابن أخي الزهري يروي هذا الخبر عن عمه.

وابن أخي الزهري أورده الإمام المزي في «تهذيب الكمال» (١٦/٤٦٠/٥۹٦٤) وقال: محمد بن عبد اللَّه بن مسلم بن عبيد اللَّه بن عبد اللَّه بن شهاب بن عبد اللَّه بن الحارث بن زهرة القرشي الزهري، أبو عبد اللَّه المدني ابن أخي الزهري روى عن عمه محمد بن مسلم بن شهاب الزهري، وآخرين، وروى عنه محمد بن عمر الواقدي وآخرون، ثم ذكر أن الواقدي يأتي عنه بمناكير عن الزهري وغيره.

قلت: مما أوردناه آنفًا يتبين من التحقيق الطعن في الراوي وهو الواقدي الكذاب والذي يضع الأحاديث.

 

(a) Aku bertanya kepada ayahku tentang Muhammad bin ‘Umar al-Waqidi al-Madani, lalu ayahku mengatakan, “Matruk.”

(b) Telah menceritakan kepada kami Yunus bin ‘Abd al-A’la, asy-Syafi’i berkata kepadaku, “Kitab-kitab al-Waqidi itu dusta.”

(c) Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Salamah an-Naisaburi, telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Manshur, dia berkata: Ahmad bin Hanbal berkata, “Al-Waqidi itu membolak-balik hadits-hadits, dia menyandarkan hadits anak saudara az-Zuhri kepada Ma’mar dan semacam itu.”

Ishaq bin Rahawaih mengatakan sebagaimana yang dia sifatkan dengan lebih keras lagi, “Karena dia menurutku termasuk yang memalsukan hadits.”

(d) Telah mengabarkan kepada kami Abu Bakr bin Khaitsamah menurut yang dia tuliskan kepadaku, dia berkata: Aku mendengar Yahya bin Ma’in mengatakan, “Tidak ditulis hadits al-Waqidi, dia tidak ada apa-apanya.”

 

(4) Ibn ‘Adi berkata di kitab al-Kamil (6/241; 98/1719), “Hadits-hadit al-Waqidi yang kudiktekan ini, juga hadits-haditsnya yang yang tak kututurkan, semuanya tidaklah terpelihara, dan orang yang al-Waqidi meriwayatkan darinya dari kalangan orang-orang tsiqah, maka semua hadits itu tidak terpelihara juga dari mereka melainkan dari riwayat al-Waqidi sendiri dengan penyampaian darinya. Redaksi-redaksi kabar al-waqidi tidaklah terpelihara, jelas sekali lemah.”

(5) Ibn Hibban menyebutkannya di kitab al-Majruhin (2/290), dan dia mengatakan, “Muhammad bin ‘Umar bin Waqid al-Waqidi al-Aslami al-Madani, dia termasuk salah seorang penulis sejarah, dan dia mencampurbaurkan riwayat dari orang-orang tepercaya serta meriwayatkan secara mu’dhal (gugur sanad) dari orang-orang yang jujur sampai-sampai tertanam dalam hati bahwa al-Waqidi memang senantiasa melakukan hal seperti itu, makanya Ahmad bin Hanbal menganggapnya pendusta.”

Kemudian dia mengeluarkan dari ‘Ali bin al-Madini yang mengatakan, “Al-Waqidi memalsukan hadits.”

Aku katakan, Al-Waqidi meriwayatkan kabar ini dari anak saudara az-Zuhri, sedangkan anak saudara az-Zuhri meriwayatkan kabar ini dari pamannya.

Dan anak saudara az-Zuhri disebutkan oleh Imam al-Mizzi di kitab Tahdzib al-Kamal, dia berkata, “Muhammad bin ‘Abdullah bin Muslim bin ‘Ubaidullah bin ‘Abdullah bin Syihab bin ‘Abdullah bin al-Harits bin Zuhrah al-Qurasyi az-Zuhri, Abu ‘Abdillah al-Madani anak saudara az-Zuhri meriwayatkan dari pamannya, Muhammad bin Muslim bin Syihab az-Zuhri dan dari yang lainnya, dan meriwayatkan darinya Muhammad bin ‘Umar al-Waqidi dan yang lainnya,” kemudian dia menyebutkan bahwa al-Waqidi datang darinya dengan membawa riwayat-riwayat mungkar dari az-Zuhri dan selainnya.

Aku katakan, dari apa yang telah kami sebutkan di atas, jelaslah berdasarkan penelitian adanya kritik terhadap perawi yaitu al-Waqidi, seorang pendusta yang memalsukan hadits.

 

الأمر الثاني: وهو السقط في الإسناد.

حيث إن السقط حدث في آخر السند من بعد التابعي وهو الزهري، حيث أورده الحافظ ابن حجر في «التقريب» (۲/۲٠۷) وقال: «محمد بن مسلم بن عبيد اللَّه بن عبد اللَّه بن شهاب بن عبد اللَّه بن الحارث بن زهرة بن كلاب القرشي الزهري من رؤوس الطبقة الرابعة».

قلت: والطبقة الرابعة هي الطبقة التي تلي الطبقة الوسطى من التابعين وهذه الطبقة جُلٌّ روايتهم عن كبار التابعين كذا في مقدمة «التقريب» (١/٥) فكيف يخبر الزهري عن هذه القصة؟

ولذلك هذا الخبر الواهي الذي جاءت به القصة يكون أيضًا مرسلاً لأن «المرسل»: هو ما سقط من آخره مَن بعد التابعي. كذا في «شرح النخبة» (ص٤١).

إذن فالخبر مع شدة ضعفه من مرسل الزهري.

وحكم مرسل الزهري عند علماء الفن نقله السيوطي في «التدريب» (١/۲۰٥) قال: «روى البيهقي عن يحيى بن سعيد قال: مرسل الزهري شر من مرسل غيره لأنه حافظ، وكلما قدر أن يسمي سمى، وإنما يترك من لا يستحب أن يسميه». اهـ.

وبهذا يتبين أن القصة واهية من سقط في الإسناد وطعن في الراوي.

 

Masalah kedua adalah gugur perawi pada sanadnya

Perawi yang gugur terdapat di akhir sanad setelah tabi’in, yaitu setelah az-Zuhri. Al-Hafizh Ibn Hajar berkata di kitab at-Taqrib (2/207), “Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidullah bin ‘Abdullah bin Syihab bin ‘Abdullah bin al-Harits bin Zuhrah bin Kilab al-Qurasyi az-Zuhri dari kalangan thabaqah keempat.”

Aku berkata, Thabaqah keempat itu adalah thabaqah yang mengikuti thabaqah pertengahan dari kalangan tabi’in, dan sebagian besar riwayat mereka berasal dari para kibar tabi’in. Demikianlah dijelaskan di mukadimah kitab  at-Taqrib (1/5). Maka bagaimana caranya az-Zuhri mendapatkan kabar tentang kisah ini?

Oleh karena itu, kabar rapuh yang memuat kisah ini juga terbilang mursal, dan mursal adalah hadits yang pada akhir sanadnya ada perawi yang gugur setelah tabi’in. Demikian (dijelaskan) di kitab Syarh an-Nukhbah halaman (41).

Bila demikian, maka kabar ini benar-benar lemah karena mursal az-Zuhri.

Dan mursal az-Zuhri itu dihukumi oleh para ulama ahli hadits, sebagaimana dinukil oleh as-Suyuthi di kitab at-Tadrib (1/205): al-Baihaqi meriwayatkan dari Yahya bin Sa’id, dia berkata, “Mursal az-Zuhri lebih buruk daripada mursal selainnya karena dia adalah seorang hafizh. Setiap kali dia merasa mampu untuk menyebutkan nama gurunya, dia akan menamainya. Hanyalah dia akan meninggalkan penyebutan (nama gurunya) yang tak dia pandang baik untuk menyebutkannya (karena dianggap begitu lemah –pent).”

 

رابعًا: طريق آخر:

وقد يقول قائل: إن هناك طريقًا آخر للقصة، فإلى القارئ الكريم تخريج هذا الطريق وتحقيقه:

القصة من هذا الطريق أخرجها الطبري في «التاريخ» (۲/١۸٣)، والبيهقي في «الدلائل» (٥/۸)، وأورده ابن كثير في «البداية والنهاية» (٤/٥٠۰)، كلهم عن ابن إسحاق قال: ثم خرج أبو سفيان حتى قدم على رسول الله – صلى الله عليه وسلم – بالمدينة فدخل على ابنته: أم حبيبة… القصة.

 

KEEMPAT: JALUR PERIWAYATAN LAIN

Seseorang mengatakan, “Sesungguhnya terdapat jalan periwayatan lain bagi kisah itu.” Maka untuk para pembaca yang mulia kami ketengahkan takhrij dan tahqiq terhadap jalan periwayatan lain tersebut sebagai berikut:

Kisah menurut jalan periwayatan lain itu dikeluarkan oleh ath-Thabari di kitab at-Tarikh (2/183), al-Baihaqi di kitab ad-Dala-il (5/8), dan Ibn Katsir menyebutkannya di kitab al-Bidayah wa an-Nihayah (4/500), semuanya dari Ibn Ishaq, dia berkata, “Kemudian Abu Sufyan keluar hingga datang menemui Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- di Madinah, lalu masuk menemui putrinya, Ummu Habibah,” –al-kisah.

 

 خامسًا: التحقيق

القصة من هذا الطريق واهية حيث إن سندها مظلم أسقط ابن إسحاق رجاله وقد أورده الحافظ ابن حجر في «طبقات المدلسين» في الطبقة الرابعة رقم (٩١) وقال: «محمد بن إسحاق بن يسار المطلبي المدني صاحب المغازي مشهور بالتدليس عن الضعفاء والمجهولين وعن شر منهم وصفه بالتدليس ابن حبان». اهـ.

ولذلك أسقط ابن إسحاق الرواة وبالتالي لم يتبين أنه حدث أم عنعن فاختفى التدليس تحت الإرسال، يتبين هذا الإرسال من معرفة طبقة ابن إسحاق حيث قال الحافظ ابن حجر في «التقريب» (۲/١٤٤): «محمد بن إسحاق بن يسار، أبو بكر المطلبي مولاهم، المدني، نزيل العراق رمي بالتشيع والقدر من صغار الخامسة». اهـ.

قلت: والخامسة هي الطبقة الصغرى من التابعين الذين رأوا الواحد والاثنين ولم يثبت لبعضهم السماع من الصحابة كذا في مقدمة «التقريب» (١/٥).

قلت: وبهذا يتبين أن ابن إسحاق من صغار الطبقة الصغرى من التابعين وعليه فمرسله من أضعف المراسيل وأن هذا الطريق يزيدها وهنًا على وهن.

 

KELIMA: TAHQIQ ATAS JALUR PERIWAYATAN LAIN

Kisah melalui jalan periwayatan ini rapuh, sanadnya muzhlim (gelap). Ibn Ishaq menggugurkan perawi-perawinya. Ibn Hajar menyebutkannya di kitab Thabaqat al-Mudallisin di bagian Thabaqah keempat nomor (91) dengan mengatakan, “Muhammad bin Ishaq bin Yasar al-Muthalibi al-Madani penulis al-Maghazi terkenal sebagai pelaku tadlis dari perawi-perawi dha’if dan majhul, juga dari orang-orang yang lebih buruk dari mereka. Ibn Hibban menyifatinya sebagai pelaku tadlis.”

Dengan demikian, Ibn Ishaq menggugurkan perawi, tidak jelas apakah dia mendapatkannya secara tahdits ataukah ‘an’anah, dia menyamarkan untuk menutupi irsal. Jelas irsal ini pada sisi thabaqah Ibn Ishaq. (Dalam hal ini) al-Hafizh Ibn hajar berkata di kitab at-Taqrib (2/144), “Muhammad bin Ishaq bin Yasar, Abu Bakr al-Muthalibi maula mereka al-Madani, datang ke Irak dituduh tasyayu’ (Syi’ah) dan masalah takdir, dari kalangan shighar al-khamisah.”

Aku katakan, dan al-khamisah adalah thabaqah ash-shughra kalangan tabi’in yang melihat satu atau dua (shahabat) namun tidak kukuh bahwa mereka mendengar (riwayat) dari shahabat. Demikian diterangkan dalam mukadimah at-Taqrib (1/5).

Aku katakan, dengan ini jelaslah bahwa Ibn Ishaq termasuk thabaqah tabi’in kecil, dan kemursalannya termasuk selemah-lemahnya mursal, dan bahwa jalan periwayatan ini hanya menambah kelemahan di atas kelemahan.

 

سادسًا: قرائن تدل على عدم صحة القصة:

١- إن أبا سفيان ما قدم المدينة إلا ليكلم رسول الله – صلى الله عليه وسلم – أن يزيد في هدنة الحديبية وقام فدخل على ابنته أم حبيبة زوج النبي – صلى الله عليه وسلم -، وقال اللَّه – تعالى -: وإن جاهداك على أن تشرك بي ما ليس لك به علم فلا تطعهما وصاحبهما في الدنيا معروفا [لقمان: ١٥].

فهل من المعروف أن تمنع أم حبيبة أباها من الجلوس على فراش رسول الله – صلى الله عليه وسلم -، وتطوي الفراش وتنهر أباها وتقول لأبيها هو فراش رسول الله – صلى الله عليه وسلم – وأنت امرؤ نجس مشرك؟!

۲- وفعل أم حبيبة (وهو طيها الفراش)، وقولها (أنت امرؤ نجس مشرك) يوهم من لا يعرف أن القصة واهية بأن النجاسة في المشرك نجاسة البدن، والصواب أن نجاسة المشركين معنوية.

 

KEENAM: QARINAH-QARINAH TENTANG KETIADAAN VALIDITAS KISAH

(1)  Bahwa Abu Sufyan datang ke Madinah untuk berbicara kepada Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– agar memperpanjang perjanjian al-Hudaibiyah, dan Abu Sufyan menemui putrinya, Ummu Habibah yang merupakan istri Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sementara Allah ta’ala berfirman (QS. Luqman: 15), “Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan-ku dengan sesuatu yang kamu tidak memiliki pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan bergaulah dengan keduanya di dunia dengan baik.” (Jika demikian) apakah termasuk perbuatan ma’ruf perbuatan Ummu Habibah yang mencegah ayahnya duduk di atas tilam Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- dan melipat tilam itu seraya menghardik ayahnya dan juga mengatakan kepadanya, “Itu adalah tilam Rasulullah sementara kau itu najis dan musyrik.”?

(2) Perbuatan Ummu Habibah (yakni melipat tikar), juga ucapannya, “Kau seorang musyrik yang najis,” memberikan pemahaman kepada orang yang tak mengetahui akan kerapuhan kisah ini bahwa najisnya orang musyrik itu najis yang berkaitan dengan tubuhnya, padahal yang benar bahwa najisnya orang musyrik itu adalah najis dalam pengertian maknawiyah (yakni najis pada aqidah dan keyakinan –pent).

 

 قصة صحيحة تبين نكارة القصة:

أخرج البخاري في «صحيحه» (ح۲٦۲۰، ٣١۸٣، ٥٩۷۸، ٥٩۸٩)، ومسلم في «صحيحه» (١۰۰٣) من حديث أسماء بنت أبي بكر – رضي الله عنها – قالت: قدمت عَليَّ أمي وهي مشركة في عهد رسول الله – صلى الله عليه وسلم – فاستفتيت رسول الله – صلى الله عليه وسلم -، قلت: وهي راغبة أفأصل أمي؟ قال: «نعم صلى أمك».

قلت: وهذا اللفظ للبخاري (ح۲٦۲۰) باب الهدنة للمشركين.

وبوَّب الإمام البخاري بابًا في كتاب «الأدب» سمَّاه باب «صلة الوالد المشرك» (ح٥٩۷۸).

قال الحافظ ابن حجر في «الفتح» (٥/۲۷۷): قوله: «في عهد رسول الله – صلى الله عليه وسلم -» في رواية حاتم: «في عهد قريش إذا عاهدوا رسول الله – صلى الله عليه وسلم -»، وأراد بذلك ما بين الحديبية والفتح. اهـ.

قلت: قول الحافظ: «في رواية حاتم» هو حاتم بن إسماعيل وهو الذي روى عنه شيخ البخاري قتيبة بن سعيد (ح٣١٣۸).

 

KISAH SAHIH YANG MENJADI PENJELAS AKAN KEMUNGKARAN KISAH DI ATAS

Imam al-Bukhari mengeluarkan di kitab Shahih-nya hadits nomor (2620, 3183, 5978, 5979) dan Imam Muslim di kitab Shahih-nya nomor (1003) dari hadits Asma’ binti Abu Bakr –radhiyallahu ‘anha– dia berkata:

Ibuku mengunjungiku pada masa Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam, sementara ibuku itu seorang musyrik. Aku pun bertanya kepada Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– dengan mengatakan, “Ibuku sangat berharap (hubungan baikku). Apakah boleh aku menyambung hubungan dengan ibuku?” Beliau menjawab, “Ya, sambung hubungan baik dengan ibumu.”

Aku katakan, ini dalam redaksi al-Bukhari (2620), bab al-Hudnah li al-Musyrikin.

Imam al-Bukhari pun membuat bab di kitab al-Adab dan menamai bab itu dengan nama Shilah al-Walid al-Musyrik, hadits nomor (5978).

Al-Hafizh Ibn Hajar berkata di kitab al-Fath (5/277): ucapan Asma’, “Pada masa Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam,” dalam riwayat Hatim, redaksinya adalah, “Pada masa kaum Quraisy berada dalam perjanjian dengan Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam,” dan maksudnya pada masa di antara perjanjian al-Hudaibiyah dengan penaklukan Mekah.

Aku katakan, ucapan al-Hafizh, “Dalam riwayat Hatim,” yaitu Hatim bin Isma’il, dan dia itu orang yang meriwayatkan darinya guru Imam al-Bukhari, Qutaibah bin Sa’id (3138).

 

Bandung, 1 Juli 2013

–HENDRA WIBAWA IBN TATO WANGSA WIDJAJA–

Advertisements

12 comments on “Ummu Habibah Putri Abu Sufyan dan Tilam Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam …

  1. Novi Kurnia says:

    Woowww, menjadi peneliti hadis memang profesi yg penting dan langka ya.

  2. jampang says:

    istrinya abu bakar tidak masuk islam, kang?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s