Fragmen-Fragmen Kehidupan Ibunda Kami, ‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha …

fragmen

عن ابن أبي مليكة قال استأذن ابن عباس قبل موتها على عائشة وهي مغلوبة قالت أخشى أن يثني علي فقيل ابن عم رسول الله صلى الله عليه وسلم ومن وجوه المسلمين قالت ائذنوا له فقال كيف تجدينك قالت بخير إن اتقيت قال فأنت بخير إن شاء الله زوجة رسول الله صلى الله عليه وسلم ولم ينكح بكرا غيرك ونزل عذرك من السماء ودخل ابن الزبير خلافه فقالت دخل ابن عباس فأثنى علي ووددت أني كنت نسيا منسيا

Dari Ibn Abu Mulaikah, dia berkata:

Sebelum ‘Aisyah wafat, Ibn ‘Abbas meminta izin untuk menemuinya. Pada waktu itu kondisi ‘Aisyah sudah sangat lemah (menjelang kematiannya). ‘Aisyah berkata, “Aku takut dia malah memujiku.” Maka dikatakan kepada ‘Aisyah, “Ibn ‘Abbas itu anak paman Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- dan termasuk di antara pemuka kaum Muslimin.” ‘Aisyah pun berkata, “Izinkan dia masuk.” (Setelah masuk), Ibn ‘Abbas berkata, “Bagaimana perasaanmu?” ‘Aisyah menjawab, “Dalam kebaikan, jika aku bertakwa.” Ibn ‘Abbas berkata, “Kau berada dalam kebaikan, insya Allah. Kau adalah istri Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan tidaklah beliau menikahi seorang perawan kecuali dirimu. Kabar tentang keterlepasanmu (dari perbuatan keji yang dituduhkan manusia) pun diturunkan langsung dari langit.” (Setelah Ibn ‘Abbas pergi), masuklah Ibn az-Zubair. Maka ‘Aisyah pun berkata (kepada Ibn az-Zubair), “Barusan Ibn ‘Abbas menemuiku lalu memujiku. Betapa inginnya aku menjadi sesuatu yang tak berarti lagi dilupakan.” (HR. al-Bukhari)

 

Ibn Hajar al-Asqalani –rahimahullah– memberikan penjelasan tentang hadits ini di kitab Fath al-Bari (8/848) seraya mengisyaratkan kepada kisah yang lebih lengkap dalam riwayat Ahmad dan Ibn Sa’d melalui jalan ‘Abdullah bin ‘Utsman -atau dikenal sebagai Ibn Khutsaim, dari Ibn Abu Mulaikah, dari Dzakwan maula ‘Aisyah …

 

عن ذكوان مولى عائشة: انه استأذن لابن عباس على عائشة وهى تموت وعندها بن أخيها عبد الله بن عبد الرحمن فقال هذا بن عباس يستأذن عليك وهو من خير بنيك فقالت دعني من بن عباس ومن تزكيته فقال لها عبد الله بن عبد الرحمن انه قارئ لكتاب الله فقيه في دين الله فآذني له فليسلم عليك وليودعك قالت فأذن له ان شئت قال فأذن له فدخل بن عباس ثم سلم وجلس وقال أبشري يا أم المؤمنين فوالله ما بينك وبين ان يذهب عنك كل أذى ونصب أو قال وصب وتلقى الأحبة محمدا وحزبه أو قال أصحابه الا ان تفارق روحك جسدك فقالت وأيضا فقال بن عباس كنت أحب أزواج رسول الله صلى الله عليه و سلم إليه ولم يكن يحب الا طيبا وأنزل الله عز وجل براءتك من فوق سبع سماوات فليس في الأرض مسجد الا وهو يتلى فيه أناء الليل وآناء النهار وسقطت قلادتك بالأبواء فاحتبس النبي صلى الله عليه و سلم في المنزل والناس معه في ابتغائها أو قال في طلبها حتى أصبح القوم على غير ماء فأنزل الله عز و جل { فتيمموا صعيدا طيبا } الآية فكان في ذلك رخصة للناس عامة في سببك فوالله انك لمباركة فقالت دعني يا بن عباس من هذا فوالله لوددت اني كنت نسيا منسيا

 

Dari Dzakwan maula ‘Aisyah, bahwasanya dia memintakan izin untuk Ibn ‘Abbas kepada ‘Aisyah (untuk menemuinya) pada saat-saat menjelang kematian ‘Aisyah. Pada waktu itu di dekat ‘Aisyah ada anak saudaranya, yakni ‘Abdullah bin ‘Abd ar-Rahman. Dzakwan pun berkata, “Ada Ibn ‘Abbas meminta izin untuk menemuimu. Dia termasuk salah satu dari anak-anakmu yang terbaik.” ‘Aisyah berkata, “Bebaskan aku dari Ibn ‘Abbas dan dari tazkiyah-nya (yakni dari ucapannya yang mengandung penyucian).” Maka ‘Abdullah bin ‘Abd ar-Rahman berkata kepada ‘Aisyah, “Sesungguhnya Ibn ‘Abbas itu seorang pembaca kitab Allah, seorang yang paham terhadap agama Allah. Izinkanlah dia masuk untuk mengucapkan salam dan selamat tinggal kepadamu.” ‘Aisyah berkata, “Izinkan dia masuk jika memang kau mau.” Maka ‘Abdullah bin ‘Abd ar-Rahman pun mengizinkannya masuk. Ibn ‘Abbas masuk kemudian mengucapkan salam, duduk dan berkata, “Bergembiralah, wahai Ibunda kaum beriman. Demi Allah, tidak ada penghalang antara dirimu berserta segala derita dan cobaan yang berlalu darimu –atau dia mengatakan penyakit- dengan pertemuanmu bersama orang-orang tercinta, Muhammad dan pengikutnya –atau dia mengatakan para shahabatnya- selain terpisahnya ruh dengan jasadmu.” ‘Aisyah berkata, “Begitu pula kamu.” Ibn ‘Abbas berkata, “Kaulah istri yang paling dicintai oleh Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- sementara tidaklah beliau mencintai kecuali yang baik. Allah ‘Azza wa Jalla pun telah menurunkan (ayat) dari atas langit ketujuh mengenai keterlepasanmu (dari perbuatan keji yang dituduhkan manusia), sehingga tidak ada satu masjid pun di muka bumi melainkan dibacakan di dalamnya ayat tersebut pada malam dan siang hari. Pernah kalungmu terjatuh di al-Abwa’ sehingga membuat Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam- berhenti di sana bersama para shahabat untuk berusaha menemukan kalung itu –atau dia mengatakan untuk mencari kalung itu- hingga datang waktu subuh sementara mereka tidak mendapatkan air (untuk bersuci), lalu Allah ‘Azza wa Jalla menurunkan ayat:

فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا

“Maka bertayammumlah kamu dengan tanah yang baik.” (QS. Al-Ma-idah: 6)

yang di dalam (ayat) tersebut terkandung keringanan bagi umat dengan sebab dirimu. Maka demi Allah, sungguh dirimu seorang perempuan yang penuh keberkahan.” Maka ‘Aisyah berkata, “Tinggalkan aku, wahai Ibn ‘Abbas, dari itu semua! Demi Allah, betapa inginnya aku menjadi sesuatu yang tak berarti lagi dilupakan.”

(HR. Ahmad; Syaikh Syu’aib al-Arna-uth mengatakan, “Sanadnya kuat berdasarkan syarat Muslim, para perawinya tepercaya dan merupakan para perawi al-Bukhari dan Muslim kecuali Ibn Khutsaim yang hanya merupakan perawi Muslim saja.” Demikian juga Syaikh al-Albani mengatakan, “Sanadnya sahih menurut syarat Muslim.” Lihat pensahihan Syaikh al-Albani dalam catatan kakinya di kitab Shahih Mawarid azh-Zham-an, juz dua halaman 373 terhadap hadits nomor 1893, tatkala beliau menjelaskan wasithah (perantara) di antara Ibn Mulaikah dengan ‘Aisyah.)

 

*

**

 

Ibn Hajar al-Asqalani –rahimahullah– berkata di kitab Fath al-Bari:

 

وفي هذه القصة دلالة على سعة علم ابن عباس وعظيم منزلته بين الصحابة والتابعين، وتواضع عائشة وفضلها وتشديدها في أمر دينها، وأن الصحابة كانوا لا يدخلون على أمهات المؤمنين إلا بإذن، ومشورة الصغير على الكبير إذا رآه عدل إلى ما الأولى خلافه، والتنبيه على رعاية جانب الأكابر من أهل العلم والدين، وأن لا يترك ما يستحقونه من ذلك لمعارض دون ذلك في المصلحة

 

“Di dalam kisah ini terdapat petunjuk mengenai keluasan ilmu Ibn ‘Abbas dan kemuliaan kedudukannya di kalangan para shahabat dan para tabi’in. Kisah ini juga menunjukkan tentang sifat tawadhu’ (kerendahan hati) ‘Aisyah serta keutamaan dan kesungguhannya dalam urusan agama. Selain itu menunjukkan pula bahwa para shahabat tidaklah masuk menemui Ummahat al-Mu’minin kecuali setelah meminta izin terlebih dahulu. Ada petunjuk pula (tentang bolehnya) mengemukakan saran dari orang yang lebih muda kepada orang yang lebih tua apabila orang yang lebih muda itu melihat suatu pertimbangan yang lebih baik; juga peringatan untuk memerhatikan kedudukan orang-orang besar dari kalangan ahli ilmu dan agama, (yaitu) agar tidak mengabaikan apa yang menjadi hak mereka dalam hal tersebut oleh adanya penentangan (yang bisa menelantarkan hak tersebut).”

 

*

**

 

فقالت: … ووددت أني كنت نسيا منسيا

 

‘Aisyah berkata, “… betapa inginnya aku menjadi sesuatu yang tak berarti lagi dilupakan.”

 

Demikianlah ucapan ibunda kita, ash-Shiddiqah putri ash-Shiddiq –radhiyallahu ‘anhuma, ucapan seorang ahli wara’ yang senantiasa menjaga diri dan kehormatannya karena perasaan takut kepada Allah. Ucapan seperti itu pulalah yang diucapkan oleh ash-Shiddiqah Maryam binti ‘Imran sebagaimana disebutkan dalam al-Quran:

 

يَا لَيْتَنِي مِتُّ قَبْلَ هَٰذَا وَكُنْتُ نَسْيًا مَنْسِيًّا

 

“Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi sesuatu yang tak berarti lagi dilupakan.” (QS. Maryam: 23)

 

Ibn Hajar al-Asqalani –rahimahullah– berkata:

 

(وددت إلخ): هو على عادة أهل الورع في شدة الخوف على أنفسهم

 

“… betapa inginnya aku menjadi sesuatu yang tak berarti lagi dilupakan,” ini merupakan ucapan yang lazim di kalangan ahli wara’ karena besarnya perasaan takut mereka (terhadap Allah).

 

*

**

 

فقال كيف تجدينك قالت بخير إن اتقيت قال فأنت بخير إن شاء الله

 

Ibn ‘Abbas berkata, “Bagaimana perasaanmu?” ‘Aisyah menjawab, “Dalam kebaikan, jika aku bertakwa.” Ibn ‘Abbas berkata, “Kau berada dalam kebaikan, insya Allah.

 

Demikian pertanyaan Ibn ‘abbas –radhiyallahu ‘anhu– dan begitulah jawaban ‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha– kepada Ibn ‘Abbas.

 

قال الحافظ ابن حجر: (بخير إن اتقيت) أي إن كنت من أهل التقوى

 

Al-Hafizh Ibn Hajar berkata, “Dalam kebaikan, jika aku bertakwa,” yakni (dalam kebaikan) jika aku termasuk kalangan ahli takwa.

 

قال الإمام أبن الجوزي في كشف المشكل من حديث الصحيحين (۹۰٤/١۰۷۷): وقولها: (إن اتقيت): تعني إن خلصت لي التقوى فما أبَالي بالمرض

 

Imam Ibn al-Jauzi berkata di kitab Kasyf al-Musykil min Hadits ash-Shahihain (904/1077):

Ucapan ‘Aisyah, “Jika aku bertakwa,” maksudnya jika ketakwaanku murni (benar), maka aku tak peduli dengan sakit yang kuderita.

 

قال الوزير العالم ابن هبيرة في الإفصاح عن معاني الصّحاح (ج ٣/١۰۸): وقوله (كيف تجدينك؟) قالت: (بخير إن اتقيت)، إنما سألها عن حال بدنها، فأخبرته هي عن حال دينها. قال: (فأنت بخير إن شاء الله) يعني أنك من أهل التقوى.

 

Berkata al-Wazir al-‘Alim Ibn Hubairah di kitab al-Ifshah ‘an Ma’ani ash-Shihah (juz 3/108):

Dan ucapan Ibn ‘Abbas, “Bagaimana perasaanmu?” ‘Aisyah menjawab, “Dalam kebaikan, jika aku bertakwa.” (Sebetulnya) yang ditanyakan kepada ‘Aisyah hanyalah ihwal kondisi fisiknya saja (yakni tentang keadaan kesehatannya), namun ‘Aisyah memberikan jawaban mengenai perkara agamanya. (Lantas Ibn ‘Abbas) berkata, “Kau berada dalam kebaikan, insya Allah, yakni bahwasanya dirimu termasuk kalangan ahli takwa, insya Allah.

 

قالت سكينة بنت محمد ناصر الدين الألباني: بِخَيْرٍ إِنِ اتَّقَيْتُ لأنَّ التَّقِيَّ آخذٌ بوصيَّةِ جميعِ الأنبياء لِأقوامهم! (إِذْ قَالَ لَهُمْ أَخُوهُمْ نُوحٌ أَلَا تَتَّقُونَ) (الشعراء: ١٠٦) (إِذْ قَالَ لَهُمْ أَخُوهُمْ هُودٌ أَلَا تَتَّقُونَ) (الشعراء: ١٢٤) (إِذْ قَالَ لَهُمْ أَخُوهُمْ صَالِحٌ أَلَا تَتَّقُونَ) (الشعراء: ١٤٢) (إِذْ قَالَ لَهُمْ أَخُوهُمْ لُوطٌ أَلَا تَتَّقُونَ) (الشعراء: ١٦١) (إِذْ قَالَ لَهُمْ شُعَيْبٌ أَلَا تَتَّقُونَ) (الشعراء: ١٧٧) (وَإِنَّ إِلْيَاسَ لَمِنْ الْمُرْسَلِينَ * إِذْ قَالَ لِقَوْمِهِ أَلَا تَتَّقُونَ) (الصافات: ١٢٣و١٢٤) (وَلَمَّا جَاء عِيسَىٰ بِالْبَيِّنَاتِ قَالَ قَدْ جِئْتُكُم بِالْحِكْمَةِ وَلِأُبَيِّنَ لَكُم بَعْضَ الَّذِي تَخْتَلِفُونَ فِيهِ فَاتَّقُوا اللهَ وَأَطِيعُونِ) (الزخرف: ٦٣).

 

Sukainah binti Muhammad Nashir ad-Din al-Albani berkata:

Aku berada dalam kebaikan jika aku bertakwa, karena bertakwa itu mengikuti (apa yang menjadi) wasiat seluruh nabi kepada umat-umat mereka: 

 

(إِذْ قَالَ لَهُمْ أَخُوهُمْ نُوحٌ أَلَا تَتَّقُونَ) (الشعراء: ١٠٦)

 

Ketika saudara mereka, Nuh, berkata kepada mereka, “Mengapa kamu tidak bertakwa?” (QS. asy-Syu’ara: 106)

 

(إِذْ قَالَ لَهُمْ أَخُوهُمْ هُودٌ أَلَا تَتَّقُونَ) (الشعراء: ١٢٤)

 

Ketika saudara mereka, Hud, berkata kepada mereka, “Mengapa kamu tidak bertakwa?” (QS. asy-Syu’ara: 124)

 

(إِذْ قَالَ لَهُمْ أَخُوهُمْ صَالِحٌ أَلَا تَتَّقُونَ) (الشعراء: ١٤٢)

 

Ketika saudara mereka, Shalih, berkata kepada mereka, “Mengapa kamu tidak bertakwa?” (QS. asy-Syu’ara: 142)

 

(إِذْ قَالَ لَهُمْ أَخُوهُمْ لُوطٌ أَلَا تَتَّقُونَ) (الشعراء: ١٦١)

 

Ketika saudara mereka, Luth, berkata kepada mereka, “Mengapa kamu tidak bertakwa?” (QS. asy-Syu’ara: 161)

 

(إِذْ قَالَ لَهُمْ شُعَيْبٌ أَلَا تَتَّقُونَ) (الشعراء: ١٧٧)

 

Ketika saudara mereka, Syu’aib, berkata kepada mereka, “Mengapa kamu tidak bertakwa?” (QS. asy-Syu’ara: 177)

 

(وَإِنَّ إِلْيَاسَ لَمِنْ الْمُرْسَلِينَ * إِذْ قَالَ لِقَوْمِهِ أَلَا تَتَّقُونَ) (الصافات: ١٢٣و١٢٤)

 

Dan sesungguhnya Ilyas benar-benar termasuk salah seorang rasul-rasul. (Ingatlah) ketika dia berkata kepada kaumnya, “Mengapa kamu tidak bertakwa? (QS. ash-Shaffat: 123-124)

 

(وَلَمَّا جَاء عِيسَىٰ بِالْبَيِّنَاتِ قَالَ قَدْ جِئْتُكُم بِالْحِكْمَةِ وَلِأُبَيِّنَ لَكُم بَعْضَ الَّذِي تَخْتَلِفُونَ فِيهِ فَاتَّقُوا اللهَ وَأَطِيعُونِ) (الزخرف: ٦٣).

 

Dan tatkala ‘Isa datang membawa keterangan, dia berkata, “Sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa hikmah dan untuk menjelaskan kepadamu sebagian dari apa yang kamu berselisih tentangnya, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah (kepada)ku.”

 

وقالت –أيضاً- سكينة بنت محمد ناصر الدين الألباني: بِخَيْرٍ إِنِ اتَّقَيْتُ … ووصيّةِ خاصَّتِهم وخاتمهم محمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَىٰ آلِهِ وَسَلَّمَ: «أُوصِيكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، وَالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ وَإِنْ عَبْدًا حَبَشِيًّا؛ فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ بَعْدِي فَسَيَرَى اخْتِلَافًا كَثِيرًا، فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الْمَهْدِيِّينَ الرَّاشِدِينَ، تَمَسَّكُوا بِهَا، وَعَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ، وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الْأُمُورِ؛ فَإِنَّ كُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ، وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ» (رواه أبو داود وغيرُه وصححه الوالد رَحِمَهُمُ اللهُ؛ “الإرواء” (۲٤٥٥).

 

Sukainah binti Muhammad Nashir ad-Din al-Al-Bani juga mengatakan:

Aku berada dalam kebaikan jika aku bertakwa … (karena) takwa itu merupakan perkara yang diwasiatkan oleh seutama-utama nabi sekaligus penutup para nabi, yaitu Muhammad –shallallahu ‘alaihi wa sallam– (yang bersabda), “Aku wasiatkan kepada kalian untuk bertakwa, untuk mendengar dan taat (kepada pemimpim) meskipun (pemimpin kalian itu) berasal dari kalangan budak bangsa Habsyi karena sesungguhnya barang siapa di antara kalian yang masih hidup sepeninggalku nanti, niscaya dia akan melihat banyak perselisihan yang terjadi. Oleh karena itu wajib bagi kalian untuk berpegang teguh dengan Sunnah-ku dan Sunnah Khulafa-u al-Mahdiyin ar-Rasyidin. Pegang teguhlah itu dan gigitlah dengan gigi geraham kalian. Dan hendaklah kalian menjauhi perkara-perkara muhdats karena setiap perkara muhdats itu bid’ah, dan setiap bid’ah itu sesat.”  -diriwayatkan oleh Abu Dawud dan selainnya, disahihkan oleh ayahku (Syaikh al-Albani) –rahimahullah– di kitab al-Irwa’ (2455).

 

… لأنَّ التقوىٰ رأسُ الأمرِ كلِّهٍ! قال أبو ذرٍّ للنبيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَىٰ آلِهِ وَسَلَّمَ:

يَا رَسُولَ اللهِ! أَوْصِنِي. قَالَ: «أُوصِيكَ بِتَقْوَى اللهِ؛ فَإِنَّهُ رَأْسُ الْأَمْرِ كُلِّهِ» (مِن حديثٍ رواه ابن حبان وحسّنه أبي لغيره؛ “صحيح الترغيب والترهيب” (١٤۲۲)

 

Sukainah binti Muhammad Nashir ad-Din al-Al-Bani juga mengatakan:

Aku berada dalam kebaikan jika aku bertakwa, karena takwa itu merupakan induk segala urusan. Abu Dzar berkata kepada Nabi –shallallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam, “Wahai Rasulullah, berilah aku petuah.” Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam– pun bersabda, “Aku wasiatkan kepadamu untuk bertakwa kepada Allah karena ketakwaan itu merupakan induk segala urusan.” –dari hadits yang diriwayatkan oleh Ibn Hibban, dihasankan oleh ayahku dengan jalan riwayat lainnya; Shahih at-Targhib wa at-Tarhib (1422).

 

… لأنَّ اللهَ وليُّ المتقين؛ فهو “نَصِيرُهُمْ وَظَهِيرُهُمْ، يَتَوَلَّاهُمْ بِعَوْنِهِ وَتَوْفِيقِهِ”. (وَاللهُ وَلِيُّ الْمُتَّقِينَ) (الجاثية: ١۹).

… لأنَّ كُلَّ خُلَّةٍ هِيَ عَدَاوَةٌ إِلَّا خُلَّةَ الْمُتَّقِينَ. (الْأَخِلَّاء يَوْمَئِذٍ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ إِلَّا الْمُتَّقِينَ) (الزخرف: ٦۷)

 

Sukainah binti Muhammad Nashir ad-Din al-Al-Bani juga mengatakan:

Aku berada dalam kebaikan jika aku bertakwa, karena Allah-lah yang menjadi pelindung bagi orang-orang yang bertakwa, Allah-lah penolong mereka dan yang memenangkan mereka, Dia melindungi mereka dengan pertolongan-Nya dan memberikan taufiq kepada mereka. (Allah berfirman):

 

(وَاللهُ وَلِيُّ الْمُتَّقِينَ) (الجاثية: ١۹).

 

“Dan Allah adalah pelindung orang-orang yang bertakwa. (QS. al-Jatsiyah: 19)

 

… juga karena setiap teman akrab kelak akan bermusuhan kecuali teman akrab yang bertakwa. (Allah berfirman):

 

(الْأَخِلَّاء يَوْمَئِذٍ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ إِلَّا الْمُتَّقِينَ) (الزخرف: ٦۷)

 

“Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa. (QS. az-Zukhruf: 67)

 

*

**

 

قال: زوجة رسول الله صلى الله عليه وسلم ولم ينكح بكرا غيرك …

 

Ibn ‘Abbas berkata, Kau adalah istri Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan tidaklah beliau menikahi seorang perawan kecuali dirimu.”

 

Demikianlah memang, karena selain ‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha, semua perempuan yang dinikahi oleh Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– merupakan janda. Hanya ‘Aisyah sajalah satu-satunya perempuan perawan yang beliau nikahi.

‘Aisyah –radhiyallahu ‘anhu– pernah membuat perumpamaan mengenai hal ini ketika berbincang dengan Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– sebagaimana terdapat dalam hadits berikut:

 

عن عائشة رضي الله عنها قالت: قلت يا رسول الله! أرأيت لو نزلت واديا وفيه شجرة قد أكل منها ووجدت شجرا لم يؤكل منها في أيها كنت ترتع بعيرك، قال: في التي لم يرتع منها تعني أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- لم يتزوج بكرا غيرها

 

Dari ‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha, dia berkata:

Aku berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana menurutmu seandainya kau singgah di suatu lembah yang di situ terdapat sebuah pohon yang telah dimakan darinya, dan kau dapati pula sebuah pohon lain yang belum dimakan darinya. Pada pohon manakah akan kauberi makan untamu?” Beliau menjawab, “Pada pohon yang belum pernah diambil daripadanya.” Maksudnya adalah bahwa Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– belum pernah menikahi perawan selain ‘Aisyah. (HR. al-Bukhari)

 

*

**

 

فقال بن عباس كنت أحب أزواج رسول الله صلى الله عليه و سلم إليه ولم يكن يحب الا طيبا

 

Ibn ‘Abbas berkata, “Kaulah istri yang paling dicintai oleh Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- sementara tidaklah beliau mencintai kecuali yang baik.

 

Memang demikianlah yang sesungguhnya. ‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha– memanglah perempuan yang paling dicintai oleh Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– sebagaimana yang dikatakan sendiri oleh Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam:

 

عن أبي عثمان: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم بعث عمرو بن العاص على جيش ذات السلاسل، قال: فأتيته فقلت: أي الناس أحب إليك؟ قال: (عائشة). قلت: من الرجال؟ قال: (أبوها). قلت: ثم من؟ قال: (عمر). فعد رجالا

 

Dari Abu ‘Utsman, bahwa Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– mengutus ‘Amr bin al-‘Ash untuk memimpin pasukan ke Dzatu as-Salasil. ‘Amr bin al-‘Ash berkata: Aku mendatangi beliau lalu bertanya kepadanya, “Siapakah manusia yang paling kau cintai?” Beliau menjawab, ’Aisyah. Aku berkata, “Kalau dari kalangan laki-laki?” Beliau menjawab, “Ayahnya.” Aku bertanya lagi, “Kemudian siapa?” Beliau menjawab, “’Umar.” Lalu beliau menyebutkan beberapa lelaki lagi. (HR. al-Bukhari dan Muslim)

 

*

**

 

فقال بن عباس: … وأنزل الله عز وجل براءتك من فوق سبع سماوات

 

Ibn ‘Abbas berkata, “… Allah ‘Azza wa Jalla pun telah menurunkan (ayat) dari atas langit ketujuh mengenai keterlepasanmu (dari perbuatan keji yang dituduhkan manusia).”

 

Hal ini berkaitan dengan peristiwa hadits al-Ifki (berita bohong), yaitu berita bohong tentang perbuatan keji yang dituduhkan oleh orang munafik kepada ‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha. Allah ‘Azza wa Jalla menurunkan ayat yang menyatakan kebersihan ‘Aisyah dan keterlepasannya dari perbuatan keji yang dituduhkan kepadanya itu. Adapun kisahnya adalah sebagai berikut:

 

عن عائشة رضي الله عنها، زوج النبي صلى الله عليه وسلم، حين قال لها أهل الإفك ما قالوا، فبرأها الله منه … قالت: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا أراد أن يخرج سفرا أقرع بين أزواجه، فأيتهن خرج سهمها خرج بها معه، فأقرع بيننا في غزاة غزاها، فخرج سهمي فخرجت معه، بعد ما أنزل الحجاب، فأنا أحمل في هودج وأنزل فيه، فسرنا حتى إذا فرغ رسول الله صلى الله عليه وسلم من غزوته تلك وقفل، ودنونا من المدينة، آذن ليلة بالرحيل، فقمت حين آذنوا بالرحيل، فمشيت حتى جاوزت الجيش، فلما قضيت شأني، أقبلت إلى الرحل، فلمست صدري، فإذا عقد لي من جزع أظفار قد انقطع، فرجعت فالتمست عقدي فحبسني ابتغاؤه، فأقبل الذين يرحلون لي، فاحتملوا هودجي فرحلوه على بعيري الذي كنت أركب، وهم يحسبون أني فيه، وكان النساء إذ ذاك خفافا لم يثقلن، ولم يغشهن اللحهم، وإنما يأكلن العلقة من الطعام، فلم يستنكر القوم حين رفعوه ثقل الهودج فاحتملوه، وكنت جارية حديثة السن، فبعثوا الجمل وساروا، فوجدت عقدي بعد ما استمر الجيش، فجئت منزلهم وليس فيه أحد، فأممت منزلي الذي كنت به، فظننت أنهم سيفقدونني فيرجعون إلي، فبينا أنا جالسة غلبتني عيناي فنمت، وكان صفوان بن المعطل السلمي ثم الذكواني من وراء الجيش، فأصبح عند منزلي، فرأى سواد إنسان نائم فأتاني، وكان يراني قبل الحجاب، فاستيقظت باسترجاعه، حين أناخ راحلته، فوطئ يدها فركبتها، فانطلق يقود بي الراحلة، حتى أيتنا الجيش بعد ما نزلوا معرسين في نحر الظهيرة، فهلك من هلك، وكان الذي تولى الإفك عبد الله بن أبي ابن سلول، فقدمنا المدينة، فاشتكيت بها شهرا، يفيضون من قول أصحاب الإفك، ويريبني في وجعي: أني لا أرى من النبي صلى الله عليه وسلم اللطف الذي كنت أرى منه حين أمرض، وإنما يدخل فيسلم، ثم يقول: (كيف تيكم). لا أشعر بشيء من ذلك حتى نقهت. فخرجت أنا وأم مسطح قبل المناصع، متبرزنا، لا نخرج إلا ليلا إلى ليل، وذلك قبل أن نتخذ الكنف قريبا من بيوتنا، وأمرنا أمر العرب الأول في البرية، أو في التنزه، فأقبلت أنا وأم مسطح بنت أبي رهم نمشي، فعثرت في مرطها، فقالت: تعس مسطح، فقلت لها: بئس ما قلت، أتسبين رجلا شهد بدرا، فقالت: يا هنتاه ألم تسمعي ما قالوا، فأخبرتني بقول أهل الإفك، فازددت مرضا إلى مرضي، فلما رجعت إلى بيتي، دخل علي رسول الله صلى الله عليه وسلم فسلم، فقال: (كيف تيكم). فقلت: ائذن لي إلى أبوي، قالت: وأنا حينئذ أريد أن أستيقن الخبر من قبلهما، فأذن لي رسول الله صلى الله عليه وسلم فأتيت أبوي، فقلت لأمي: ما يتحدث به الناس؟ فقالت: يا بنية، هوني على نفسك الشأن، فوالله لقلما كانت امرأة قط وضيئة، عند رجل يحبها، ولها ضرائر، إلا أكثرن عليها. فقلت: سبحان الله، ولقد يتحدث الناس بهذا؟ قالت: فبت الليلة حتى أصبحت، لا يرقأ لي دمع، ولا أكتحل بنوم، ثم أصبحت فدعا رسول الله صلى الله عليه وسلم علي بن أبي طالب وأسامة ابن زيد، حين استلبث الوحي، يستشيرهما في فراق أهله، فأما أسامة فأشار عليه بالذي يعلم في نفسه من الود لهم، فقال أسامة: أهلك يا رسول الله ولا نعلم والله إلا خيرا، وأما علي بن أبي طالب فقال: يا رسول الله، لم يضيق الله عليك، والنساء سواها كثير، وسل الجارية تصدقك، فدعا رسول الله صلى الله عليه وسلم بريرة، فقال: (يا بريرة، هل رأيت شيئا يريبك). فقالت بريرة: لا والذي بعثك بالحق، إن رأيت منها أمرا أغمصه عليها أكثر من أنها جارية حديثة السن، تنام عن العجين، فتأتي الدواجن فتأكله. فقام رسول الله صلى الله عليه وسلم من يومه، فاستعذر من عبد الله بن أبي ابن سلول، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (من يعذرني من رجل بلغني أذاه في أهلي، فوالله ما علمت على أهلي إلا خيرا، وقد ذكروا رجلا ما علمت عليه إلا خيرا، وما كان يدخل على أهلي إلا معي). فقام سعد بن معاذ فقال: يا رسول الله، أنا والله أعذرك منه: إن كان من الأوس ضربنا عنقه، وإن كان من إخواننا من الخزرج أمرتنا ففعلنا فيه أمرك. فقام سعد ابن عبادة، وهو سيد الخزرج، وكان قبل ذلك رجلا صالحا، ولكن احتملته الحمية، فقال: كذبت لعمر الله لا تقتله، ولا تقدر على ذلك. فقام أسيد بن الحضير فقال: كذبت لعمر الله، والله لتقتلنه، فإنك منافق تجادل عن المنافقين. فثار الحيان: الأوس والخزرج، حتى هموا ورسول الله صلى الله عليه وسلم على المنبر، فنزل فخفضهم، حتى سكتوا وسكت، وبكيت يومي لا يرقأ لي دمع ولا أكتحل بنوم، فأصبح عندي أبواي، قد بكيت ليلتين ويوما، حتى أظن أن البكاء فالق كبدي، قالت: فبينا هما جالسان عندي وأنا أبكي، إذ استأذنت امرأة من الأنصار فأذنت لها، فجلست تبكي معي، فبينا نحن كذلك إذ دخل رسول الله صلى الله عليه وسلم فجلس ولم يجلس عندي من يوم قيل في ما قيل قبلها، وقد مكث شهرا لا يوحى إليه في شأني شيء، قالت: فتشهد، ثم قال: (يا عائشة، فإنه بلغني عنك كذا وكذا، فإن كنت بريئة فسيبرئك الله، وإن كنت ألممت بشيء فاستغفري الله وتوبي إليه، فإن العبد إذا اعترف بذنبه ثم تاب تاب الله عليه. فلما قضى رسول الله صلى الله عليه وسلم مقالته قلص دمعي حتى ما أحس منه قطرة، وقلت لأبي: أجب عني رسول الله صلى الله عليه وسلم، قال: والله ما أدري ما أقول لرسول الله صلى الله عليه وسلم، فقلت لأمي: أجيبي عني رسول الله صلى الله عليه وسلم فيما قال، قالت: والله ما أدري ما أقول لرسول الله صلى الله عليه وسلم، قالت: وأنا جارية حديثة السن لا أقرأ كثيرا من القرآن، فقلت: إني والله لقد علمت أنكم سمعتم ما يتحدث به الناس، ووقر في أنفسكم وصدقتم به، ولئن قلت لكم إني بريئة، والله يعلم إني لبريئة، لا تصدقوني بذلك، ولئن اعترفت لكم بأمر، والله يعلم أني بريئة، لتصدقني، والله ما أجد لي ولم مثلا إلا أبا يوسف إذ قال: {فصبر جميل والله المستعان على ما تصفون}. ثم تحولت إلى فراشي، وأنا أرجو أن يبرئني الله، ولكن والله ما ظننت أن ينزل في شأني وحيا، ولأنا أحقر في نفسي من أن يتكلم بالقرآن في أمري، ولكني كنت أرجو أن يرى رسول الله صلى الله عليه وسلم في النوم رؤيا يبرئني الله، فوالله ما رام مجلسه، ولا خرج أحد من أهل البيت، حتى أنزل عليه الوحي، فأخذه ما كان يأخذه من البرحاء، حتى إنه ليتحدر منه مثل الجمان من العرق في يوم شات، فلما سري عن رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو يضحك، فكان أول كلمة تكلم بها أن قال لي: (يا عائشة، احمدي الله، فقد برأك الله). فقالت لي أمي: قومي إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم، فقلت: لا والله لا أقوم إليه، ولا أحمد إلا الله، فأنزل الله تعالى: {إن الذين جاؤوا بالإفك عصبة منكم}. الآيات، فلما أنزل الله هذا في براءتي، قال أبو بكر الصديق رضي الله عنه، وكان ينفق على مسطح بن أثاثة لقرابته منه: والله لا أنفق على مسطح شيئا أبدا، بعد ما قال لعائشة. فأنزل الله تعالى: {ولا يأتل أولو الفضل منكم والسعة – إلى قوله ألا تحبون أن يغفر الله لكم والله غفور رحيم}. فقال أبو بكر: بلى والله إني لأحب أن يغفر الله لي، فرجع إلى مسطح الذي كان يجري عليه. وكان رسول الله صلى الله عليه وسلم يسأل زينب بنت جحش عن أمري، فقال: (يا زينب، ما علمت، ما رأيت). فقالت: يا رسول الله، أحمي سمعي وبصري، والله ما علمت عليها إلا خيرا. قالت: وهي التي كانت تساميني، فعصمها الله بالورع

 

Dari ‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha, istri Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam, pada waktu ahl al-Ifk (orang-orang yang menyebarkan berita dusta) melemparkan tuduhan kepadanya berupa apa yang mereka katakan, maka Allah pun menyatakan keterlepasan ‘Aisyah dari tuduhan itu.

‘Aisyah berkata:

Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– apabila hendak melakukan safar biasa mengundi di antara istri-istrinya. Anak panah mana pun yang keluar, maka si istri yang memiliki anak panah itulah yang akan menyertai perjalanan beliau. (Pada suatu hari) beliau mengundi kami untuk suatu peperangan yang akan beliau ikuti. Ternyata anak panahku yang keluar sehingga akulah yang menyertai perjalanan beliau. Dan itu terjadi setelah turun perintah mengenai hijab. Aku pun dinaikkan ke dalam sekedup dan tinggal di dalamnya, lalu kami menjalani ekspedisi itu.

Setelah Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– menyelesaikan peperangannya, kami kembali pulang. Tatkala kami sudah dekat dengan Madinah, beliau memberitahukan kepada (rombongan) untuk beristirahat malam. Aku keluar dari sekedup tatkala rombongan beristirahat, lalu berjalan hingga berada jauh dari pasukan. Setelah keperluanku selesai, aku pun kembali menuju rombongan. (Saat sedang berjalan menuju rombongan), aku meraba dadaku. Ternyata kalung batu merjanku putus (hingga jatuh dan hilang). Aku pun berbalik kembali untuk mencari kalungku hingga aku tertahan (di tempat itu) karena mencarinya.

Orang-orang yang menuntun untaku bertolak pergi setelah mengangkat sekedupku ke atas unta yang (tadinya) membawaku. Mereka menyangka aku berada di dalam sekedup itu. Memang para perempuan pada masa itu berbadan ringa-ringan dan bertubuh (kurus-kurus) tak berdaging karena hanya memakan sedikit makanan saja. (Tak mengherankan) jika orang-orang itu tak menyadari (perbedaan bobot) ketika mengangkat sekedupku (ke atas unta). Apalagi kala itu aku termasuk perempuan yang masih berusia muda. Mereka pun menyuruh unta berdiri dan berjalan.

Aku (berhasil) menemukan kalungku setelah pasukan bertolak pergi. Aku mendatangi tempat mereka (tadi beristirahat) namun tiada kudapati seorang pun di sana. Aku beranjak menuju ke tempatku (di mana sebelumnya untaku bertambat). Aku menduga mereka akan (menyadari) bahwa mereka telah kehilanganku lalu kembali ke tempatku. Pada saat aku duduk, kantuk menyerangku sehingga aku pun tertidur.

Shafwan bin al-Mu’aththal as-Sulami adz-Dzakwan (berjalan terpisah) di belakang rombongan (yakni pulang dari tempat perang lebih lambat dari rombongan ‘Aisyah –pent). Pada pagi hari dia baru sampai di tempatku. Dia melihat orang dengan warna hitam yang sedang tidur. Dia pun menghampiriku –dan Shafwan ini dulu pernah melihatku sebelum ada perintah berhijab. Aku terbangun oleh ucapan Shafwan yang ber- istirja’ (yakni ucapan: inna lillahi wa inna ilaihi raji’un) ketika dia menderumkan untanya. Shafwan menginjak kaki untanya, lalu aku pun menaiki untanya. Dia bertolak sambil menuntun unta yang kunaiki hingga kami (berhasil) bergabung dengan pasukan yang saat itu tengah beristirahat (lagi) di puncak siang yang panas.

Maka binasalah orang yang binasa (dengan sebab ucapan dan perbuatannya sendiri). Adalah ‘Abdullah bin Ubay bin Salul orang yang memelopori (kabar dan tuduhan) dusta itu. Lalu kami pun tiba di Madinah. Aku menderita sakit sebulan lamanya, sementara orang-orang telah menyiarkan kabar dusta (yang diembuskan) oleh ahl al-ifk. Selama sakit, aku merasa dibimbangkan oleh (adanya perubahan sikap pada diri Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam). Aku tak melihat lagi sikap lembut Nabi –shallallahu ‘laihi wa sallam– terhadapku sebagaimana yang biasa kudapatkan darinya jika aku sakit. Beliau hanya masuk (ke kamarku), mengucapkan salam, kemudian berkata, “Bagaimana keadaanmu sekarang?”

Aku sama sekali tak mengetahui apa yang sebenarnya sedang terjadi hingga aku mulai pulih dari sakitku. Ketika itu aku keluar bersama Ummu Misthah ke tempat buang hajat. Kami tidak pergi ke tempat itu kecuali pada malam hari saja, dan itu sebelum kami membuat jamban-jamban di dekat rumah-rumah kami. Kebiasaan kami itu merupakan kebiasaan kaum Arab terdahulu, buang hajat di sahara atau di tempat yang jauh dari kampung. Maka aku pun pergi bersama Ummu Misthah binti Abu Ruhm dengan berjalan kaki. Tiba-tiba Ummu Misthah tergelincir karena kainnya (tersangkut), lalu dia berkata, “Celakalah Misthah!” Aku pun berkata kepadanya, “Buruk sekali ucapanmu. Apakah kau mencaci lelaki yang turut serta dalam perang Badr?” Ummu Misthah berkata, “Wahai dirimu, tidakkah kau mendengar apa yang mereka bicarakan?” Lantas Ummu Misthah pun mengabarkan kepadaku tentang ucapan ahl al-ifk. (Mendengar itu), semakin bertambah-tambahlah sakit yang kuderita. Ketika aku telah kembali ke rumah, Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– masuk menemuiku lalu berkata, “Bagaimana keadaanmu sekarang?” Aku pun berkata, “Izinkanlah aku menemui ayah dan ibuku.” Saat itu aku memang ingin memastikan kabar (yang beredar tentang diriku) itu dari kedua orang tuaku. Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– mengizinkanku, maka aku pun menemui kedua orang tuaku.

Aku bertanya kepada ibuku, “Apa yang sedang dibicarakan oleh orang-orang?” Ibuku berkata, “Wahai anakku, anggap saja urusan ini angin lalu! Demi Allah, jarang sekali bagi seorang istri yang cantik lagi baik, dicintai oleh suaminya, sementara ada beberapa madu baginya, melainkan madu-madu itu akan memperbanyak celaan dan memperbincangkan aib-aibnya.” Aku berkata, “Sub-hanallah, benarkah orang-orang telah memperbincangkan hal ini?” Lalu aku pun bermalam di rumah orang tuaku hingga datang waktu pagi. Sepanjang malam tak henti-hentinya air mataku mengalir, sementara tidak pula (kegundahanku) membuatku bisa tidur. Pada pagi harinya Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– memanggil ‘Ali bin Abu Thalib dan Usamah bin Zaid ketika wahyu belum juga turun. Beliau bermusyawarah dengan mereka berdua tentang menceraikan istri beliau. Adapun Usamah, dia memberi pertimbangan kepada sesuatu yang diyakininya mengenai cinta kasih mereka. Usamah pun berkata, “Keluargamu, wahai Rasulullah. Tidaklah kami mengetahui, demi Allah, melainkan kebaikan.” Adapun ‘Ali bin Abu Thalib, dia mengatakan, “Wahai Rasulullah, tidaklah Allah akan memberi kesempitan kepadamu. Masih banyak perempuan-perempuan lainnya. Tanyakanlah kepada budak perempuannya, niscaya dia akan berkata jujur kepadamu.” Maka Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– pun memanggil Barirah, lalu berkata kepadanya, “Wahai Barirah, adakah kau melihat sesuatu (yang mencurigakan) pada diri tuanmu (‘Aisyah)?” Barirah menjawab, “Tidak ada, demi Allah yang telah mengutusmu dengan kebenaran! Kalaupun aku pernah melihat pada dirinya sesuatu yang tercela, itu pun lebih karena (waktu itu) dia hanyalah seorang perempuan yang masih kecil, (kala itu) dia tertidur saat menjaga adonan roti sehingga datanglah unggas-unggas yang memakan adonan roti itu.”

Kemudian pada hari itu Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– berdiri (di hadapan kaum Muslimin) untuk meminta pembelaan terhadap (fitnah) dari ‘Abdullah bin Ubay bin Salul. Beliau berkata, “Siapa yang mau menolongku dari lelaki yang telah menyakiti istriku? Demi Allah, aku tak mengetahui sesuatu pun dari istriku kecuali kebaikan! Mereka juga telah menyebutkan seorang lelaki (yakni Shafwan bin al-Mu’aththal as-Sulami adz-Dzakwan) yang tak kuketahui darinya kecuali kebaikan! Dan tidaklah dia pernah menemui istriku kecuali bersamaku.” Maka berdirilah Sa’d bin Mu’adz, lalu berkata, “Wahai Rasulullah, demi Allah aku akan menolongmu dari orang yang menyakiti istrimu! Jika dia berasal dari suku al-Aus, niscaya kutebas lehernya! Seandainya dia berasal dari suku saudara kami, al-Khazraj, maka perintahkanlah kepada kami agar kami laksanakan perintahmu!” (Mendengar itu), berdirilah Sa’d bin ‘Ubadah yang merupakan pemimpin suku al-Khazraj. Sebenarnya dia itu seorang lelaki yang shalih, namun (ucapan Sa’d bin Mu’adz) telah memarahkan jiwa kesukuannya. Sa’d bin ‘Ubadah pun berkata, “Dusta kau (wahai Sa’d bin Mu’adz! Demi nama Allah, tidaklah kau akan membunuhnya dan takkan kuasa melakukannya!” Lalu berdirilah Usaid bin al-Hudhair seraya berkata, “Dusta kau (wahai Sa’d bin ‘Ubadah)! Demi Allah kami benar-benar akan membunuhnya! Sesungguhnya kau seorang munafik yang membela kaum munafik!” Maka terjadilah kerusuhan di antara kedua golongan itu, al-Aus dan al-Khazraj, sampai-sampai hendak saling membunuh padahal Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– sedang berdiri di atas mimbar. Beliau pun turun (dari mimbar) dan menenangkan mereka hingga mereka terdiam dan beliau pun diam. Hari itu tak henti-hentinya aku menangis sementara (kegundahan) membuatku tak bisa tidur.

Pada pagi harinya, ayah dan ibuku berada di sisiku. Aku telah menangis selama dua malam satu hari hingga aku berpikir bahwa tangis itu telah membelah hatiku. Pada saat ayah ibuku duduk di sisiku yang sedang menangis, seorang perempuan al-Anshar meminta izin untuk masuk. Aku pun mengizinkannya, lalu dia duduk dan ikut menangis bersamaku. Tatkala kami dalam keadaan seperti itu, tiba-tiba masuklah Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- lalu duduk. Beliau tidak duduk di sampingku dari semenjak hari disebarkannya perkataan (mengenai diriku), sedangkan telah sebulan lamanya wahyu tiada juga turun kepada beliau mengenai hal (yang berkaitan) denganku. Beliau mengucapkan tasyahhud kemudian berkata, “Wahai ‘Aisyah, sesungguhnya telah sampai kepadaku kabar tentangmu bahwa kau melakukan ini dan itu. Seandainya kau bersih dari hal itu, niscaya Allah akan mengabarkan tentang keterlepasanmu, namun seandainya kamu berbuat dosa yang tak biasa kamu lakukan, maka memohon ampunlah kepada Allah dan bertaubatlah kepada-Nya karena sesungguhnya jika seorang hamba mengakui dosanya lalu bertaubat, maka Allah pun akan menerima taubatnya.” Setelah Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– menyelesaikan perkataannya, air mataku pun mengering hingga tak setetes pun kurasakan lagi. Aku berkata kepada ayahku, “Jawabkanlah untukku kepada Rasulullah.” Ayahku berkata, “Demi Allah, aku tak tahu apa yang harus kukatakan kepada Rasulullah.” Aku berkata kepada ibuku, “Jawabkanlah untukku kepada Rasulullah atas apa yang diucapkannya.” Ibuku berkata, “Demi Allah, aku tak tahu apa yang harus kukatakan kepada Rasulullah.” (Saat itu) aku adalah seorang perempuan yang masih muda, tidak banyak membaca al-Quran. Aku lantas berkata, “Sesungguhnya aku, demi Allah, sungguh mengetahui bahwa kalian telah mendengar apa yang diperbincangkan oleh orang-orang. Kalian pun telah memaku kabar itu di dalam hati kalian lalu membenarkannya. Kalaupun kukatakan kepada kalian bahwa aku terlepas dari hal itu, dan Allah mengetahui bahwa aku benar-benar terlepas dari hal itu, tidaklah kalian akan memercayaiku. Akan tetapi seandainya aku mengakui kepada kalian akan perkara tersebut, dan Allah mengetahui bahwa aku benar-benar terlepas dari hal itu, niscaya kalian akan memercayaiku. Demi Allah, tidaklah aku mendapati suatu amsal selain ungkapan ayahnya Yusuf (yakni Nabi Ya’qub) tatkala dia berkata:

فَصَبْرٌ جَمِيلٌ وَاللَّهُ الْمُسْتَعَانُ عَلَى مَا تَصِفُونَ

“Maka kesabaran yang baik itulah (kesabaranku). Dan Allah sajalah yang dimohon pertolongan-Nya terhadap apa yang kamu ceritakan. (QS. Yusuf: 18)

Kemudian aku beranjak menuju tilamku seraya berharap Allah akan membebaskanku (dari tuduhan itu). Akan tetapi, demi Allah, tidaklah aku menyangka bahwa Allah akan menurunkan wahyu (tentang perkara yang menerpaku) karena aku merasa diriku terlalu kecil untuk sampai dibicarakan di dalam al-Quran. Aku hanya mengharapkan bahwa Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– akan melihat di dalam tidurnya dan bermimpi bahwa Allah menyatakan keterlepasanku. Ternyata demi Allah, belum lagi beliau beranjak ke majelisnya, dan belum pula satu orang pun dari keluargaku keluar dari kamarku, tiba-tiba wahyu diturunkan kepada beliau. Beliau menerima wahyu itu dalam keadaan berkeringat sebagaimana keadaan beliau apabila menerima wahyu sampai-sampai keringatnya bercucuran seumpama mutiara padahal hari begitu dingin. Setelah wahyu selesai diturunkan, beliau tertawa. Lalu kalimat pertama yang beliau ucapkan adalah ucapan yang ditujukan kepadaku, “Wahai ‘Aisyah, pujilah Allah! Sungguh Allah telah membebaskanmu.” Ibuku berkata kepadaku, “Berdirilah kau kepada Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam!” Aku berkata, “Tidak, demi Allah! Tidaklah aku berdiri kepadanya dan tidak pula aku memuji kecuali kepada Allah!”

Allah ta’ala menurunkan ayat:

إِنَّ الَّذينَ جاؤُو بِالْإِفْكِ عُصْبَةٌ مِنْكُمْ …

“Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu juga ….” (QS. an-Nur –dari ayat 11 sampai ayat 20)

Setelah Allah menurunkan ayat yang melepaskanku (dari tuduhan) itu, Abu Bakr ash-Shiddiq –radhiyallahu ‘anhu– yang selalu menafkahi Misthah bin Atsatsah karena hubungan kekerabatan berkata, “Demi Allah, selamanya aku takkan lagi menafkahi Misthah setelah apa yang diucapkannya kepada ‘Aisyah!” Lalu Allah ta’ala menurunkan ayat:

وَلا يَأْتَلِ أُولُوا الْفَضْلِ مِنْكُمْ وَ السَّعَةِ أَنْ يُؤْتُوا أُولِي الْقُرْبى‏ وَ الْمَساكينَ وَ الْمُهاجِرينَ في‏ سَبيلِ اللهِ وَ لْيَعْفُوا وَ لْيَصْفَحُوا أَلا تُحِبُّونَ أَنْ يَغْفِرَ اللهُ لَكُمْ وَ اللهُ غَفُورٌ رَحيمٌ

“Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat(nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah pada jalan Allah, dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. an-Nur: 22)

Maka Abu Bakr pun berkata, “Bahkan aku benar-benar suka jika Allah mengampuniku.” Lalu Abu Bakr kembali menafkahi Misthah seperti biasanya.

Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– juga bertanya kepada Zainab binti Jahsy mengenai perkaraku. Beliau berkata, “Wahai Zainab, apa yang kau ketahui, apa pandanganmu?” Zainab menjawab, “Wahai Rasulullah, aku menjaga pendengaran dan penglihatanku. Demi Allah, tidaklah aku mengetahui tentangnya melainkan kebaikan.” Padahal biasanya Zainab itu selalu menganggap bahwa kebaikan dan kedudukannya (di sisi Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam) lebih unggul daripadaku. Semoga Allah memelihara Zainab dengan sifat wara’. (HR. al-Bukhari)

 

*

**

 

فقال بن عباس: … وسقطت قلادتك بالأبواء فاحتبس النبي صلى الله عليه و سلم في المنزل والناس معه

 

Ibn ‘Abbas berkata, Pernah kalungmu terjatuh di al-Abwa’ sehingga membuat Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam- berhenti di sana bersama para shahabat ….”

 

Mengenai peristiwa tersebut, ‘Aisyah pernah bercerita sebagai berikut:

 

عن عائشة زوج النبي صلى الله عليه وسلم قالت: خرجنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم في بعض أسفاره، حتى إذا كنا بالبيداء، أو بدأت الجيش، انقطع عقد لي، فأقام رسول الله صلى الله عليه وسلم على التماسه، وأقام الناس معه، وليسوا على ماء، فأتى الناس إلى أبي بكر الصديق، فقالو: ألا ترى ما صنعت عائشة؟ أقامت برسول الله صلى الله عليه وسلم والناس، وليسوا على ماء، وليس معهم ماء، فجاء أبو بكر، ورسول الله صلى الله عليه وسلم واضع رأسه على فخذي قد نام، فقال: حبست رسول الله صلى الله عليه وسلم والناس، وليسوا على ماء، وليس معهم ماء، فقالت عائشة: فعاتبني أبو بكر، وقال ما شاء الله أن يقول، وجعل يطعنني بيده في خاصرتي، فلا يمنعني من التحرك إلا مكان رسول الله صلى الله عليه وسلم على فخذي، فقام رسول الله صلى الله عليه وسلم حين أصبح على غير ماء، فأنزل الله آية التيمم فتيموا، فقال أسيد بن الحضير: ما هي بأول بركتكم يا آل أبي بكر، قال: فبعثنا البعير الذي كنت عليه، فأصبنا العقد تحته

 

Dari ‘Aisyah, istri Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam, dia berkata:

Kami keluar bersama Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– di salah satu perjalanan yang beliau lakukan. Ketika kami sampai di al-Baida’ atau di Dzat al-Jaisy, kalung yang kupakai terlepas (dan hilang). Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– pun berhenti di sana untuk mencari kalung itu, demikian juga para shahabat yang menyertainya padahal di tempat itu tidak ada airnya. Maka para shahabat pun mendatangi Abu Bakr ash-Shiddiq lalu berkata, “Tidakkah kau lihat apa yang diperbuat oleh ‘Aisyah? Dia telah membuat Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- dan orang-orang berhenti padahal tiada air di sini dan orang-orang pun tidak membawa perbekalan air.” Maka Abu Bakr pun mendatangiku, sementara Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– tengah tidur berbantalkan pahaku. Abu Bakr pun berkata, “Kau telah membuat Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- dan orang-orang tertahan di sini, padahal tidak ada air di tempat ini dan orang-orang pun tidak membawa air.” Lalu Abu Bakr menyalahkanku seraya mengatakan apa yang Allah kehendaki untuk diucapkannya. Abu Bakr juga menusukkan tangannya ke pinggangku. Tak ada yang mencegahku untuk bergerak kecuali keberadaan Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– yang tengah tidur di pahaku. Pada waktu subuh Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– terbangun tanpa ada air, lalu Allah menurunkan ayat tayammum sehingga orang-orang pun bertayammum. Maka Usaid bin al-Hudhair pun berkata, “Ini bukanlah keberkahan pertama bagi kalian, wahai keluarga Abu Bakr.” Setelah itu kami membangunkan unta yang membawaku lalu kami temukan kalung itu berada di bawahnya. (HR. al-Bukhari)

 

Usaid bin al-Hudhair –radhiyallahu ‘anhu– juga mengatakan:

 

لقد بارك الله للناس فيكم يا آل أبي بكر، ما أنتم إلا بركة لهم

 

“Allah telah memberikan keberkahan kepada manusia pada diri kalian, wahai keluarga Abu Bakr. Tidaklah kalian itu melainkan keberkahan bagi mereka.” (HR. al-Bukhari)

 

Dalam riwayat lain:

 

فقال أسيد بن حضير لعائشة جزاك الله خيرا، فوالله ما نزل بك أمر تكرهينه إلا جعل الله ذلك لك وللمسلمين فيه خيرا‏

Maka Usaid bin al-Hudhair berkata kepada ‘Aisyah, “Jazakillahu khairan. Demi Allah, tidaklah menerpamu suatu peristiwa yang tak kausukai melainkan Allah jadikan di dalamnya suatu kebaikan bagimu dan bagi kaum Muslimin.” (HR. al-Bukhari)

 

Adapun kalung yang hilang itu adalah kalung milik Asma’ yang dipinjam oleh ‘Aisyah:

 

عن عائشة، أنها استعارت من أسماء قلادة فهلكت … فأنزل الله آية التيممِ

 

Dari ‘Aisyah, bahwasanya dia meminjam kalung milik Asma’ lalu menghilangkannya … lalu Allah menurunkan ayat tayammum … (HR. al-Bukhari)

 

Bandung, 16 Juli 2013

–HENDRA WIBAWA IBN TATO WANGSA WIDJAJA–

Advertisements

12 comments on “Fragmen-Fragmen Kehidupan Ibunda Kami, ‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha …

  1. Novi Kurnia says:

    Tercenung. Banyak pelajaran akhlak, sikap, cara menghadapi keadaan, dan hikmah di dalam kisah ini. Jazaakallah khairan wa baarakallahu fiika.

  2. jaraway says:

    “… betapa inginnya aku menjadi sesuatu yang tak berarti lagi dilupakan.”

    *merinding…

  3. jampang says:

    maka sangat aneh sekali jika kaum syiah membenci beliau……

    • tipongtuktuk says:

      benar-benar aneh …
      keanehan yang berasal dari hawa nafsu … he he he …

      • jampang says:

        kamarin dapat cerita, ada rekan kerja yang duduk sama perempuan syiah di angkot, ngobrol, pas topiknya tentang ummul mu’minin, perempuan itu mengejek beliau, penuh benci, sampe nangis…..

      • tipongtuktuk says:

        kalau sampai begitu, berarti ajaran syi’ah tentang kebencian kepada ‘Aisyah telah memenuhi ruang hati perempuan di angkot itu, Bang … -ngeri-

  4. umarfaisol says:

    keteladanan yang nyata

  5. thetrueideas says:

    dan alangkah kejinya mulut Yasir al Khabits ulama Syi’ah yg menista bunda Aisyah radiyallahu ta’ala anha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s