Ini tentang Keluarga ‘Imran …

keluarga-

Syaikh Muhammad Shalih al-Munajjid –hafizhahullah

http://islamqa.info/ar/152916

 

 

السؤال: من هم آل عمران الذين ذكر الله اصطفاءهم في سورة ” آل عمران ” ، وما هي فضائلهم وخصائصهم ، وهل موسى بن عمران عليه السلام منهم ؟

 

Syaikh Muhammad Shalih al-Munajjid –hafizhahullah– ditanya:

Siapakah keluarga ‘Imran yang dikatakan dalam surah Ali ‘Imran bahwa Allah telah memilih mereka? Apa pula keutamaan dan keistimewaan mereka? Apakah Musa bin ‘Imran –‘alaihi as-salam– termasuk dari mereka itu?

 

الجواب :

الحمد لله

أولا :

آل عمران من المؤمنين الذين أخبر الله عز وجل أنه اصطفاهم وفضلهم على العالمين ، وذلك في قوله سبحانه وتعالى : ( إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَى آدَمَ وَنُوحًا وَآلَ إِبْرَاهِيمَ وَآلَ عِمْرَانَ عَلَى الْعَالَمِينَ . ذُرِّيَّةً بَعْضُهَا مِنْ بَعْضٍ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ . إِذْ قَالَتِ امْرَأَتُ عِمْرَانَ رَبِّ إِنِّي نَذَرْتُ لَكَ مَا فِي بَطْنِي مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّي إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ . فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنْثَى وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنْثَى وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ . فَتَقَبَّلَهَا رَبُّهَا بِقَبُولٍ حَسَنٍ وَأَنْبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًا وَكَفَّلَهَا زَكَرِيَّا كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا الْمِحْرَابَ وَجَدَ عِنْدَهَا رِزْقًا قَالَ يَا مَرْيَمُ أَنَّى لَكِ هَذَا قَالَتْ هُوَ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ ) سورة آل عمران/33-37.

 

Syaikh Muhammad Shalih al-Munajjid –hafizhahullah– menjawab:

Alhamdulillah …

Pertama:

Keluarga ‘Imran itu dari kalangan kaum Mukminin yang dikabarkan oleh Allah ‘Aza wa Jalla bahwasanya Dia telah memilih dan melebihkan mereka atas semua umat (pada masa mereka). Hal itu terdapat dalam ucapan Allah subhanahu wa ta’ala (yang artinya) sebagai berikut:

Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga ‘Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing). (Sebagai) satu keturunan yang sebagiannya (keturunan) dari yang lain. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (Ingatlah), ketika isteri ‘Imran berkata, “Wahai Rabb-ku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang shalih dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar) itu daripadaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” Maka tatkala isteri ‘Imran melahirkan anaknya, diapun berkata, “Wahai Rabb-ku, sesungguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaithan yang terkutuk.” Maka Rabb-nya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakariya pemeliharanya. Setiap Zakariya masuk untuk menemui Maryam di mihrab, dia dapati makanan di sisinya. Zakariya berkata, “Wahai Maryam, dari mana kamu memperoleh (makanan) ini.” Maryam menjawab, “Makanan itu dari sisi Allah.” Sesungguhnya Allah memberi rezki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab. (QS. Ali ‘Imran: 33-37)

 

وظاهر من الآيات الكريمات أن ” عمران ” المقصود فيها هو والد ” مريم ” عليها السلام ، وليس عمران والد نبي الله موسى عليه السلام – كما ذهب إليه بعض المفسرين -، وقد قال المفسرون : إن ما بين العمرانين ألفا وثمانمائة سنة .

 

(Berdasarkan) zahir dari ayat-ayat yang mulia ini, bahwa yang dimaksud dengan ‘Imran di situ adalah ayah dari Maryam‘alaiha as-salam, dan bukan ‘Imran ayah dari nabiyullah Musa –‘alaihi as-salam– sebagaimana pendapat sebagian ahli tafsir. Para ahli tafsir juga mengatakan, “Sesungguhnya jarak waktu di antara kedua ‘Imran adalah seribu delapan ratus tahun.”

 

يقول ابن كثير رحمه الله :

“المراد بعمران هذا : هو والد مريم بنت عمران ، أم عيسى ابن مريم عليهم السلام ” انتهى.

“تفسير القرآن العظيم ” (2/33)

 

Ibn Katsir –rahimahullah– berkata, “Yang dimaksud dengan ‘Imran di sini adalah ayah dari Maryam binti ‘Imran, ibunda dari ‘Isa ibn Maryam –‘alaihim as-salam.” –SELESAI; Tafsir al-Qur-an al-‘Azhim (2/33)

 

ويقول الطاهر بن عاشور رحمه الله :

“وأما آل عمران : فهم مريم ، وعيسى ، فمريم بنت عمران بن ماتان كذا سماه المفسرون ، وكان من أحبار اليهود وصالحيهم ، وأصله بالعبرانية ( عمرام ) بميم في آخره ، فهو أبو مريم . وفي كتب النصارى : أن اسمه ( يوهاقيم )، فلعله كان له اسمان ، ومثله كثير .

وليس المراد هنا عمران والد موسى وهارون ؛ إذ المقصود هنا التمهيد لذكر مريم وابنها عيسى ، بدليل قوله : ( إِذْ قَالَتِ امْرَأَتُ عِمْرَان ) ” انتهى.

“التحرير والتنوير ” (3/84)

 

Thahir bin ‘Asyur –rahimahullah– berkata:

Adapun keluarga ‘Imran, mereka adalah Maryam dan ‘Isa. Maka Maryam adalah putri ‘Imran bin Matan -demikianlah para ahli tafsir menamainya, seseorang dari kalangan rahib dan orang shalih Yahudi. (Adapun ‘Imran), nama asalnya menutut bahasa ‘Ibrani adalah ‘Imram –dengan huruf Mim di akhir kata. Dialah ayah dari Maryam. Sedangkan menurut kitab-kitab kaum Nashrani, namanya adalah Yuhaqim. Barangkali saja dia memang memiliki dua nama, dan yang (memiliki dua nama) seperti ini banyak. Dan bukanlah yang dimaksud dengan ‘Imran di sini adalah ‘Imran ayah Musa dan Harun jika (penyebutan keluarga ‘Imran) di sana dimaksudkan sebagai tamhid (pendahuluan) untuk menyebutkan Maryam dan putranya, ‘Isa, dengan dalil ucapan Allah (QS. Ali ‘Imran: 35) yang artinya, “(Ingatlah), ketika isteri ‘Imran berkata.” –SELESAI; at-Tahrir wa at-Tanwir (3/84)

 

ثانيا :

وأما أوجه اصطفاء ” آل عمران ” على البشر فهي كثيرة عديدة ، منها :

إكرامهم بإدراج النبوة فيهم، وذلك في نبي الله عيسى عليه السلام الذي كان من أولي العزم من الرسل ، وفي نبي الله يحيى عليه السلام ، فهو ابن خالة المسيح عليه السلام ، ولدته ” إيشاع ” أخت مريم في قول جمهور المفسرين ، فهو إذن من آل عمران وذريته

وانظر جواب السؤال رقم (82569).

 

Kedua:

Segi-segi keutamaan dan keterpilihan keluarga ‘Imran atas segala manusia (pada masanya) sangatlah banyak macamnya, di antaranya adalah dengan dimasukkannya kenabian ke dalam keluarga mereka (yakni menjadikan beberapa nabi dari keluarga mereka –pent), dan kenabian tersebut terdapat pada diri nabiyullah ‘Isa –‘alaihi as-salam– yang termasuk salah seorang dari para rasul ulul ‘azmi, juga pada diri nabiyullah Yahya –‘alaihi as-salam. Nabi Yahya ini merupakan anak dari bibi Nabi ‘Isa al-Masih –‘alaihi as-salam, yaitu putra dari Isya’, saudara perempuan Maryam menurut ucapan mayoritas ahli tafsir. Maka Yahya itu, jika demikian, termasuk dari keluarga ‘Imran dan anak keturunannya. –Lihat jawaban untuk soal nomor 82569

 

اصطفاؤهم بجعلهم بيت صلاح وخير وتقوى ، فقد كان بيت آل عمران مشهورا بالدين والعبادة، واشتهر في كتب التاريخ أن عمران كان من صالحي أهل زمانه ، كما ذكر القرآن الكريم أن امرأة عمران نذرت ما في بطنها لله سبحانه ، كي يكون وقفا على العبادة ، وذلك في قوله تعالى : ( إِذْ قَالَتِ امْرَأَتُ عِمْرَانَ رَبِّ إِنِّي نَذَرْتُ لَكَ مَا فِي بَطْنِي مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّي إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ ) وكل ذلك بسبب إكرام الله عز وجل لهم ، واصطفائه إياهم على أهل زمانهم ببلوغهم كمال الصلاح والديانة .

 

Keterpilihan mereka itu dengan dijadikannya mereka sebagai keluarga (dengan nilai) keshalihan, kebaikan, dan ketakwaan. Rumah keluarga ‘Imran itu sangat dikenal dalam hal agama dan ibadah. Terkenal dalam kitab-kitab tarikh bahwa ‘Imran itu tergolong sebagai orang shalih pada zamannya sebagaimana juga al-Quran al-Karim menyebutkan bahwa istri ‘Imran menadzarkan anak yang berada dalam kandungannya kepada Allah subhanahu untuk senantiasa beribadah kepada-Nya, dan hal ini terdapat dalam ucapan Allah ta’la (QS. Ali ‘Imran: 35), “(Ingatlah) ketika isteri ‘Imran berkata: wahai Rabbku, sesungguhnya aku menadzarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nadzar) itu daripadaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” Dan semua (keutamaan dan keterpilihan mereka) itu disebabkan oleh pemuliaan Allah ‘Azza wa Jalla terhadap mereka, Allah memilih dan melebihkan mereka dari manusia-manusia pada zaman mereka dengan pencapaian sikap keberagamaan dan kebaikan yang sempurna.

 

ثم إن من أوجه اصطفائهم تلك الفضائل الكثيرة الواردة لأفرادهم ، والقرآن الكريم مليء بالآيات التي تتحدث عن عيسى بن مريم وأمه عليهما السلام ، وعن عظيم منزلتهما وكرامتهما عند الله تعالى ، كقوله عز وجل : ( إِذْ قَالَتِ الْمَلَائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ يُبَشِّرُكِ بِكَلِمَةٍ مِنْهُ اسْمُهُ الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ وَجِيهًا فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمِنَ الْمُقَرَّبِينَ ) آل عمران/45، وقوله تعالى : ( وَإِذْ قَالَتِ الْمَلَائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَاكِ وَطَهَّرَكِ وَاصْطَفَاكِ عَلَى نِسَاءِ الْعَالَمِينَ ) آل عمران/42 ، وفي القرآن الكريم أيضا ذكر لبعض ما خص الله عز وجل به عيسى بن مريم وأمه ، وذلك في قوله سبحانه : ( إِذْ قَالَ اللَّهُ يَا عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ اذْكُرْ نِعْمَتِي عَلَيْكَ وَعَلَى وَالِدَتِكَ إِذْ أَيَّدْتُكَ بِرُوحِ الْقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِي الْمَهْدِ وَكَهْلًا وَإِذْ عَلَّمْتُكَ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَالتَّوْرَاةَ وَالْإِنْجِيلَ وَإِذْ تَخْلُقُ مِنَ الطِّينِ كَهَيْئَةِ الطَّيْرِ بِإِذْنِي فَتَنْفُخُ فِيهَا فَتَكُونُ طَيْرًا بِإِذْنِي وَتُبْرِئُ الْأَكْمَهَ وَالْأَبْرَصَ بِإِذْنِي وَإِذْ تُخْرِجُ الْمَوْتَى بِإِذْنِي وَإِذْ كَفَفْتُ بَنِي إِسْرَائِيلَ عَنْكَ إِذْ جِئْتَهُمْ بِالْبَيِّنَاتِ فَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْهُمْ إِنْ هَذَا إِلَّا سِحْرٌ مُبِينٌ ) المائدة/110. كما وردت الآيات أيضا تتحدث عن نبي الله يحيى عليه السلام ، حتى قال الله عز وجل عنه : ( لَمْ نَجْعَلْ لَهُ مِنْ قَبْلُ سَمِيًّا ) مريم/7.

 

Kemudian di antara sisi-sisi keterpilihan mereka itu, banyak disebutkannya keutamaan-keutamaan dari pribadi-pribadi (keluarga tersebut). Al-Quran al-Karim dipenuhi dengan ayat-ayat yang berbicara mengenai ‘Isa bin Maryam dan ibunya –‘alihima as-salam, juga mengenai keagungan kedudukan dan kemuliaan keduanya di sisi Allah ta’ala sebagaimana ucapan Allah ‘Azza wa Jalla:

 

إِذْ قَالَتِ الْمَلَائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ يُبَشِّرُكِ بِكَلِمَةٍ مِنْهُ اسْمُهُ الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ وَجِيهًا فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمِنَ الْمُقَرَّبِينَ

 

(Ingatlah), ketika Malaikat berkata,“Wahai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakanmu (dengan kelahiran seorang putra yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya al-Masih ‘Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah).” (QS. Ali ‘Imran: 45)

 

Juga firman-Nya ta’ala:

 

وَإِذْ قَالَتِ الْمَلَائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَاكِ وَطَهَّرَكِ وَاصْطَفَاكِ عَلَى نِسَاءِ الْعَالَمِينَ

 

Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata,“Wahai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilihmu, menyucikanmu, dan melebihkanmu atas segala wanita di dunia (yang semasa denganmu). (QS. Ali ‘Imran: 42)

 

Di dalam al-Quran al-Karim juga terdapat penyebutan terhadap sebagian perkara yang dengan perkara tersebut Allah mengkhususkan ‘Isa bin Maryam dan ibunya, dan itu termaktub dalam firman-Nya subhanahu:

 

إِذْ قَالَ اللَّهُ يَا عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ اذْكُرْ نِعْمَتِي عَلَيْكَ وَعَلَى وَالِدَتِكَ إِذْ أَيَّدْتُكَ بِرُوحِ الْقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِي الْمَهْدِ وَكَهْلًا وَإِذْ عَلَّمْتُكَ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَالتَّوْرَاةَ وَالْإِنْجِيلَ وَإِذْ تَخْلُقُ مِنَ الطِّينِ كَهَيْئَةِ
الطَّيْرِ بِإِذْنِي فَتَنْفُخُ فِيهَا فَتَكُونُ طَيْرًا بِإِذْنِي وَتُبْرِئُ الْأَكْمَهَ وَالْأَبْرَصَ بِإِذْنِي وَإِذْ تُخْرِجُ
الْمَوْتَى بِإِذْنِي وَإِذْ كَفَفْتُ بَنِي إِسْرَائِيلَ عَنْكَ إِذْ جِئْتَهُمْ بِالْبَيِّنَاتِ فَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْهُمْ إِنْ هَذَا
إِلَّا سِحْرٌ مُبِينٌ

 

(Ingatlah), ketika Allah mengatakan,“Wahai‘Isa putra Maryam, ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu di waktu Aku menguatkanmu dengan ruh al-qudus. Kamu dapat berbicara dengan manusia di waktu masih dalam buaian dan sesudah dewasa; dan (ingatlah) di waktu Aku mengajar kamu menulis, hikmah, Taurat dan Injil, dan (ingatlah pula) di waktu kamu membentuk dari tanah (suatu bentuk) yang berupa burung dengan ijin-Ku, kemudian kamu meniup kepadanya, lalu bentuk itu menjadi burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan (ingatlah) di waktu kamu menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit sopak dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala kamu mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, ‘Ini tidak lain melainkan sihir yang nyata.’” (QS. Al-Ma-idah: 110)

 

Sebagaimana pula terdapat ayat-ayat yang berbicara tentang nabiyullah Yahya –‘alaihi as-salam– sampai-sampai Allah ‘Azza wa Jalla berkata tentangnya:

 

لَمْ نَجْعَلْ لَهُ مِنْ قَبْلُ سَمِيًّا

 

“… yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia.” (QS. Maryam: 7)

 

وهكذا ففضائل آل عمران متواترة في الكتاب والسنة ، وهي دليل ظاهر على أن أهل هذا البيت الكريم من المصطفين عند الله عز وجل .

وقد ذهب بعض أهل العلم إلى أن عمران المذكور بالاصطفاء هنا : هو والد نبي الله موسى ، عليه السلام ، وفي المراد بآل عمران أقوال أخرى.

ينظر : “النكت والعيون” للماوردي (1/386) ، “مفاتيح الغيب للرازي” (8/20-21) .

وما ذكرناه أولا أظهر، وأقرب لسياق الآيات.

والله أعلم .

 

Demikianlah, keutamaan-keutamaan keluarga ‘Imran itu terdapat secara mutawatir dalam al-Kitab dan as-Sunnaah, dan semua itu merupakan dalil yang nyata bahwa anggota dari keluarga yang mulia tersebut termasuk sebagai orang-orang yang terpilih di sisi Allah ‘Azza wa Jalla.

(Memang benar bahwa) sebagian ahli ilmu berpendapat bahwa ‘Imran yang disebut dengan keterpilihan di dalam ayat itu adalah ‘Imran ayah dari nabiyullah Musa –‘alaihi as-salam, sementara mengenai maksud dari kelurga ‘Imran terdapat pula ucapan-ucapan lainnya -lihat an-Nukat wa al-‘Uyun karya al-Mawardi (1/386) dan Mafatih al-Ghaib karya ar-Razi (8/20-22). (Akan tetapi), apa yang kami sebutkan pertama Idi atas) itu lebih jelas dan lebih dekat dengan konteks pembicaraan ayat-ayat tersebut (yakni bahwa ‘Imran yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah ayah dari Maryam –pent). Wallahu a’lamu

 

Bandung, 14 Juli 2014

–HENDRA WIBAWA IBN TATO WANGSA WIDJAJA–

Advertisements

6 comments on “Ini tentang Keluarga ‘Imran …

  1. jampang says:

    terima kasih ilmunya, kang. baru tahu kalau ayahnya Nabi Musa bernama Imran

  2. jaraway says:

    *pernah dikasi tebak-tebakan tentang ini*
    hehe..
    ‘Imran yang ini ayahnya siapa… ? =D

  3. jaraway says:

    zhahir kebalikannya muawwal *eaa.. hihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s