Tentang Dosa yang Belum Lagi Diperbuat …

dosa-

Syaikh ‘Ali Hasan al-Halabi –hafizhahullah

http://alhalaby.com/play.php?catsmktba=2833

 

قال فضيلة الشيخ علي الحلبي -حفظهُ اللهُ-:

النَّبي -عَليهِ الصَّلاةُ والسَّلامُ- قد ذَكر فضلَ القِيام -على العُموم والخُصوص-؛ فقال -صَلواتُ اللهِ وسَلامُه عليه-: «مَن قامَ رَمضانَ إِيمانًا واحتِسابًا»، كما كان قد قال: «مَن صَامَ رَمضانَ إِيمانًا واحتِسابًا» يقول مِن بَعد: «مَن قَامَ لَيلةَ القَدْرِ إِيمانًا واحتِسَابًا»؛ كلُّ ذلك ما جَزاؤُه؟ «غُفِر له ما تقدَّم مِن ذَنبِه».

بعضُ أهلِ العِلم يَروي زيادة: (ومَا تأخَّر)؛ هذه الزِّيادة لا تصحُّ، ولا تَثبُت، ولا تُسنَد إلى رسولِ الله -صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّم-.

فالمغفرةُ بِما تأخَّر مخصوصةٌ بالنَّبيِّ المكرَّم -صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّم-؛ {لِيَغْفِرَ لَكَ اللهُ مَا تَقَدَّمَ مِن ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ}؛ فهذا وصفٌ مخصوصٌ لرسولِ الله -صَلَّى اللهُ عليه وآلِه وسلَّم-.

[المجلس السادس من المجالس الرمضانية(21رمضان1430هـ)، (15:20)]

 

Syaikh ‘Ali Hasan al-Halabi –hafizhahullah– berkata:

Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam– telah menyebutkan keutamaan shalat malam –secara umum dan khusus. Beliau –shalawatullah wa salamuhu ‘alaih– mengatakan:

 

مَن قامَ رَمضانَ إِيمانًا واحتِسابًا

 

“Barangsiapa yang mendirikan shalat malam pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan pengharapan (akan pahala dari Allah).”

 

Sebagaimana pula beliau –shallallahu ‘alaihi wa sallam– mengatakan:

 

مَن صَامَ رَمضانَ إِيمانًا واحتِسابًا

 

“Barangsiapa yang melaksanakan shaum Ramadhan dengan penuh keimanan dan pengharapan (akan pahala dari Allah).”

 

Juga mengatakan setelahnya:

 

مَن قَامَ لَيلةَ القَدْرِ إِيمانًا واحتِسَابًا

 

“Barangsiapa yang mendirikan shalat pada malam lailah al-qadar dengan penuh keimanan dan pengharapan (akan pahala dari Allah).”

 

(Lantas) apa pahala bagi masing-masing (yang disebutkan oleh beliau) itu?

(Pahala bagi masing-masing itu adalah sebagaimana yang dikatakan oleh beliau –shallallahu ‘alaihi wa sallam– berikut):

 

غُفِر له ما تقدَّم مِن ذَنبِه

 

“Diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

 

Sebagian ahli ilmu meriwayatkan ziyadah (tambahan redaksi pada hadits-hadits di atas) berupa kalimat:

 

ومَا تأخَّر

 

“Dan (diampuni pula) dosa-dosanya yang akan datang (yang belum diperbuat –pent).”

 

Ziyadah (redaksi tembahan) ini tidaklah sahih, tidak kukuh, dan tidak pula tersambung sampai kepada Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam. (Sesungguhnya) al-maghfirah (ampunan) atas dosa yang akan datang (yang belum diperbuat) itu hanya dikhususkan bagi Nabi al-Mukarram –shallallahu ‘laihi wa sallam– saja. Allah ta’ala berfirman:

 

لِيَغْفِرَ لَكَ اللهُ مَا تَقَدَّمَ مِن ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ

 

“Supaya Allah memberi ampunan kepadamu (Muhammad) atas dosamu yang telah lalu dan yang akan datang.” (QS. Al-Fath: 2)

 

Maka (apa yang dikatakan oleh Allah dalam ayat) ini hanya dikhususkan bagi Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam– saja … –SELESAI perkataan Syaikh ‘Ali Hasan al-Halabi …

 

*

**

 

قال ابن كثير –رحمه الله:

وَقَوْلُهُ:(لِيَغْفِرَ لَكَ اللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ) هَذَا مِنْ خَصَائِصِهِ – صَلَوَاتُ اللَّهِ وَسَلَامُهُ عَلَيْهِ – الَّتِي لَا يُشَارِكُهُ فِيهَا غَيْرُهُ . وَلَيْسَ صَحِيحًا فِي ثَوَابِ الْأَعْمَالِ لِغَيْرِهِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ . وَهَذَا فِيهِ تَشْرِيفٌ عَظِيمٌ لِرَسُولِ اللَّهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – وَهُوَ – صَلَوَاتُ اللَّهِ وَسَلَامُهُ عَلَيْهِ – فِي جَمِيعِ أُمُورِهِ عَلَى الطَّاعَةِ وَالْبِرِّ وَالِاسْتِقَامَةِ الَّتِي لَمْ يَنَلْهَا بَشَرٌ سِوَاهُ ، لَا مِنَ الْأَوَّلِينَ وَلَا مِنَ الْآخِرِينَ ، وَهُوَ أَكْمَلُ الْبَشَرِ عَلَى الْإِطْلَاقِ ، وَسَيِّدُهُمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

 

Imam Ibn Katsir –rahimahullah– berkata:

Dan firman Allah:

 

لِيَغْفِرَ لَكَ اللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ

 

“Supaya Allah memberi ampunan kepadamu (Muhammad) atas dosamu yang telah lalu dan yang akan datang.” (QS. Al-Fath: 2)

 

Ini termasuk di antara kekhususan beliau –shalawatullah wa salamuhu ‘alaih– yang tidak ada seorang pun yang bersanding dengan beliau dalam perkara tersebut. Tidaklah benar adanya balasan amal bagi seseorang selain beliau (yang menyatakan), “Diampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan yang akan datang.” Dan di dalam ayat ini terkandung pemuliaan yang besar terhadap Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan beliau –shalawatullah wa salamuhu ‘alaih– dalam keseluruhan perkaranya, senantiasa berada dalam ketaatan, kebaikan, dan keistiqamahan yang takkan bisa dicapai oleh seorang manusia pun selain beliau, baik dari kalangan orang-orang terdahulu maupun yang akan datang kemudian. Beliaulah manusia yang paling sempurna secara mutlak dan beliaulah pemimpin manusia di dunia dan akhirat … -SELESAI …

 

Bandung, 17 Juli 2014

–HENDRA WIBAWA IBN TATO WANGSA WIDJAJA–

Advertisements

10 comments on “Tentang Dosa yang Belum Lagi Diperbuat …

  1. thetrueideas says:

    mudah2an saya & mas Hen, diampunkan dosa-dosanya…aamiin…

  2. jaraway says:

    nemu ziyadah lagi.. ohohoho.. =D

    dan ini bukan idraj.. hihihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s