Kata ‘Umar, Adakah Ibn Mas’ud di Antara Kalian?

adakh ibn mas'ud

Berikut ini sebuah kisah yang dha’if jiddan (sangat lemah) sehingga tidak bisa dijadikan sandaran. Kisah ini bertutur tentang ‘Umar bin al-Khaththab dan ‘Abdullah bin Mas’ud yang bertemu dan berbincang di kegelapan malam tanpa bisa saling melihat dan mengenal …

 

أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ عَلِيٍّ الْبَغْدَادِيُّ بِمِصْرَ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ دُرَيْدٍ، حَدَّثَنَا الْعُكْلِيُّ، عَنِ ابْنِ أَبِي خَالِدٍ، عَنِ الْهَيْثَمِ، عَنْ مُجَالِدٍ، عَنِ الشَّعْبِيِّ، قَالَ :لَقِيَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ رَكْبًا فِي سَفَرٍ لَهُ لَيْلا فِيهِمْ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْعُودٍ، فَأَمَرَ عُمَرُ رَجُلا يُنَادِيهِمْ مِنْ أَيْنَ الْقَوْمُ؟ فَأَجَابَهُ عَبْدُ اللَّهِ: أَقْبَلْنَا مِنَ الْفَجِّ الْعَمِيقِ، فَقَالَ: أَيْنَ تُرِيدُونَ؟ فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ: الْبَيْتَ الْعَتِيقَ، فَقَالَ عُمَرُ: إِنَّ فِيهِمْ لَعَالِمًا، فَأَمَرَ رَجُلا يُنَادِيهِمْ: أَيُّ الْقُرْآنِ أَعْظَمُ؟ فَأَجَابَهُ عَبْدُ اللَّهِ :اللَّهُ لا إِلَهَ إِلا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ سورة البقرة آية 255 حَتَّى خَتَمَ الآيَةَ، قَالَ: نَادِهِمْ: أَيُّ الْقُرْآنِ أَحْكَمُ؟ فَقَالَ ابْنُ مَسْعُودٍ :إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ سورة النحل آية 90 فَقَالَ عُمَرُ: نَادِهِمْ: أَيُّ الْقُرْآنِ أَجْمَعُ؟ فَقَالَ ابْنُ مَسْعُودٍ: فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ { 7 } وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ { 8 } سورة الزلزلة آية 7-8 الآيَةَ، فَقَالَ عُمَرُ: نَادِهِمْ: أَيُّ الْقُرْآنِ أَحْزَنُ؟ فَقَالَ ابْنُ مَسْعُودٍ :لَيْسَ بِأَمَانِيِّكُمْ وَلا أَمَانِيِّ أَهْلِ الْكِتَابِ مَنْ يَعْمَلْ سُوءًا يُجْزَ بِهِ سورة النساء آية 123 الآيَةَ، فَقَالَ عُمَرُ: نَادِهِمْ أَيُّ الْقُرْآنِ أَرْجَى؟ فَقَالَ ابْنُ مَسْعُودٍ :يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ سورة الزمر آية 53 الآيَةَ، فَقَالَ عُمَرُ: نَادِهِمْ: أَفِيكُمْ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْعُودٍ؟ فَقَالُوا: اللَّهُمَّ نَعَمْ

 

Abu Thahir bin Abi Ahmad as-Silafi –rahimahullah– berkata di kitab ath-Thuyuriyat (173):

Telah berkabar kepada kami Ahmad, telah bercerita kepada kami Muhammad bin Ahmad bin ‘Ali al-Baghdadi di Mesir, telah bercerita kepada kami Muhammad bin al-Hasan bin Duraid, telah bercerita kepada kami al-‘Ukliy, dari Ibn Abi Khalid, dari al-Haitsam (bin ‘Adi), dari Mujalid (bin Sa’id), dari as-Sa’bi, dia berkata:

‘Umar bin al-Khaththab –radhiyallahu ‘anhu– bertemu dengan serombongan orang dalam suatu perjalanan malam. Dalam rombongan itu terdapat ‘Abdullah bin Mas’ud. Lantas ‘Umar memerintahkan seseorang untuk menanyakan kepada rombongan itu, “Berasal dari mana kalian, wahai rombongan?” ‘Abdullah bin Mas’ud menjawab, “Kami datang dari perjalanan yang panjang. Orang itu bertanya lagi, “Ke mana tujuan kalian?‘Abdullah bin Mas’ud menjawab, Ke Bait al-‘Atiq (rumah tua; yakni ka’bah). ‘Umar bin al-Khaththab berkata, “Sesungguhnya di antara mereka (rombongan tersebut) ada seseorang yang berilmu. Lalu ‘Umar bin al-Khaththab pun memerintahkan seseorang untuk bertanya kepada mereka, Ayat manakah yang paling agung dalam al-Quran? ‘Abdullah bin Mas’ud menjawab, Allah, tidak ada yang berhak untuk diibadahi selain Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya, tidak mengantuk dan tidak tidur … -hingga akhir ayat- (QS. al-Baqarah: 255).” Umar bin al-Khaththab berkata, Tanyakan kepada mereka, ayat manakah yang paling hikmah dalam al-Quran? ‘Abdullah bin Mas’ud menjawab, Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan (QS. an-Nahl: 90).”  ‘Umar bin al-Khaththab berkata, Tanyakan kepada mereka, ayat manakah yang paling mencakup isinya dalam al-Quran? ‘Abdullah bin Mas’ud menjawab, Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah, niscaya dia akan melihat balasannya, dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah, niscaya dia akan melihat balasannya (QS. al-Zalzalah: 7-8).” ‘Umar bin al-Khaththab berkata, Tanyakan kepada mereka, ayat manakah yang paling mengharukan dalam al-Quran? ‘Abdullah bin Mas’ud menjawab, (Pahala dari Allah) itu bukanlah menurut angan-anganmu yang kosong dan tidak (pula) menurut angan-angan Ahli Kitab. Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan, niscaya akan diberi pembalasan dengan kejahatan itu dan ia tidak mendapat pelindung dan tidak (pula) penolong baginya selain dari Allah. (QS. an-Nisa: 123).” ‘Umar bin al-Khaththab berkata, Tanyakan kepada mereka, ayat manakah yang paling memberikan harapan dalam al-Quran? ‘Abdullah bin Mas’ud menjawab, Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS. az-Zumar: 53).” ‘Umar bin al-Khaththab berkata, Tanyakan kepada mereka, apakah di antara kalian adaAbdullah bin Mas’ud?Maka mereka pun menjawab,“Iya, ada!” –SELESAI-

 

Sisi kelemahan pada riwayat ini adalah sebagai berikut:

PERTAMA: pada sanadnya ada al-Haitsam bin ‘Adi, seorang perawi yang matruk

Imam adz-Dzahabi berkata di Siyar A’lam n-Nubala:

 

وقال ابن معين وأبو داود: كذاب .وقال البخاري: سكتوا عنه .وقال النسائي وغيره: متروك الحديث

 

Ibn Ma’in dan Abu Dawud sama berkata, “Dia pendusta.” Imam al-Bukhari mengatakan, “Para ulama geming darinya.” Imam an-Nasa-i dan selainnya sama berkata, “Matruk al-hadits.”

 

KEDUA: pada sanadnya ada Mujalid bin Sa’id, seorang perawi yang dilemahkan oleh banyak ulama seperti Yahya bin Sa’id al-Qaththan, Ahmad bin Hanbal, ad-Daruquthni, dan lain-lain …

Imam adz-Dzahabi berkata di Siyar A’lam an-Nubala’:

 

قال البخاري: كان يحيى بن سعيد يضعفه. وكان عبد الرحمن بن مهدي لا يروي له شيئا. وكان أحمد بن حنبل لا يراه شيئا … وقال أبو حاتم : لا يحتج به … وقال الدارقطني: ضعيف

 

Imam al-Bukhari berkata, “Yahya bin Sa’id melemahkannya, dan ‘Abd ar-Rahman bin Mahdi tak mau meriwayatkan haditsnya sedikit pun, sementara Ahmad bin Hanbal tak memandangnya sama sekali.” … Abu Hatim berkata, “Tidak bisa dijadikan sandaran.” … Imam ad-Daraquthni mengatakan, “Dia lemah.”

 

KETIGA: pada sanadnya ada inqitha’ (keterputusan), yaitu antara asy-Sya’bi dengan ‘Umar bin al-Khaththab dan atau dengan ‘Abdullah bin Mas’ud. Asy-Sya’bi adalah seorang perawi tsiqah (tepercaya), namanya adalah ‘Amir bin Syarahil asy-Sya’bi. Tidak benar bahwa ‘Amir bin Syarahil asy-Sya’bi mendengar dari ‘Umar bin al-Khaththab dan ‘Abdullah bin Mas’ud sebagaimana dikatakan oleh para ulama.

 

Di kitab al-Marasil, Ibn Abi Hatim berkata:

 

سمعت أبي، يقول :لم يسمع الشعبي من عبد الله بن مسعود

 

Aku mendengar ayahku mengatakan, “sy-Sya’bi tidak mendengar hadits dari ‘Abdullah bin Mas’ud.”

 

Tidak juga asy-Sya’bi mendengar dari ‘Umar bin al-Khaththab karena pada waktu ‘Umar bin al-Khaththab wafat, usia asy-Sya’bi baru tiga tahun –kurang lebih. Ibn Hajar di kitab at-Tahdzib menukil ucapan Ibn Hibban yang berbicara tentang asy-Sya’bi:

 

وقال ابن حبان في ثقات التابعين كان فقيها شاعرا مولده سنة (20) ومات سنة (109)

 

Ibn Hibban berkata di kitab ats-Tsiqat, “Asy-Sya’bi tabi’in, dia seorang yang faqih sekaligus penyair, dilahirkan pada tahun 20 hijriyah dan wafat pad tahun 109 hijriyah.”

 

Adapun mengenai ‘Umar bin al-Khaththab, Ibn Hajar berkata:

 

عمر بن الخطاب بن نُفَيل … القرشي أمير المؤمنين مشهور، جم المناقب استشهد في ذي الحجة سنة ثلاث وعشرين

 

“‘Umar bin al-Khaththab bin Nufail … al-Qurasyi, Amir al-Mu’minin yang terkenal, berbudi pekerti agung, mati syahid pada bulan Dzul Hijjah tahun 23 hijriyah.”

 

Bandung, 18 Juli 2014

–HENDRA WIBAWA IBN TATO WANGSA WIDJAJA–

Advertisements

2 comments on “Kata ‘Umar, Adakah Ibn Mas’ud di Antara Kalian?

  1. jampang says:

    saya belum pernah denger hadits ini, kang

    tapi bisa buat jaga-jaga nanti kalau ketemu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s