Memasuki Neraka yang Dingin dan Aman …

dingin

Syaikh Muqbil bin Hadi al-Wadi’i –rahimahullah

http://www.muqbel.net/fatwa.php?fatwa_id=3047

 

أخ آخر له والدان كلٌ منهما به صمم هل يسأل يوم القيامة عن والديه لما لم يبلغ إليهم الإسلام ؟

 

Syaikh Muqbil bin Hadi al-Wadi’i –rahimahullah– ditanya:

Saudara (penanya) yang lain memiliki orang tua (ayah dan ibu) yang tuli. Apakah pada hari kiamat kelak dia akan ditanya (berkaitan dengan) kedua orang tuanya lantaran tak menyampaikan Islam kepada mereka?

 

عليه أن يبلغ جهده وإلا فقد جاء في حديث الأسود بن سريع وأبي هريرة في « مسند الإمام أحمد »: أن النبي -صلى الله عليه وعلى آله وسلم- قال: «أربعة يوم القيامة، رجل أصم لا يسمع شيئا، ورجل أحمق، ورجل هرم، ورجل مات في فترة، فأما الأصم فيقول: رب لقد جاء الإسلام وما أسمع شيئا، وأما الأحمق فيقول: رب لقد جاء الإسلام والصبيان يحذفوني بالبعر، وأما الهرم فيقول: رب لقد جاء الإسلام وما أعقل شيئا، وأما الذي مات في الفترة فيقول: رب ما أتاني لك رسول، فيأخذ مواثيقهم ليطيعنه، فيرسل إليهم: أن ادخلوا النار. قال: فوالذي نفس محمد بيده لو دخلوها لكانت عليهم بردا وسلاما». وجاء في حديث أبي هريرة: «فمن دخلها كانت عليه بردا وسلاما، ومن لم يدخلها يسحب إليها

 

Syaikh Muqbil bin Hadi al-Wadi’i –rahimahullah– menjawab:

Dia berkewajiban untuk menyampaikan (Islam) dengan segenap kemampuannya. Pada sisi lain, telah datang suatu kabar dalam hadits al-Aswad bin Sari’ dan Abu Hurairah yang terdapat di kitab Musnad al-Imam Ahmad, bahwa Nabi –shallallahu ‘alaihi wa ’ala alihi wa sallam– bersabda:

Ada empat golongan (yang akan didatangkan) pada hari kiamat, yaitu (1) orang yang tuli tak mampu mendengar apa pun, (2) orang ahmaq (yang teramat pandir), (3) orang yang pikun, dan (4) orang yang mati pada masa fatrah (masa kosong dari dakwah para Nabi –pent). Adapun orang yang tuli, dia akan mengatakan, “Wahai Rabb-ku, ketika Islam datang, aku sama sekali tak mendengar tentangnya.” Orang yang teramat pandir akan mengatakan, “Wahai Rabb-ku, Islam datang sementara anak-anak melempariku dengan kotoran hewan.” Orang yang pikun akan mengatakan, “Wahai Rabb-ku, Islam datang padahal aku dalam keadaan tak memahami sesuatu pun.” Orang yang mati pada masa fatrah akan mengatakan, “Wahai Rabb-ku, tak ada utusan yang datang kepadaku.” Maka Allah pun mengambil perjanjian dari mereka agar mereka menaati-Nya, lalu dikirimlah utusan yang berkata kepada mereka, “Masukilah neraka itu!” Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam– berkata, “Demi Allah yang jiwa Muhammad berada dalam genggaman tangan-Nya, seandainya mereka memasukinya, niscaya neraka itu akan menjadi dingin dan aman bagi mereka.”

Dan dalam hadits Abu Hurairah yang lain, redaksinya adalah, “Siapa yang memasukinya, niscaya neraka itu akan menjadi dingin dan aman baginya, (sebaliknya) siapa yang tak mau memasukinya, niscaya akan diseret ke dalamnya.”

 

Bandung, 26 September 2014

–HENDRA WIBAWA IBN TATO WANGSA WIDJAJA–

Advertisements

6 comments on “Memasuki Neraka yang Dingin dan Aman …

  1. jampang says:

    Allah Maha Adil, ya kang

  2. jaraway says:

    maksudnya Bang?
    mereka tetep akan dimasukkan neraka?

    • tipongtuktuk says:

      maksudnya: Allah mengambil perjanjian dari keempat golongan tersebut. Jika mereka menaati perintah Allah, maka tentu mereka akan dimasukkan ke dalam surga. Jika tidak menaati perintah itu, maka nerakalah bagian mereka. Adapun perintah Allah kepada mereka, yaitu agar mereka masuk ke dalam neraka.
      Di hadits itu, terdapat penjelasan bahwa siapa pun yang taat terhadap perintah untuk memasuki nereka, maka niscaya neraka itu akan menjadi dingin bagi mereka (setelah itu, mereka akan dimasukkan ke dalam surga). Sebaliknya, siapa yang tak taat, yakni tak mau masuk ke dalam neraka, maka niscaya mereka menjadi penghuni neraka, dan mereka diseret ke dalam neraka … wallahu a’lamu …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s