Ketika Kau Masih Disebut ‘Umair …

ketika kau disebut 'umair

عن عروة بن الزبير قال قَالَتْ عَائِشَةُ تَبَارَكَ الَّذِي وَسِعَ سَمْعُهُ كُلَّ شَيْءٍ إِنِّي لَأَسْمَعُ كَلَامَ خَوْلَةَ بِنْتِ ثَعْلَبَةَ وَيَخْفَى عَلَيَّ بَعْضُهُ وَهِيَ تَشْتَكِي زَوْجَهَا إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهِيَ تَقُولُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَكَلَ شَبَابِي وَنَثَرْتُ لَهُ بَطْنِي حَتَّى إِذَا كَبِرَتْ سِنِّي وَانْقَطَعَ وَلَدِي ظَاهَرَ مِنِّي اللَّهُمَّ إِنِّي أَشْكُو إِلَيْكَ فَمَا بَرِحَتْ حَتَّى نَزَلَ جِبْرَائِيلُ بِهَؤُلَاءِ الْآيَاتِ قَدْ سَمِعَ اللَّهُ قَوْلَ الَّتِي تُجَادِلُكَ فِي زَوْجِهَا وَتَشْتَكِي إِلَى اللَّهِ –رواه ابن ماجة؛ صحيح ابن ماجة ١٦٧٨

 

Dari ‘Urwah bin az-Zubair, dia berkata: ‘Aisyah berkata:

Maha Suci Allah yang pendengaran-Nya meliputi segala sesuatu. Sesungguhnya aku pernah mendengar ucapan Khaulah binti Tsa’labah –hanya saja sebagiannya tak terdengar olehku- ketika dia mengeluhkan suaminya kepada Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam. Saat itu dia berkata, “Wahai Rasulullah, suamiku telah memakan masa mudaku dan aku menaburkan perutku untuknya (yakni melahirkan banyak anak darinya -pent). Akan tetapi, ketika umurku semakin tua dan tak bisa lagi melahirkan anak, dia pun menzhiharku. Ya Allah, aku mengadu kepada-Mu.” Terus-menerus Khaulah binti Tsa’labah mengadukan suaminya hingga turun Jibril dengan ayat-ayat tersebut, “Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan wanita yang mengajukan gugatan kepadamu tentang suaminya, dan mengadukan pula perihalnya kepada Allah.” (HR. Ibn Majah; disahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahih Ibn Majah 1678) … -SELESAI …

 

*

**

 

Ibn Syabbah berkata di kitab Tarikh al-Madinah:

 

حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ عُمَرَ الْمَخْزُومِيُّ، قال: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْحَسَنِ، قال: حَدَّثَنَا خُلَيْدُ بْنُ دَعْلَجٍ، عَنْ قَتَادَةَ، قال: خَرَجَ عُمَرُ رضي الله عنه، مِنَ الْمَسْجِدِ وَمَعَهُ الْجَارُودُ الْعَبْدِيُّ، فَإِذَا امْرَأَةٌ بَرْزَةٌ عَلَى ظَهْرِ الطَّرِيقِ، فَسَلَّمَ عَلَيْهَا عُمَرُ رضي الله عنه، فَرَدَّتْ عَلَيْهِ السَّلامَ، أَوْ سَلَّمَتْ عَلَيْهِ، فَرَدَّ عَلَيْهَا السَّلامَ فَقَالَتْ :هِيهًا يَا عُمَرُ، عَهِدْتُكَ وَأَنْتَ تُسَمَّى عُمَيْرًا فِي سُوقِ عُكَاظَ تُصَارِعُ الصِّبْيَانَ، فَلَمْ تَذْهَبِ الأَيَّامُ حَتَّى سُمِّيتَ عُمَرَ، ثُمَّ لَمْ تَذْهَبِ الأَيَّامُ حَتَّى سُمِّيتَ أَمِيرَ الْمُؤْمِنِينَ، فَاتَّقِ اللَّهَ فِي الرَّعِيَّةِ، وَاعْلَمْ أَنَّهُ مَنْ خَافَ الْمَوْتَ خَشِيَ الْفَوْتَ. فَبَكَى عُمَرُ، رضي الله عنه، فقال الْجَارُودُ: هِيهٍ فَقَدِ اجْتَرَأْتِ عَلَى أَمِيرِ الْمُؤْمِنِينَ وَأَبْكَيْتِهِ، فقال عُمَرُ، رضي الله عنه: أَمَا تَعْرِفُ هَذِهِ؟ هَذِهِ خَوْلَةُ بِنْتُ حَكِيمٍ امْرَأَةُ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ، الَّتِي سَمِعَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ قَوْلَهَا مِنْ فَوْقِ سَمَاوَاتِهِ، فَعُمَرُ أَحْرَى أَنْ يَسْمَعَ لَهَا

 

Telah bercerita kepada kami Harun bin ‘Umar al-Makhzumi, dia berkata: telah bercerita kepada kami ‘Ali bin al-Hasan, dia berkata: telah bercerita kepada kami Khulaid bin Da’laj, dari Qatadah, dia berkata:

‘Umar –radhiyallahu ‘anhu– keluar dari masjid bersama al-Jarud al-‘Abdiy. Tiba-tiba datang seorang perempuan di jalan yang mereka lewati, lalu ‘Umar –radhiyallahu ‘anhu– pun mengucapkan salam kepada perempuan itu, dan perempuan itu membalas salam kepadanya –atau perempuan itu mengucapkankan salam kepada ‘Umar, lalu ‘Umar membalas salam kepadanya. Perempuan itu berkata, “Jauh sekali, wahai ‘Umar! Aku menyaksikanmu saat kau masih disebut ‘Umair (‘Umar kecil) di pasar ‘Ukazh. Di sana kau bergulat dengan anak-anak lainnya. Tidaklah hari-hari berlalu (dengan cepat) hingga kau dinamai ‘Umar, kemudian tidak pula hari-hari berganti (dengan cepat) hingga kau disebut Amir al-Mu’minin. Maka bertakwalah kau kepada Allah dalam urusan rakyatmu! Dan ketahuilah, bahwasanya siapa yang takut akan kematian, niscaya dia takut akan kehilangan!” Maka ‘Umar –radhiyallahu ‘anhu– pun menangis, lalu al-Jarud al-‘Abdiy berkata (kepada perempuan itu), “Kau telah lancang memperbanyak ucapan terhadap Amir al-Mu’minin dan membuatnya menangis!” Maka ‘Umar –radhiyallahu ‘anhu– pun berkata, “(Biarkanlah dia!) Tidakkah kau tahu siapa perempuan itu? Dia adalah Khaulah binti Hakim, istri ‘Ubadah bin ash-Shamit. Perempuan yang ucapannya didengar oleh Allah ‘Azza wa Jalla dari atas seluruh langit-Nya. Maka sungguh ‘Umar lebih patut lagi untuk mendengarkan ucapannya!” –SELESAI …

 

Atsar tersebut dha’if (lemah) karena pada sanadnya ada perawi Khulaid bin Da’laj. Selain itu, sanadnya juga munqathi’ (terputus) karena Qatadah tidaklah bertemu dan mendengar dari ‘Umar bin al-Khaththab –radhiyallahu ‘anhu

 

(1) Harun bin ‘Umar al-Makhzumi: tarjamahnya disebutkan oleh Ibn Asakir dalam Tarikh Dimsyq, tetapi tidak menyertakan jarh maupun ta’dil terhadapnya …

(2) ‘Ali bin al-Hasan: saya tidak dapat memastikannya. Barangkali saja dia adalah ‘Ali bin al-Hasan as-Sami yang dilemahkan oleh Imam ad-Daraquthni …

 

Imam ad-Daraquthni berkata:

 

وسمعت أبا طالب يعني أحمد بن نصر الحافظ يقول قال لي أخو ميمون واسمه أحمد بن ميمون بن زكريا البغدادي اتفقنا على أن لا نكتب بمصر حديث ثلاثة وهم علي بن الحسن السامي وروح بن صلاح وعبد المنعم بن بشير

 

Aku mendengar Abu Thalib, yakni Ahmad bin Nashr al-Hafizh, berkata, “Telah berkata kepadaku saudaranya Maimun, namany adalah Ahmad bin Maimun bin Zakariy al-Baghdadi, ‘Kami bersepakat untuk tidak menulis hadits di Mesir dari tiga orang. Mereka adalah ‘Ali bin al-Hasan as-Sami, Rauh bin Shalah, dan ‘Abd al-Mun’im bin Basyir.’”Lisan al-Mizan karya Ibn Hajar …

 

(3) Khulaid bin Da’laj: dia seorang perawi yang lemah sebagaimana dikatakan oleh Imam adz-Dzahabi di kitab Siyar A’lam an-Nubala’ berikut:

 

ضعيف … ضعفه أحمد ويحيى. وقال أبو حاتم: ليس بالمتين في الحديث، هو صالح. وقال النسائي: ليس بثقة. وقال الدارقطني: متروك. وقال ابن عدي: عامة حديثه ما توبع عليه. وقال ابن حبان: كان كثير الخطأ

 

Parawi yang lemah … Ahmad dan Yahya melemahkannya, dan Abu Hatim berkata, “Tidak kukuh dalam hadits, dan dia shalih,” Imam an-Nasa-i berkata, “Tidak tepercaya,” dan ad-Daraquthni berkata, “Matruk,” dan Ibn ‘Adi berkata, “Secara umum, haditsnya tidak memiliki penyerta,” dan Ibn Hibban berkata, “Dia sering keliru.”

 

Ibn Hajar al-Asqalani berkata di kitab al-Ishabah setelah menyebutkan riwayat di atas:

 

قال أبو عمر: هكذا في الخبر خولة بنت حكيم امرأة عبادة، وهو وهم يعني في اسم أبيها وزوجها، وخليد ضعيف سيئ الحفظ

Abu ‘Umar berkata, “Seperti ini dalam riwayat tersebut, (namanya) Khaulah binti Hakim, istri ‘Ubadah, dan dia keliru, yakni keliru mengenai nama ayah dan suaminya. Dan Khalid bin Da’laj itu dha’if.”

 

(4) Qatadah: seorang perawi yang tepercaya, tetapi dia tidak mendengar dari shahabat selain Anas bin Malik. Ibn Hajar al-Asqalani berkata di kitab Tahdzib at-Tahdzib:

 

وقال الحاكم في علوم الحديث لم يسمع قتادة من صحابي غير أنس

 

Imam al-Hakim berkata di kitab ‘Ulum al-Hadits, “Qatadah tidak mendengar dari shahabat selain Anas bin Malik.”

 

*

**

 

Imam al-Bukhari berkata di kitab Tarikh al-Kabir:

 

قَالَ محمّد بن العلاء: نا أَبُو أسامة، قَالَ: نا عَبْد اللَّه بْن كهف القشيري، قَالَ: نا أَبِي، عَنْ ثمامة بْن حزن، قَالَ: بينما عُمَر بْن الْخَطَّاب يسير على حمار لقيته امرأة ، فَقَالَت: قف يا عُمَر، فوقف، فأغلظت لَهُ القول، فقَالَ رجل: يا أمير المؤمنين، ما رأيت كاليوم شدة امرأة على رجل، ولا استماع رجل لامرأة، قَالَ: ويحك، ما يمنعني أن أستمع إليها، وهي التي استمع اللَّه لها انزل فِيهَا ما أنزل قَدْ سَمِعَ اللَّهُ قَوْلَ الَّتِي تُجَادِلُكَ فِي زَوْجِهَا سورة المجادلة آية ١، فما أحقني بأن استمع لمن استمع اللَّه منها

 

Muhammad bin al-‘Ala’ berkata: telah bercerita kepada kami Abu Usamah, dia berkata: telah bercerita kepada kami ‘Abdullah bin Kahf al-Qusyairi, di berkata: telah bercerita kepada kami ayahku, dari Tsammah bin Hazn, dia berkata:

Ketika ‘Umar bin al-Khaththab sedang mengendarai keledainya, seorang perempuan menemuinya lalu berkata, “Berhenti, wahai ‘Umar!” Maka ‘Umar pun berhenti, lalu perempuan itu berbicara kepada ‘Umar dengan ucapan yang keras. Lantas seorang lelaki berkata, “Wahai Amir al-Mu’minin, tidak pernah kulihat ada perempuan yang berbicara keras kepada lelaki seperti hari ini, dan tidak pula ada lelaki yang mendengar perempuan seperti hari ini.” ‘Umar bin al-Khaththab berkata, “Celaka kamu! Tidak ada yang menghalangiku untuk mendengarkannya. Dia adalah perempuan yang Allah mendengar ucapannya. Allah menurunkan ayat berkaitan dengannya (yakni surah al-Mujadilah ayat 1: Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan wanita yang memajukan gugatan kepada kamu tentang suaminya), maka aku lebih layak lagi untuk mendengarkan orang yang Allah telah mendengarkan ucapannya.” –SELESAI …

 

Atsar tersebut dha’if (lemah) karena terdapat dua perawi yang tidak diketahui keadaannya, yaitu ‘Abdullah bin Kahf al-Qusyairi dan ayahnya, Kahf al-Qusyairi …

 

Ibn Abi Hatim menyebutkan keduanya dalam kitab Jarh wa at-Ta’dil sebagai berikut:

 

كهف القشيري بصري روى عن أبيه وثمامة بن حزن القشيرى روى عنه ابنه عبد الله بن كهف سمعت ابى يقول ذلك

 

“Kahf al-Qusyairi, Bashriy, meriwayatkan dari ayahnya dan dari Tsamamah bin Hazn al-Qusyairi. Meriwayatkan darinya putranya, ‘Abdullah bin Kahf. Aku mendengar ayahku mengatakan hal itu.”

 

*

**

 

Imam Ibn Katsir berkata di kitab tafsirnya:

 

وَقَالَ ابْنُ أَبِي حَاتِمٍ: حَدَّثَنَا أَبِي، حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ أَبُو سَلَمَةَ، حَدَّثَنَا جَرِيرٌ -يَعْنِي ابْنَ حَازِمٍ- قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا يَزِيدَ يُحَدِّثُ قَالَ: لَقِيَتِ امْرَأَةٌ عُمَرَ -يُقَالُ لَهَا :خَوْلَةُ بِنْتُ ثَعْلَبَةَ- وَهُوَ يَسِيرُ مَعَ النَّاسِ، فَاسْتَوْقَفَتْهُ، فَوَقَفَ لَهَا، وَدَنَا مِنْهَا، وَأَصْغَى إِلَيْهَا رَأْسَهُ، وَوَضَعَ يَدَيْهِ عَلَى مَنْكِبَيْهَا حَتَّى قَضَتْ حَاجَتَهَا وَانْصَرَفَتْ. فَقَالَ لَهُ رَجُلٌ: يَا أَمِيرَ الْمُؤْمِنِينَ، حَبَسْتَ رِجَالَاتِ قُرَيْشٍ عَلَى هَذِهِ الْعَجُوزِ؟ قَالَ: وَيْحَكَ! وَتَدْرِي مَنْ هَذِهِ؟ قَالَ: لَا. قَالَ: هَذِهِ امْرَأَةٌ سَمِعَ اللَّهُ شَكْوَاهَا مِنْ فَوْقِ سَبْعِ سَمَاوَاتٍ، هَذِهِ خَوْلَةُ بِنْتُ ثَعْلَبَةَ، وَاللَّهِ لَوْ لَمْ تَنْصَرِفْ عَنِّي إِلَى اللَّيْلِ مَا انْصَرَفْتُ عَنْهَا حَتَّى تَقْضِيَ حَاجَتَهَا إِلَى أَنْ تَحْضُرَ صَلَاةٌ فَأُصَلِّيَهَا ، ثُمَّ أَرْجِعَ إِلَيْهَا حَتَّى تَقْضِيَ حَاجَتَهَا

 

Dan Ibn Abi Hatim berkata: telah bercerita kepada kami ayahku, telah bercerita kepada kami Musa bin Isma’il Abu Salamah, telah bercerita kepada kami Jarir, yakni Ibn Hazim, dia berkata: aku mendengar Abu Yazid (al-Madani) meriwayatkan, dia berkata:

Seorang perempuan yang disebut Khaulah binti Tsa’labah menemui ‘Umar yang sedang berjalan bersama orang-orang. Perempuan itu menghentikan ‘Umar, maka ‘Umar pun berhenti untuknya. ‘Umar mendekati perempuan itu seraya mendoyongkan kepala untuk menyimak ucapan yang disampaikan oleh perempuan itu. ‘Umar menyimpan kedua tangannya di atas kedua bahunya sendiri hingga perempuan itu selesai dan pergi. Lalu seorang lelaki berkata kepada ‘Umar, “Wahai Amir al-Mu’minin, kau menghentikan perjalanan para lelaki Quraisy karena perempuan tua itu?” ‘Umar berkata, “Celaka kau! Tahukah kau siapa perempuan itu?” Lelaki itu menjawab, “Tidak.” ‘Umar berkata, “Dialah perempuan yang Allah mendengarkan keluhannya dari atas tujuh petala langit. Dialah Khaulah binti Tsa’labah. Demi Allah, seandainya dia belum berpaling dariku hingga malam hari, niscaya aku pun tidak akan berpaling darinya hingga dia selesai dari urusannya denganku. Jika waktu shalat tiba, aku akan melaksanakan shalat dulu, kemudian kembali kepadanya sampai dia selesai.” –SELESAI …

 

Atsar ini dha’if (lemah) karena munqathi’ (terputus), Abu Yazid al-Madani tidak bertemu dengan ‘Umar bin al-Khaththab –radhiyallahu ‘anhu

 

Ibn Katsir berkata:

 

هذا منقطع بين أبي يزيد وعمر بن الخطاب

 

“Ini terputus di antara Abu Yazid dengan ‘Umar bin al-Khaththab.”

 

Imam adz-Dzahabi berkata:

 

فيه انقطاع أبو يزيد لم يلحق عمر

 

Ada keterputusan, Abu Yazid tidak bertemu dengan ‘Umar.”

 

Bandung, 5 Februari 2015

–HENDRA WIBAWA IBN TATO WANGSA WIDJAJA–

Advertisements

2 comments on “Ketika Kau Masih Disebut ‘Umair …

  1. jaraway says:

    wohhhooo ternyata dho’if
    banyak banget kisah tentang Umar sebagai amirul mukminin yang ga shahih yaaak..
    sereem ih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s